ctrlnum 24426
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/24426/</relation><title>PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN, PEMECAHAN MASALAH DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP</title><creator>Susilowaty, Nora</creator><subject>L Education (General)</subject><subject>LB1603 Secondary Education. High schools</subject><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif dan pembelajaran konvensional, mengetahui pengaruh pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, mengetahui korelasi antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa, serta mengetahui pengaruh pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif terhadap kecemasan matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau aksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Bandung. Soal kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar yang diberikan kepada siswa telah diujicobakan dan memenuhi karakteristik untuk digunakan dalam penelitian seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji t, Pearson product momen, dan Wilcoxon sign rank test sedangkan analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah siswa yang mendapatkan pembelajaran model CORE dengan strategi konflik kognitif peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, pembelajaran model CORE berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, serta pembelajaran model CORE dengan strategi konflik berpengaruh terhadap kecemasan matematis siswa.; This study aims to determine of increasing the ability of understanding and solving mathematical problems students whose apply learning CORE strategy cognitive conflict and conventional learning, determine the effect of learning CORE strategy cognitive conflict to increased the ability of understanding and solving mathematical problems, the correlation between ability of understanding and problem solving mathematically students, determine the effect CORE learning with cognitive conflict strategies to students mathemathical anxiety. This research is a quasi-experimental or quasi experiment design with non-equivalent control group. Implementation of this research is done in class VIII in one of the Junior High School in Bandung. Problem solving ability and understanding of mathematical problems on the material geometry flat side which is given to students has been tested and meet the characteristics to be used in research such as validity, reliability, and level of difficulty. Quantitative data analysis is performed using t-test, Pearson Product Moment, and Wilcoxon sign rank test, while the qualitative data analysis is done descriptively. The results of this study are students who get teaching model of CORE strategy cognitive conflicts increase the ability of understanding and solving mathematical problems is significantly better than students whose learning using conventional learning, the learning model of CORE affect increased ability of understanding and solving the mathematical problem, there is a correlation significant between ability of comprehension and mathematical problem solving, and learning model of CORE with conflict strategies affect in students mathematical anxiety.</description><date>2016-08-02</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/1/T_MTK_1402591_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/2/T_MTK_1402591_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/3/T_MTK_1402591_Table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/4/T_MTK_1402591_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/5/T_MTK_1402591_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/6/T_MTK_1402591_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/7/T_MTK_1402591_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/8/T_MTK_1402591_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/9/T_MTK_1402591_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/10/T_MTK_1402591_Appendix1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/11/T_MTK_1402591_Appendix2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/24426/12/T_MTK_1402591_Appendix3.pdf</identifier><identifier> Susilowaty, Nora (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN, PEMECAHAN MASALAH DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu</relation><recordID>24426</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Susilowaty, Nora
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CORE DENGAN STRATEGI KONFLIK KOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN, PEMECAHAN MASALAH DAN KECEMASAN MATEMATIS SISWA SMP
publishDate 2016
topic L Education (General)
LB1603 Secondary Education. High schools
QA Mathematics
url http://repository.upi.edu/24426/1/T_MTK_1402591_Title.pdf
http://repository.upi.edu/24426/2/T_MTK_1402591_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/24426/3/T_MTK_1402591_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/24426/4/T_MTK_1402591_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/24426/5/T_MTK_1402591_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/24426/6/T_MTK_1402591_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/24426/7/T_MTK_1402591_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/24426/8/T_MTK_1402591_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/24426/9/T_MTK_1402591_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/24426/10/T_MTK_1402591_Appendix1.pdf
http://repository.upi.edu/24426/11/T_MTK_1402591_Appendix2.pdf
http://repository.upi.edu/24426/12/T_MTK_1402591_Appendix3.pdf
http://repository.upi.edu/24426/
http://repository.upi.edu
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa yang menerapkan pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif dan pembelajaran konvensional, mengetahui pengaruh pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, mengetahui korelasi antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis siswa, serta mengetahui pengaruh pembelajaran CORE dengan strategi konflik kognitif terhadap kecemasan matematis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen atau aksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII di salah satu SMP Negeri di Bandung. Soal kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar yang diberikan kepada siswa telah diujicobakan dan memenuhi karakteristik untuk digunakan dalam penelitian seperti validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji t, Pearson product momen, dan Wilcoxon sign rank test sedangkan analisis data kualitatif dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini adalah siswa yang mendapatkan pembelajaran model CORE dengan strategi konflik kognitif peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional, pembelajaran model CORE berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, terdapat korelasi yang signifikan antara kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematis, serta pembelajaran model CORE dengan strategi konflik berpengaruh terhadap kecemasan matematis siswa.; This study aims to determine of increasing the ability of understanding and solving mathematical problems students whose apply learning CORE strategy cognitive conflict and conventional learning, determine the effect of learning CORE strategy cognitive conflict to increased the ability of understanding and solving mathematical problems, the correlation between ability of understanding and problem solving mathematically students, determine the effect CORE learning with cognitive conflict strategies to students mathemathical anxiety. This research is a quasi-experimental or quasi experiment design with non-equivalent control group. Implementation of this research is done in class VIII in one of the Junior High School in Bandung. Problem solving ability and understanding of mathematical problems on the material geometry flat side which is given to students has been tested and meet the characteristics to be used in research such as validity, reliability, and level of difficulty. Quantitative data analysis is performed using t-test, Pearson Product Moment, and Wilcoxon sign rank test, while the qualitative data analysis is done descriptively. The results of this study are students who get teaching model of CORE strategy cognitive conflicts increase the ability of understanding and solving mathematical problems is significantly better than students whose learning using conventional learning, the learning model of CORE affect increased ability of understanding and solving the mathematical problem, there is a correlation significant between ability of comprehension and mathematical problem solving, and learning model of CORE with conflict strategies affect in students mathematical anxiety.
id IOS14013.24426
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:32:01Z
last_indexed 2020-06-22T08:32:01Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980468008714240
score 17.538404