ctrlnum 2214
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/</relation><title>PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS&#xD; MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III &#xD; SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN &#xD; PESISIR SELATAN</title><creator>Fica, Okdila Darma</creator><creator>Wirnita, Eska</creator><creator>Darwianis, Darwianis</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis&#xD; model Mind Mapping pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk siswa kelas III SD N&#xD; 09 Pancung Soal, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian&#xD; pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D&#xD; yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap&#xD; tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek bahasa,&#xD; materi dan desain. Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping&#xD; divalidasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 81.25%, dari aspek&#xD; desain memperoleh penilaian 91,65% dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian&#xD; 95%. Dilihat dari validasi modul penilaian modul pembelajaran IPS berbasi Mind&#xD; Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,6% dengan kategori valid.&#xD; Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping&#xD; memenuhi kriteria valid dapat digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPS&#xD; di kelas III sekolah dasar. &#xD; &#xD; &#xD; Kata kunci : Pengembangan Modul, Mind Mapping, IPS</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/1/40.%20FICA%201610013411054%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/2/40.%20FICA%201610013411054%20abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/3/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/4/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/5/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/6/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/7/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2214/8/40.%20FICA%201610013411054%20daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Fica, Okdila Darma and Wirnita, Eska and Darwianis, Darwianis (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2214</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Fica, Okdila Darma
Wirnita, Eska
Darwianis, Darwianis
title PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS MODEL MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS III SD NEGERI 09 PANCUNG SOAL KABUPATEN PESISIR SELATAN
publishDate 2020
isbn 2016100134110
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/2214/1/40.%20FICA%201610013411054%20cover.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/2/40.%20FICA%201610013411054%20abstract.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/3/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/4/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/5/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/6/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/7/40.%20FICA%201610013411054%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/8/40.%20FICA%201610013411054%20daftar%20pustaka.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/2214/
contents Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping pada materi Jenis-Jenis Pekerjaan untuk siswa kelas III SD N 09 Pancung Soal, yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model 3-D yaitu define, design dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi aspek bahasa, materi dan desain. Modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping divalidasi oleh 3 orang dosen. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPS memperoleh penilaian 81.25%, dari aspek desain memperoleh penilaian 91,65% dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 95%. Dilihat dari validasi modul penilaian modul pembelajaran IPS berbasi Mind Mapping yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 89,6% dengan kategori valid. Dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis model Mind Mapping memenuhi kriteria valid dapat digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran IPS di kelas III sekolah dasar. Kata kunci : Pengembangan Modul, Mind Mapping, IPS
id IOS14200.2214
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
last_indexed 2020-12-23T12:22:08Z
recordtype dc
_version_ 1686871801252020224
score 17.538404