ctrlnum 1790
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 5 BUKITTINGGI</title><creator>ERA, FAZIRA</creator><creator>Wince, Hendri</creator><creator>Gusmaweti, Gusmaweti</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi. Dengan populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 siswa. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan purposive sampling dan untuk penentuan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dilakukan secara random. Data hasil belajar ranah kognitif, diuji dengan uji normalitas, homogenitas dan kemudian dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 90,60) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (rata-rata 83,51), hasil uji t dengan taraf kepercayaan &#x3B1; = 0,05 di dapat harga thitung = 1,8416 sedangkan tTabel adalah 1,6766. Hal ini berarti thitung&gt;tTabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN5 Bukittinggi. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa.&#xD; Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,hasil belajar</description><date>2020-11</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/1/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20ABSTRAK.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/2/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20I.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/3/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/4/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/5/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/6/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/7/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20COVER.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repo.bunghatta.ac.id/1790/8/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ERA, FAZIRA and Wince, Hendri and Gusmaweti, Gusmaweti (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 5 BUKITTINGGI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA. </identifier><recordID>1790</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ERA, FAZIRA
Wince, Hendri
Gusmaweti, Gusmaweti
title PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMAN 5 BUKITTINGGI
publishDate 2020
isbn 2816100132210
topic L Education (General)
url http://repo.bunghatta.ac.id/1790/1/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20ABSTRAK.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/2/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20I.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/3/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20II.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/4/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20III.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/5/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20IV.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/6/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20BAB%20V.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/7/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20COVER.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/8/10%20ERA%20FAZIRA%20%281610013221012%29%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.bunghatta.ac.id/1790/
contents Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN 5 Bukittinggi. Dengan populasi dalam penelitian ini sebanyak 163 siswa. Penentuan kelas sampel dilakukan dengan purposive sampling dan untuk penentuan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dilakukan secara random. Data hasil belajar ranah kognitif, diuji dengan uji normalitas, homogenitas dan kemudian dilakukan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelas eksperimen (rata-rata 90,60) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol (rata-rata 83,51), hasil uji t dengan taraf kepercayaan α = 0,05 di dapat harga thitung = 1,8416 sedangkan tTabel adalah 1,6766. Hal ini berarti thitung>tTabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas XI MIPA di SMAN5 Bukittinggi. Guru dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam usaha meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci:Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,hasil belajar
id IOS14200.1790
institution universitas bung hatta
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
institution_id 2476
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Bung Hatta
library_id 3754
collection Repository Universitas Bung Hatta
repository_id 14200
city KOTA PADANG
province SUMATERA BARAT
repoId IOS14200
first_indexed 2020-11-28T13:48:05Z
last_indexed 2020-11-28T13:48:05Z
recordtype dc
_version_ 1686871798030794752
score 17.538404