Daftar Isi:
  • Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam setiap kegiatan pembelajaran, ketiadaan media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran yang kurang maksimal. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu guru menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami siswa. Tanpa penggunaan media pembelajaran akan mengakibatkan kegiatan pembelajaran yang kurang sempurna. Hal itu sebagaimana yang terjadi pada pembelajaran mata pelajaran IPA materi siklus air. Pada pembelajaran tersebut belum maksimal, dari 25 siswa hanya 10 siswa yang mampu menyebutkan dan menjelaskan tahapan tahapan siklus air atau sebesar 40% yang mencapai nilai di atas KKM, sehingga diperlukan adanya media yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa yaitu media pembelajaran audio visual. Pemanfaatan media audio visual dalam penyampaian materi sangat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan audio visual pada media pembelajaran yang bertujuan untuk menarik minat belajar siswa dan membantunya dalam memperoleh pengalaman yang berbeda dalam mendapatkan informasi visualisasi proses siklus air. Kajian ini bertujuan untuk memberikan solusi pada pembelajaran IPA materi siklus air lebih efektif dan diharapkan dapat membantu guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang lebih baik sehingga materi lebih mudah dipahami siswa , serta hasil belajar siswa. Kata kunci: Audio Visual, Media Pembelajaran, Siklus Air.