ctrlnum 16980
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.upi.edu/16980/</relation><title>Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Discovery Berbantuan Software Geometer&#x2019;s Sketchpad</title><creator>Gunawan, Hartati</creator><subject>QA Mathematics</subject><description>Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain tes akhir dan kelompok kontrol statis, yang bertujuan untuk menelaah pengaruh pendekatan Discovery berbantuan software Geometer&#x2019;s Sketchpad terhadap kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPK1 BPK PENABUR Bandung, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive random sampling, yaitu dengan memilih siswa kelas VII sebanyak dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pembelajaran, yaitu pendekatan discovery berbantuan software Geometer&#x2019;s Sketchpad dan pembelajaran konvensional. Kelas VII A dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 19 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes yaitu hasil pos tes dan angket dianalisis secata kuantitatif, dan data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar geometri menggunakan GSP tidak lebih baik daripada siswa yang belajar geometri secara konvensional. (b). Kemampuan disposisi matematis siswa yang belajar geometri menggunakan GSP sedikit lebih baik daripada siswa yang belajar geometri secara konvensional. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa belajar geometri berbantuan software Geometer&#x2019;s Sketchpad belum menunjukkan perbedaan yang signifikan baik dalam kemampuan berpikir kreatif matematis ataupun disposisi matematis.</description><date>2014-08-29</date><type>Thesis:Bachelors</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/1/T_MTK_1007254_Title.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/2/T_MTK_1007254_Abstract.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/1/T_MTK_1007254_Table_of_content.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter1.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter2.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter3.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter4.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/2/T_MTK_1007254_Chapter5.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Bibliography.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.upi.edu/16980/2/T_MTK_1007254_Appendix.pdf</identifier><identifier> Gunawan, Hartati (2014) Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Discovery Berbantuan Software Geometer&#x2019;s Sketchpad. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. </identifier><relation>http://repository.upi.edu/</relation><recordID>16980</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Bachelors
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Gunawan, Hartati
title Kemampuan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika dengan pendekatan Discovery Berbantuan Software Geometer’s Sketchpad
publishDate 2014
topic QA Mathematics
url http://repository.upi.edu/16980/1/T_MTK_1007254_Title.pdf
http://repository.upi.edu/16980/2/T_MTK_1007254_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/16980/1/T_MTK_1007254_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/16980/2/T_MTK_1007254_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/16980/3/T_MTK_1007254_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/16980/2/T_MTK_1007254_Appendix.pdf
http://repository.upi.edu/16980/
http://repository.upi.edu/
contents Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain tes akhir dan kelompok kontrol statis, yang bertujuan untuk menelaah pengaruh pendekatan Discovery berbantuan software Geometer’s Sketchpad terhadap kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa SMP dalam pembelajaran matematika. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPK1 BPK PENABUR Bandung, dan pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive random sampling, yaitu dengan memilih siswa kelas VII sebanyak dua kelas sebagai sampel dalam penelitian ini. Penelitian ini terdiri dari dua kelompok pembelajaran, yaitu pendekatan discovery berbantuan software Geometer’s Sketchpad dan pembelajaran konvensional. Kelas VII A dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen terdiri dari 19 siswa dan kelompok kontrol terdiri dari 32 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes yaitu hasil pos tes dan angket dianalisis secata kuantitatif, dan data hasil observasi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar geometri menggunakan GSP tidak lebih baik daripada siswa yang belajar geometri secara konvensional. (b). Kemampuan disposisi matematis siswa yang belajar geometri menggunakan GSP sedikit lebih baik daripada siswa yang belajar geometri secara konvensional. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa belajar geometri berbantuan software Geometer’s Sketchpad belum menunjukkan perbedaan yang signifikan baik dalam kemampuan berpikir kreatif matematis ataupun disposisi matematis.
id IOS14013.16980
institution DEFAULT
institution_type library:public
library
library DEFAULT
collection DEFAULT
city DEFAULT
province DEFAULT
repoId IOS14013
first_indexed 2020-06-22T08:29:01Z
last_indexed 2020-06-22T08:29:01Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1765980070780862464
score 17.538404