ctrlnum 24585
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/24585/</relation><title>PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR&#xD; (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas IV SDN 2 Panunggul dan SDN 2 Kedungdalem Materi Bangun Ruang Sederhana dan Jaring-jaringnya di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon)</title><creator>., Ani</creator><subject>L Education (General)</subject><description>Kemampuan pemahaman matematis siswa sangatlah penting terlihat dari standar kompetensi kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dicapai oleh siswa, yaitu pemahaman matematik, pemecahan masalah matematik, penalaran matematik, koneksi matematik, dan komunikasi matematik. Namun pada kenyataannya hanya 15% dari waktu belajar yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang di dalamnya termasuk kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual berbasis kecerdasan visual-spasial terhadap pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sederhana dan jaring-jaringnya.Berbasis kecerdasan visual-spasial, dalam pembelajaran guru lebih bermain warna. Permainan warna dalam pembelajaran membuat siswa tidak merasa bosan. Siswa akan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu siswa dengan kecerdasan visual-spasial unggul, papak, dan asor. Pembagian kelompok tersebut berdasarkan hasil tes kecerdasan visual-spasial yang sebelumnya telah dilakukan. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control groupdesign. Pemilihan sampel dalam penelitian ini tidak dilakukan secara acak (random). Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Berlokasi di dua SD yaitu SDN 2Panungguldan SDN 2 Kedungdalemyang berada di Desa Panunggulsebagai kelas eksperimen dan di Desa Kedungdalemsebagaikelas kontrol.Penarikan sampel dilakukan menggunakan sampling purposive. Hasil perhitungan dari pengolahan data diperoleh nilai koefisien korelasi (R) 0,023 yang menunjukkan derajat hubungan variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 2,3%. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R^2)&#x3016; (0,023)&#x3017;^2= 0,000529 = 0,0529%.&#xD; Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Berbasis Kecerdasan Visual-Spasial, Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar</description><date>2017-06-22</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/1/s_pgsd_kelas_1306194_title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/2/s_pgsd_kelas_1306194_table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/3/s_pgsd_kelas_1306194_chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/4/s_pgsd_kelas_1306194_chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/5/s_pgsd_kelas_1306194_chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/6/s_pgsd_kelas_1306194_chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/7/s_pgsd_kelas_1306194_chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/8/s_pgsd_kelas_1306194_bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24585/9/s_pgsd_kelas_1306194_appendix.pdf</identifier><identifier> ., Ani (2017) PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas IV SDN 2 Panunggul dan SDN 2 Kedungdalem Materi Bangun Ruang Sederhana dan Jaring-jaringnya di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon). S1 thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA. </identifier><recordID>24585</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ., Ani
title PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KECERDASAN VISUAL-SPASIAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR (Penelitian Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Kelas IV SDN 2 Panunggul dan SDN 2 Kedungdalem Materi Bangun Ruang Sederhana dan Jaring-jaringnya di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon)
publishDate 2017
topic L Education (General)
url http://repository.upi.edu/24585/1/s_pgsd_kelas_1306194_title.pdf
http://repository.upi.edu/24585/2/s_pgsd_kelas_1306194_table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24585/3/s_pgsd_kelas_1306194_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24585/4/s_pgsd_kelas_1306194_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24585/5/s_pgsd_kelas_1306194_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24585/6/s_pgsd_kelas_1306194_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24585/7/s_pgsd_kelas_1306194_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24585/8/s_pgsd_kelas_1306194_bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24585/9/s_pgsd_kelas_1306194_appendix.pdf
http://repository.upi.edu/24585/
contents Kemampuan pemahaman matematis siswa sangatlah penting terlihat dari standar kompetensi kemampuan berpikir tingkat tinggi yang harus dicapai oleh siswa, yaitu pemahaman matematik, pemecahan masalah matematik, penalaran matematik, koneksi matematik, dan komunikasi matematik. Namun pada kenyataannya hanya 15% dari waktu belajar yang digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir matematis tingkat tinggi yang di dalamnya termasuk kemampuan pemahaman matematis. Berdasarkan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual berbasis kecerdasan visual-spasial terhadap pemahaman matematis siswa pada materi bangun ruang sederhana dan jaring-jaringnya.Berbasis kecerdasan visual-spasial, dalam pembelajaran guru lebih bermain warna. Permainan warna dalam pembelajaran membuat siswa tidak merasa bosan. Siswa akan dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu siswa dengan kecerdasan visual-spasial unggul, papak, dan asor. Pembagian kelompok tersebut berdasarkan hasil tes kecerdasan visual-spasial yang sebelumnya telah dilakukan. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan menggunakan nonequivalent control groupdesign. Pemilihan sampel dalam penelitian ini tidak dilakukan secara acak (random). Penelitian ini dilaksanakan di Kecamatan Gegesik Kabupaten Cirebon. Berlokasi di dua SD yaitu SDN 2Panungguldan SDN 2 Kedungdalemyang berada di Desa Panunggulsebagai kelas eksperimen dan di Desa Kedungdalemsebagaikelas kontrol.Penarikan sampel dilakukan menggunakan sampling purposive. Hasil perhitungan dari pengolahan data diperoleh nilai koefisien korelasi (R) 0,023 yang menunjukkan derajat hubungan variabel bebas dengan variabel terikat sebesar 2,3%. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (R^2)〖 (0,023)〗^2= 0,000529 = 0,0529%. Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Berbasis Kecerdasan Visual-Spasial, Pemahaman Matematis Siswa Sekolah Dasar
id IOS14013.24585
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:32:04Z
last_indexed 2020-06-22T08:32:04Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980470760177664
score 17.538404