Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yaitu define, design, develop dan disseminate. Pada penelitian ini hanya sampai tahap develop (pengembangan) yaitu tahap validasi, dikarenakan keterbatasan waktu dan karena adanya wabah covid-19 yang sedang melanda. Instrumen penelitian yaitu lembar validasi. LKPD divalidasi oleh 1 orang ahli didaktik dan isi, 1 orang ahli bahasa dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil validasi, pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika untuk kelas V SD memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase penilaian sebesar 92,8%. Disimpulkan bahwa LKPD berbasis penemuan terbimbing pada pembelajaran matematika untuk kelas V SD sangat valid digunakan sebagai salah satu bahan ajar pembelajaran. LKPD ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran matematika materi kubus dan balok. Kata kunci : lembar kerja peserta didik, pembelajaran matematika, penemuan terbimbing