Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Politik Luar Negeri melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor

Main Author: Sianturi, Ruster
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989/1419
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar politik luar negeri melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran PKn siswa Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor.yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44% yang diperoleh sebesar 55%. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69% yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa guru sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.Kata Kunci: Politik Luar Negeri, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu.