Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah melalui Multimedia pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Sejarah

Main Author: Nasution, Abdul Haris
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575/1732
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah melalui multimedia. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan terhitung dari 2 September sampai 9 September 2015 di Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian dilaksanakan di kelas Non Reg yang berjumlah 48 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: a) perencanaan; b)tindakan; c)observasi; dan d) refleksi. Peneliti langsung sebagai tenaga pengajar dengan melibatkan dosen bidang studi sejarah sebagai kolaborator. Pada penelitian ini, multimedia sebagai media yang digunakan pada siklus penelitian. Berdasarkan observasi awal, ada keterbatasan dosen menggunakan media pembelajaran menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi. Semoga dengan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar karena mengandung unsur-unsur tiga demensi yang dapat menghidupkan peristiwa sejarah dalam imajinasi mahasiswa.