ctrlnum 823
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/823/</relation><title>MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MATERI SIKLUS AIR PADA KELAS V SEKOLAH DASAR</title><creator>Prakoso, Johan Tri</creator><creator>HUNAIFI, ABDUL AZIZ</creator><creator>DAMARISWARA, RIAN</creator><subject>790 Education science</subject><subject>793 PGSD</subject><description>Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam setiap kegiatan pembelajaran, ketiadaan media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran yang kurang maksimal. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu guru menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami siswa. Tanpa penggunaan media pembelajaran akan mengakibatkan kegiatan pembelajaran yang kurang sempurna. Hal itu sebagaimana yang terjadi pada pembelajaran mata pelajaran IPA materi siklus air. Pada pembelajaran tersebut belum maksimal, dari 25 siswa hanya 10 siswa yang mampu menyebutkan dan menjelaskan tahapan tahapan siklus air atau sebesar 40% yang mencapai nilai di atas KKM, sehingga diperlukan adanya media yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa yaitu media pembelajaran audio visual. Pemanfaatan media audio visual dalam penyampaian materi sangat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan audio visual pada media pembelajaran yang bertujuan untuk menarik minat belajar siswa dan membantunya dalam memperoleh pengalaman yang berbeda dalam mendapatkan informasi visualisasi proses siklus air. Kajian ini bertujuan untuk memberikan solusi pada pembelajaran IPA materi siklus air lebih efektif dan diharapkan dapat membantu guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang lebih baik sehingga materi lebih mudah dipahami siswa , serta hasil belajar siswa.&#xD; &#xD; Kata kunci: Audio Visual, Media Pembelajaran, Siklus Air.</description><date>2020-07-28</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/823/2/RAMA_86206_16101100070.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/823/3/RAMA_86206_16101100070_SIMILARITY.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/823/4/RAMA_86206_16101100070_0704078402_0728129001_06_ref.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><rights>cc_public_domain</rights><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/823/5/RAMA_86206_16101100070_0704078402_0728129001_07_lamp.pdf</identifier><identifier> Prakoso, Johan Tri and HUNAIFI, ABDUL AZIZ and DAMARISWARA, RIAN (2020) MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MATERI SIKLUS AIR PADA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Nusantara PGRI Kediri. </identifier><recordID>823</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Prakoso, Johan Tri
HUNAIFI, ABDUL AZIZ
DAMARISWARA, RIAN
title MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MATERI SIKLUS AIR PADA KELAS V SEKOLAH DASAR
publishDate 2020
isbn 16101100070
topic 790 Education science
793 PGSD
url http://repository.unpkediri.ac.id/823/2/RAMA_86206_16101100070.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/823/3/RAMA_86206_16101100070_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/823/4/RAMA_86206_16101100070_0704078402_0728129001_06_ref.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/823/5/RAMA_86206_16101100070_0704078402_0728129001_07_lamp.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/823/
contents Media pembelajaran merupakan komponen penting dalam setiap kegiatan pembelajaran, ketiadaan media pembelajaran mengakibatkan pembelajaran yang kurang maksimal. Media pembelajaran berfungsi untuk membantu guru menyampaikan materi agar lebih mudah dipahami siswa. Tanpa penggunaan media pembelajaran akan mengakibatkan kegiatan pembelajaran yang kurang sempurna. Hal itu sebagaimana yang terjadi pada pembelajaran mata pelajaran IPA materi siklus air. Pada pembelajaran tersebut belum maksimal, dari 25 siswa hanya 10 siswa yang mampu menyebutkan dan menjelaskan tahapan tahapan siklus air atau sebesar 40% yang mencapai nilai di atas KKM, sehingga diperlukan adanya media yang sesuai dengan karakteristik materi dan siswa yaitu media pembelajaran audio visual. Pemanfaatan media audio visual dalam penyampaian materi sangat membantu guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemanfaatan audio visual pada media pembelajaran yang bertujuan untuk menarik minat belajar siswa dan membantunya dalam memperoleh pengalaman yang berbeda dalam mendapatkan informasi visualisasi proses siklus air. Kajian ini bertujuan untuk memberikan solusi pada pembelajaran IPA materi siklus air lebih efektif dan diharapkan dapat membantu guru dalam mempersiapkan rencana pembelajaran yang lebih baik sehingga materi lebih mudah dipahami siswa , serta hasil belajar siswa. Kata kunci: Audio Visual, Media Pembelajaran, Siklus Air.
id IOS13635.823
institution Universitas Nusantara PGRI Kediri
institution_id 184
institution_type library:university
library
library Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
library_id 571
collection Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri
repository_id 13635
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS13635
first_indexed 2020-09-30T10:05:24Z
last_indexed 2020-09-30T10:05:24Z
recordtype dc
_version_ 1703513858741633024
score 17.538404