PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN
ctrlnum |
2214 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS
MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III 
SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN 
PESISIR SELATAN</title><creator>Fica, Okdila Darma</creator><creator>Wirnita, Eska</creator><creator>Darwianis, Darwianis</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis
model Mind Mapping pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk siswa kelas III SD N
09 Pancung Soal, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D
yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap
tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek bahasa,
materi dan desain. Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping
divalidasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 81.25%, dari aspek
desain memperoleh penilaian 91,65% dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian
95%. Dilihat dari validasi modul penilaian modul pembelajaran IPS berbasi Mind
Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,6% dengan kategori valid.
Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping
memenuhi kriteria valid dapat digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPS
di kelas III sekolah dasar. 


Kata kunci : Pengembangan Modul, Mind Mapping, IPS</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/1/40.%20FICA%201610013411054%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/2/40.%20FICA%201610013411054%20abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/3/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/4/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/5/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/6/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/7/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/8/40.%20FICA%201610013411054%20daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Fica, Okdila Darma and Wirnita, Eska and Darwianis, Darwianis (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2214</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Fica, Okdila Darma Wirnita, Eska Darwianis, Darwianis |
title |
PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS
MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III
SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN
PESISIR SELATAN |
publishDate |
2020 |
isbn |
2016100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/1/40.%20FICA%201610013411054%20cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/2/40.%20FICA%201610013411054%20abstract.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/3/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/4/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/5/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/6/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/7/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/8/40.%20FICA%201610013411054%20daftar%20pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2214/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis
model Mind Mapping pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk siswa kelas III SD N
09 Pancung Soal, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian
pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D
yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap
tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek bahasa,
materi dan desain. Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping
divalidasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 81.25%, dari aspek
desain memperoleh penilaian 91,65% dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian
95%. Dilihat dari validasi modul penilaian modul pembelajaran IPS berbasi Mind
Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,6% dengan kategori valid.
Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping
memenuhi kriteria valid dapat digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPS
di kelas III sekolah dasar.
Kata kunci : Pengembangan Modul, Mind Mapping, IPS |
id |
IOS14200.2214 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:08Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:08Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871801252020224 |
score |
17.538404 |