ctrlnum 2497
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/2497/</relation><title>PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK MATERI PENGOPERASIAN SOFTWARE PENGOLAH GAMBAR DIGITAL</title><creator>Febriandi, </creator><subject>Program Studi Ilmu Komputer</subject><description>Penelitian ini menginvestigasi mengenai penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK materi software pengolah gambar digital (adobe potoshop). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain Quasi Experimen-Nonequivalent Pretest Posttest Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar. Bentuk dari tes hasil belajar ini berupa 30 soal pilihan ganda dan materi pelajaran yang digunakan adalah desain grafis kelas X SMK jurusan multimedia yaitu adobe photoshop. Tes ini dilakukan pada saat awal dan akhir pelajaran berupa pretest dan postest. Data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan independent t-test dalam program SPSS 16.0 untuk windows. Hasil perhitungan kuantitatif dalam penelitian ini menunjukan hasil Asymp. Sig./ asymptotic significance (p) dari kelas eksperimen dan kelas control lebih kecil dari 0.05 (p=0.008&lt;0.05). hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK materi software pengolah gambar digital (adobe potoshop). Dengan demikian peneliti menganjurkan kepada para peneliti selanjutnya untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam ruang lingkup materi lainnya seperti corel draw, jaringan computer, dan lainnya yang berhubungan dengan materi TIK.</description><date>2013-10-23</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/1/S_KOM_060184_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/2/S_KOM_060184_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/3/S_KOM_060184_Table%20of%20Content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/4/S_KOM_060184_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/5/S_KOM_060184_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/6/S_KOM_060184_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/7/S_KOM_060184_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/8/S_KOM_060184_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/9/S_KOM_060184_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/2497/10/S_KOM_060184_Appendix.pdf</identifier><identifier> Febriandi, (2013) PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK MATERI PENGOPERASIAN SOFTWARE PENGOLAH GAMBAR DIGITAL. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><recordID>2497</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Febriandi,
title PENERAPAN METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MULTIMEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK MATERI PENGOPERASIAN SOFTWARE PENGOLAH GAMBAR DIGITAL
publishDate 2013
topic Program Studi Ilmu Komputer
url http://repository.upi.edu/2497/1/S_KOM_060184_Title.pdf
http://repository.upi.edu/2497/2/S_KOM_060184_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/2497/3/S_KOM_060184_Table%20of%20Content.pdf
http://repository.upi.edu/2497/4/S_KOM_060184_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/2497/5/S_KOM_060184_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/2497/6/S_KOM_060184_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/2497/7/S_KOM_060184_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/2497/8/S_KOM_060184_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/2497/9/S_KOM_060184_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/2497/10/S_KOM_060184_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/2497/
contents Penelitian ini menginvestigasi mengenai penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan multimedia dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK materi software pengolah gambar digital (adobe potoshop). Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah desain Quasi Experimen-Nonequivalent Pretest Posttest Design. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes hasil belajar. Bentuk dari tes hasil belajar ini berupa 30 soal pilihan ganda dan materi pelajaran yang digunakan adalah desain grafis kelas X SMK jurusan multimedia yaitu adobe photoshop. Tes ini dilakukan pada saat awal dan akhir pelajaran berupa pretest dan postest. Data dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan independent t-test dalam program SPSS 16.0 untuk windows. Hasil perhitungan kuantitatif dalam penelitian ini menunjukan hasil Asymp. Sig./ asymptotic significance (p) dari kelas eksperimen dan kelas control lebih kecil dari 0.05 (p=0.008<0.05). hal ini membuktikan bahwa penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) berbantuan multimedia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK materi software pengolah gambar digital (adobe potoshop). Dengan demikian peneliti menganjurkan kepada para peneliti selanjutnya untuk mengadakan penelitian mengenai penggunaan metode cooperative learning tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam ruang lingkup materi lainnya seperti corel draw, jaringan computer, dan lainnya yang berhubungan dengan materi TIK.
id IOS14013.2497
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:23:12Z
last_indexed 2020-06-22T08:23:12Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765979331387981824
score 17.538404