Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa
Main Authors: | Ma’rufi, Ma’rufi, Fabrika Pasandaran, Rio, Yogi, Ahmad |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
PROXIMAL - JURNAL PENELITIAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.uncp.ac.id/3/1/ARTIKEL%20-%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20GEOMETRI%20MAHASISWA%20BERDASARKAN%20GAYA%20KOGNITIF%20MAHASISWA.pdf http://repository.uncp.ac.id/3/3/4.%20PEERREVIEW-Pemahaman%20Konsep%20Geometri%20Mahasiswa%20Berdasarkan%20Gaya%20Kognitif%20Mahasiswa.pdf http://repository.uncp.ac.id/3/5/4.%20Turnitin%20Ma%27rufi_%201053-1991-1-PB%20Proximal%20Agustus%202018%20%28Gabung%29.pdf http://repository.uncp.ac.id/3/ |
ctrlnum |
3 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.uncp.ac.id/3/</relation><title>Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa</title><creator>Ma’rufi, Ma’rufi</creator><creator>Fabrika Pasandaran, Rio</creator><creator>Yogi, Ahmad</creator><subject>Pendidikan Matematika</subject><subject>Penelitian</subject><subject>Jurnal</subject><description>Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pemahaman konsep geometri mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, dan (2) pemahaman konsep geometri mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP angkatan 2015 yang terdiri 1 subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent dan 1 subjek yang memiliki gaya kognitif field independent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep geometri subjek yang memiliki gaya kognitif 
field dependent hanya memenuhi 4 indikator yaitu: (a) menyatakan secara verbal konsep yang dipelajari, (b) mengklasifikasikan konsep berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan, (c) menerapkan konsep secara algoritma, dan (d) menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi. Indikator yang belum dapat SFD lakukan adalah mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Pemahaman kondep geometri subjek yang memiliki gaya kognitif field independent dapat memenuhi ke lima indikator dari pemahaman konsep yaitu (a) menyatakan secara verbal konsep yang dipelajari, (b) mengklasifikasikan konsep berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan, (c) menerapkan konsep secara algoritma, (d) menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi, dan (e) mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika)</description><publisher>PROXIMAL - JURNAL PENELITIAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA</publisher><date>2018</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uncp.ac.id/3/1/ARTIKEL%20-%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20GEOMETRI%20MAHASISWA%20BERDASARKAN%20GAYA%20KOGNITIF%20MAHASISWA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uncp.ac.id/3/3/4.%20PEERREVIEW-Pemahaman%20Konsep%20Geometri%20Mahasiswa%20Berdasarkan%20Gaya%20Kognitif%20Mahasiswa.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.uncp.ac.id/3/5/4.%20Turnitin%20Ma%27rufi_%201053-1991-1-PB%20Proximal%20Agustus%202018%20%28Gabung%29.pdf</identifier><identifier> Ma’rufi, Ma’rufi and Fabrika Pasandaran, Rio and Yogi, Ahmad (2018) Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa. Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa, 1 (2). pp. 56-67. ISSN 26158132 </identifier><recordID>3</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Ma’rufi, Ma’rufi Fabrika Pasandaran, Rio Yogi, Ahmad |
title |
Pemahaman Konsep Geometri Mahasiswa Berdasarkan Gaya Kognitif Mahasiswa |
publisher |
PROXIMAL - JURNAL PENELITIAN MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA |
publishDate |
2018 |
isbn |
20105319911 |
topic |
Pendidikan Matematika Penelitian Jurnal |
url |
http://repository.uncp.ac.id/3/1/ARTIKEL%20-%20PEMAHAMAN%20KONSEP%20GEOMETRI%20MAHASISWA%20BERDASARKAN%20GAYA%20KOGNITIF%20MAHASISWA.pdf http://repository.uncp.ac.id/3/3/4.%20PEERREVIEW-Pemahaman%20Konsep%20Geometri%20Mahasiswa%20Berdasarkan%20Gaya%20Kognitif%20Mahasiswa.pdf http://repository.uncp.ac.id/3/5/4.%20Turnitin%20Ma%27rufi_%201053-1991-1-PB%20Proximal%20Agustus%202018%20%28Gabung%29.pdf http://repository.uncp.ac.id/3/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) pemahaman konsep geometri mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field dependent, dan (2) pemahaman konsep geometri mahasiswa yang memiliki gaya kognitif field independent. Penelitian ini dilaksanakan di program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Matematika FKIP UNCP angkatan 2015 yang terdiri 1 subjek yang memiliki gaya kognitif field dependent dan 1 subjek yang memiliki gaya kognitif field independent. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan data dalam penelitian ini diperoleh dari tes dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep geometri subjek yang memiliki gaya kognitif
field dependent hanya memenuhi 4 indikator yaitu: (a) menyatakan secara verbal konsep yang dipelajari, (b) mengklasifikasikan konsep berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan, (c) menerapkan konsep secara algoritma, dan (d) menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi. Indikator yang belum dapat SFD lakukan adalah mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika). Pemahaman kondep geometri subjek yang memiliki gaya kognitif field independent dapat memenuhi ke lima indikator dari pemahaman konsep yaitu (a) menyatakan secara verbal konsep yang dipelajari, (b) mengklasifikasikan konsep berdasarkan dipenuhi atau tidaknya persyaratan, (c) menerapkan konsep secara algoritma, (d) menerapkan konsep dalam berbagai macam bentuk representasi, dan (e) mengaitkan berbagai konsep (internal dan eksternal matematika) |
id |
IOS13831.3 |
institution |
Universitas Cokroaminoto Palopo |
institution_id |
894 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UNCP |
library_id |
2973 |
collection |
Repository Universitas Cokroaminoto Palopo |
repository_id |
13831 |
city |
KOTA PALOPO |
province |
SULAWESI SELATAN |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13831 |
first_indexed |
2020-05-12T04:54:49Z |
last_indexed |
2020-05-12T04:54:49Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1686833762323660800 |
score |
17.538404 |