Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi. Dengan populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 siswa. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan purposive sampling dan untuk penentuan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dilakukan secara random. Data hasil belajar ranah kognitif, diuji dengan uji normalitas, homogenitas dan kemudian dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 90,60) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (rata-rata 83,51), hasil uji t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 di dapat harga thitung = 1,8416 sedangkan tTabel adalah 1,6766. Hal ini berarti thitung>tTabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN5 Bukittinggi. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,hasil belajar