Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Politik Luar Negeri melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor

Main Author: Sianturi, Ruster
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera , 2019
Subjects:
Online Access: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989/1419
ctrlnum --jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1989
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="en-US">Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Politik Luar Negeri melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor</title><creator>Sianturi, Ruster</creator><subject lang="en-US">education</subject><description lang="en-US">Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar politik luar negeri melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran PKn siswa Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor.yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44% yang diperoleh sebesar 55%. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69% yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa guru sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.Kata Kunci: Politik Luar Negeri, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu.</description><publisher lang="en-US">Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera</publisher><contributor lang="en-US"/><date>2019-11-27</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989</identifier><identifier>10.30743/mkd.v2i2.1989</identifier><source lang="en-US">MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial; Vol 2, No 2 (2018); 11-22</source><source>2622-1373</source><source>2614-1159</source><source>10.30743/mkd.v2i2</source><language>eng</language><relation>https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989/1419</relation><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><coverage lang="en-US"/><rights lang="en-US">Copyright (c) 2019 MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial</rights><rights lang="en-US">https://creativecommons.org/licenses/by/4.0</rights><recordID>--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1989</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author Sianturi, Ruster
title Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Politik Luar Negeri melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor
publisher Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Sumatera
publishDate 2019
topic education
url https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/1989/1419
contents Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar politik luar negeri melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar PKn siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas IVB SD Negeri 067690 Medan Johor. Objek penelitian ini adalah peningkatan minat belajar melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu pada mata pelajaran PKn siswa Kelas VB SD Negeri 067690 Medan Johor.yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa minat belajar siswa siklus I rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh hanya mencapai 44% yang diperoleh sebesar 55%. Pada siklus II rata-rata nilai keseluruhan yang diperoleh yaitu sebesar 69% yang diperoleh adalah sebesar 87%. Pada siklus II dapat dilihat bahwa guru sudah meningkatkan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dengan baik dan perilaku belajar siswa sudah meningkat.Kata Kunci: Politik Luar Negeri, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu.
id IOS13929.--jurnal.uisu.ac.id-index.php-index-oai:article-1989
institution Universitas Islam Sumatera Utara
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
dpr.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 1254
institution_type library:university
library
library Universitas Islam Sumatera Utara
library_id 1095
collection MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial
repository_id 13929
subject_area Sejarah
Pendidikan
Ilmu-ilmu Sosial
city KOTA MEDAN
province SUMATERA UTARA
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13929
first_indexed 2020-11-24T17:56:23Z
last_indexed 2020-11-24T17:56:23Z
recordtype dc
_version_ 1686844224312442880
score 17.538404