Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 10 Surau Gadang Padang, berdasarkan observasi yang telah peneliti laksanakan pada tanggal 11 November 2019 sampai dengan 13 November 2019, dimana kelas V A yang berjumlah 24 orang hanya 8 siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) dan kelas V B yang berjumlah 23 orang hanya 10 orang yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran value clarification technique terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN 10 Surau Gadang Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang Padang yang terdiri dari 2 kelas, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porposive sampling. Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (86,21) lebih tinggi dari pada kelas kontrol (71,05). Berdasarkan uji hipotesis harga t lebih besar dari t tabel hitung yaitu 2,11 > 2,02 dengan = 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran value clarification technique terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang Padang. Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model pembelajaran value clarification technique dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Value Clarification Technique, Hasil Belajar IPS, Eksperimen