PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pengguna Motor Matic Merek Honda di Kota Padang)
Daftar Isi:
- PENGARUH CITRA MEREK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pengguna Motor Matic Merek Honda di Kota Padang) Oleh Kamilul Ihsani1 Irda2 dan Dahliana Kamener3 Jurusan Ekonomi dan Bisnis Universitas Bung Hatta Padang E-mail: Kamilulihsani@gmail.com, irda@bunghatta.ac.id, Dahlianakamener@bunghatta.ac.id Abstrak Penelitian ini menguji pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap loyalitas konsumen dengan kepuasan sebagai variabel intervening pada motor matik merek Honda di Kota Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepeda motor matic Honda di Kota Padang. Jumlah sampel sebanyak 80 orang responden yang dipilih menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner terhadap pengguna motor matik Honda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, citra merek berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen, kualitas produk berpengaruh positif terhadap kepuasan konsumen, kualitas produk berpengaruh negatif terhadap loyalitas konsumen, kepuasan konsumen memediasi pengaruh antara citra merek dan loyalitas konsumen, selanjutnya kepuasan konsumen memediasi pengaruh antara kualitas produk dan loyalitas konsumen. Kata kunci : Citra Merek, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas konsumen