Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah melalui Multimedia pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Sejarah
Main Author: | Nasution, Abdul Haris |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575/1732 |
ctrlnum |
--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2575 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah melalui Multimedia pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Sejarah</title><creator>Nasution, Abdul Haris</creator><subject lang="en-US">education</subject><subject lang="en-US">Action Research; multimedia; strategi belajar mengajar sejarah</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah melalui multimedia. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan terhitung dari 2 September sampai 9 September 2015 di Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian dilaksanakan di kelas Non Reg yang berjumlah 48 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: a) perencanaan; b)tindakan; c)observasi; dan d) refleksi. Peneliti langsung sebagai tenaga pengajar dengan melibatkan dosen bidang studi sejarah sebagai kolaborator. Pada penelitian ini, multimedia sebagai media yang digunakan pada siklus penelitian. Berdasarkan observasi awal, ada keterbatasan dosen menggunakan media pembelajaran menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi. Semoga dengan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar karena mengandung unsur-unsur tiga demensi yang dapat menghidupkan peristiwa sejarah dalam imajinasi mahasiswa.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2020-03-07</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575</identifier><identifier>10.30743/mkd.v4i1.2575</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 4, No 1 (2020); 53-62</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v4i1</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575/1732</relation><rights lang="en-US">Copyright (c) 2020 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2575</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion Other File:application/pdf File Journal:eJournal |
author |
Nasution, Abdul Haris |
title |
Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah melalui Multimedia pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Sejarah |
publisher |
Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera |
publishDate |
2020 |
topic |
education Action Research multimedia strategi belajar mengajar sejarah |
url |
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575 https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/2575/1732 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar sejarah melalui multimedia. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan terhitung dari 2 September sampai 9 September 2015 di Jurusan Pendidikan Sejarah. Penelitian dilaksanakan di kelas Non Reg yang berjumlah 48 mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Action Research yang dilakukan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan: a) perencanaan; b)tindakan; c)observasi; dan d) refleksi. Peneliti langsung sebagai tenaga pengajar dengan melibatkan dosen bidang studi sejarah sebagai kolaborator. Pada penelitian ini, multimedia sebagai media yang digunakan pada siklus penelitian. Berdasarkan observasi awal, ada keterbatasan dosen menggunakan media pembelajaran menyebabkan mahasiswa kurang termotivasi. Semoga dengan multimedia dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah pada matakuliah Strategi Belajar Mengajar karena mengandung unsur-unsur tiga demensi yang dapat menghidupkan peristiwa sejarah dalam imajinasi mahasiswa. |
id |
IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-2575 |
institution |
Universitas Islam Sumatera Utara |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id dpr.onesearch.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
1254 |
institution_type |
library:university library |
library |
Universitas Islam Sumatera Utara |
library_id |
1095 |
collection |
MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial |
repository_id |
13929 |
subject_area |
Sejarah Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial |
city |
KOTA MEDAN |
province |
SUMATERA UTARA |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13929 |
first_indexed |
2020-06-21T03:28:03Z |
last_indexed |
2020-12-23T05:04:46Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686844224260014080 |
score |
17.538404 |