PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED NGARAI SIANOK GELAGAR BOKS GIRDER BETON KANTILEVER BAJA ORTHOTROPIC
ctrlnum |
2080 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/</relation><title>PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED
NGARAI SIANOK GELAGAR BOKS GIRDER BETON KANTILEVER BAJA
ORTHOTROPIC</title><creator>Leonardo, Leonardo</creator><creator>Taufik, Taufik</creator><creator>Robby, Permata</creator><subject>TA Engineering (General). Civil engineering (General)</subject><description>Jembatan Ngarai Sianok merupakan jembatan cable stayed dengan lokasi rencana konstruksi
di kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Struktur gelagar jembatan ini merupakan tipe
dek beton komposit terdiri dari boks girder beton bertulang sentral, kantilever baja crossbeam
dan baja longitudinal stringer. Penggunaan tipe dek ini bertujuan untuk menghindari
penggunaan dek full beton bertulang dengan tujuan untuk mereduksi nilai momen di kaki
pilar akibat bekerjanya beban seismik karena struktur pilar tunggal jembatan setinggi 123 m
juga lokasi jembatan yang dekat dengan patahan aktif Sianok. Konsep dek beton kantilever
baja orthotropic selanjutnya dipilih untuk desain ulang jembatan ini dengan tujuan untuk
mereduksi berat sendiri dek. Perencanaan ulang dek menggunakan beberapa referensi desain
dek jembatan diantaranya FHWA Post Tensioned Box Girder Design Manual, 2016 dan
AASHTO LRFD Bridge Design Specification 2017. Hasil preliminari desain menunjukkan
bahwa konsep dek boks beton bertulang dengan kantilever baja orthotropic dapat mereduksi
berat sendiri dek sebesar 26%. Analisis longitudinal jembatan selanjutnya dilakukan dengan
bantun program MIDAS Civil 2019. Output gaya gaya dalam pemodelan digunakan untuk
mendesain kebutuhan penulangan boks girder beton dan pemeriksaan kembali kapasitas
penampang kolom pylon head dan kolom komposit (Concrete Filled Steel Tubular Column)
pylon leg. Hasil analisis menunjukkan bahwa pylon head dan pylon leg aman terhadap hasil
desain ulang dek.
Keywords: Desain-Ulang, Cable-Stayed, Boks-Girder, Orthotropic</description><date>2020-12</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/1/88%20Leonardo%201510015211026%20Cover.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/2/88%20Leonardo%201510015211026%20Abstrak.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/3/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/4/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/5/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/6/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/7/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/8/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20VI.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/2080/9/88%20Leonardo%201510015211026%20Daftar%20Pustaka.pdf</identifier><identifier> Leonardo, Leonardo and Taufik, Taufik and Robby, Permata (2020) PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED NGARAI SIANOK GELAGAR BOKS GIRDER BETON KANTILEVER BAJA ORTHOTROPIC. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>2080</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Leonardo, Leonardo Taufik, Taufik Robby, Permata |
title |
PERENCANAAN ULANG STRUKTUR ATAS JEMBATAN CABLE STAYED
NGARAI SIANOK GELAGAR BOKS GIRDER BETON KANTILEVER BAJA
ORTHOTROPIC |
publishDate |
2020 |
isbn |
2015100152110 |
topic |
TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
url |
http://repo.bunghatta.ac.id/2080/1/88%20Leonardo%201510015211026%20Cover.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/2/88%20Leonardo%201510015211026%20Abstrak.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/3/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20I.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/4/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20II.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/5/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20III.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/6/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20IV.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/7/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20V.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/8/88%20Leonardo%201510015211026%20BAB%20VI.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/9/88%20Leonardo%201510015211026%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.bunghatta.ac.id/2080/ |
contents |
Jembatan Ngarai Sianok merupakan jembatan cable stayed dengan lokasi rencana konstruksi
di kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia. Struktur gelagar jembatan ini merupakan tipe
dek beton komposit terdiri dari boks girder beton bertulang sentral, kantilever baja crossbeam
dan baja longitudinal stringer. Penggunaan tipe dek ini bertujuan untuk menghindari
penggunaan dek full beton bertulang dengan tujuan untuk mereduksi nilai momen di kaki
pilar akibat bekerjanya beban seismik karena struktur pilar tunggal jembatan setinggi 123 m
juga lokasi jembatan yang dekat dengan patahan aktif Sianok. Konsep dek beton kantilever
baja orthotropic selanjutnya dipilih untuk desain ulang jembatan ini dengan tujuan untuk
mereduksi berat sendiri dek. Perencanaan ulang dek menggunakan beberapa referensi desain
dek jembatan diantaranya FHWA Post Tensioned Box Girder Design Manual, 2016 dan
AASHTO LRFD Bridge Design Specification 2017. Hasil preliminari desain menunjukkan
bahwa konsep dek boks beton bertulang dengan kantilever baja orthotropic dapat mereduksi
berat sendiri dek sebesar 26%. Analisis longitudinal jembatan selanjutnya dilakukan dengan
bantun program MIDAS Civil 2019. Output gaya gaya dalam pemodelan digunakan untuk
mendesain kebutuhan penulangan boks girder beton dan pemeriksaan kembali kapasitas
penampang kolom pylon head dan kolom komposit (Concrete Filled Steel Tubular Column)
pylon leg. Hasil analisis menunjukkan bahwa pylon head dan pylon leg aman terhadap hasil
desain ulang dek.
Keywords: Desain-Ulang, Cable-Stayed, Boks-Girder, Orthotropic |
id |
IOS14200.2080 |
institution |
universitas bung hatta |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id |
institution_id |
2476 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Bung Hatta |
library_id |
3754 |
collection |
Repository Universitas Bung Hatta |
repository_id |
14200 |
city |
KOTA PADANG |
province |
SUMATERA BARAT |
repoId |
IOS14200 |
first_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
last_indexed |
2020-12-23T12:22:02Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686871800228610048 |
score |
17.538404 |