Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Discovery Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain tes akhir dan kelompok kontrol statis, yang bertujuan untuk menelaah pengaruh pendekatan Discovery berbantuan software Geometer’s Sketchpad terhadap kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPK1 BPK PENABUR Bandung, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive random sampling, yaitu dengan memilih siswa kelas VII sebanyak dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pembelajaran, yaitu pendekatan discovery berbantuan software Geometer’s Sketchpad dan pembelajaran konvensional. Kelas VII A dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 19 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes yaitu hasil pos tes dan angket dianalisis secata kuantitatif, dan data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar geometri menggunakan GSP tidak lebih baik daripada siswa yang belajar geometri secara konvensional. (b). Kemampuan disposisi matematis siswa yang belajar geometri menggunakan GSP sedikit lebih baik daripada siswa yang belajar geometri secara konvensional. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa belajar geometri berbantuan software Geometer’s Sketchpad belum menunjukkan perbedaan yang signifikan baik dalam kemampuan berpikir kreatif matematis ataupun disposisi matematis.