PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL 2 BELAJAR IPS KELAS V SDN 10 SURAU GADANG PADANG
ctrlnum |
2172 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE
CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL 
2
BELAJAR IPS KELAS V SDN 10 SURAU 
GADANG PADANG</title><creator>Gemilia, Anisa</creator><creator>Muslim, Tawakal</creator><creator>Yulfia, Nora</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri 10 Surau Gadang Padang, berdasarkan observasi yang telah peneliti
laksanakan pada tanggal 11 November 2019 sampai dengan 13 November 2019,
dimana kelas V A yang berjumlah 24 orang hanya 8 siswa yang memenuhi
Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) dan kelas V B yang berjumlah 23 orang
hanya 10 orang yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran value clarification
technique terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN 10 Surau Gadang Padang. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang Padang yang terdiri dari 2 kelas,
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porposive sampling.
Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah
kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (86,21) lebih tinggi
dari pada kelas kontrol (71,05). Berdasarkan uji hipotesis harga t
lebih besar
dari t 
tabel
hitung
yaitu 2,11 > 2,02 dengan = 0,05. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran value
clarification technique terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 10 Surau
Gadang Padang. Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model
pembelajaran value clarification technique dalam proses Pembelajaran.





Kata Kunci : Value Clarification Technique, Hasil Belajar IPS, Eksperimen</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/1/28.%20Gemilia%201610013411016%20cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/2/28.%20Gemilia%201610013411016%20abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/3/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/4/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/5/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/6/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/7/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2172/8/28.%20Gemilia%201610013411016%20daftar%20pustaka.pdf</identifier><identifier> Gemilia, Anisa and Muslim, Tawakal and Yulfia, Nora (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL 2 BELAJAR IPS KELAS V SDN 10 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta. </identifier><recordID>2172</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Gemilia, Anisa Muslim, Tawakal Yulfia, Nora |
title |
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE
CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL
2
BELAJAR IPS KELAS V SDN 10 SURAU
GADANG PADANG |
publishDate |
2020 |
isbn |
2016100134110 |
topic |
L Education (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2172/1/28.%20Gemilia%201610013411016%20cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/2/28.%20Gemilia%201610013411016%20abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/3/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/4/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/5/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/6/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/7/28.%20Gemilia%201610013411016%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/8/28.%20Gemilia%201610013411016%20daftar%20pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2172/ |
contents |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD
Negeri 10 Surau Gadang Padang, berdasarkan observasi yang telah peneliti
laksanakan pada tanggal 11 November 2019 sampai dengan 13 November 2019,
dimana kelas V A yang berjumlah 24 orang hanya 8 siswa yang memenuhi
Kriteria Ketuntasan Maksimum (KKM) dan kelas V B yang berjumlah 23 orang
hanya 10 orang yang memenuhi KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran value clarification
technique terhadap hasil belajar IPS kelas V di SDN 10 Surau Gadang Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini yaitu
seluruh siswa kelas V SDN 10 Surau Gadang Padang yang terdiri dari 2 kelas,
pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik porposive sampling.
Data yang diambil dalam penelitian ini adalah skor hasil belajar IPS ranah
kognitif yang didapat melalui tes akhir dalam bentuk objektif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen (86,21) lebih tinggi
dari pada kelas kontrol (71,05). Berdasarkan uji hipotesis harga t
lebih besar
dari t
tabel
hitung
yaitu 2,11 > 2,02 dengan = 0,05. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran value
clarification technique terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 10 Surau
Gadang Padang. Untuk itu disarankan pada guru untuk dapat menerapkan model
pembelajaran value clarification technique dalam proses Pembelajaran.
Kata Kunci : Value Clarification Technique, Hasil Belajar IPS, Eksperimen |
id |
IOS14200.2172 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:05Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:05Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871801116753920 |
score |
17.538404 |