PENGARUH MODEL REALISTIC MATEMATICS EDUCATION DENGAN METODE GUIDED NOTE TAKING DIDUKUNG MEDIA BARANG BEKAS TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS V SDN NGADIREJO III KOTA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017
Daftar Isi:
- WINDHA OCTARIA TRISTANTI: Pengaruh Model Realistic Matematics Education dengan Metode Guided Note Taking didukung Media Barang Bekas Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sifat–sifat Bangun Ruang pada Siswa Kelas V SDN Ngadirejo III Kota Kediri Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan adanya perbedaan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tanpa menggunakan model Realistic Matematics Education dengan metode Guided Note Taking didukung media barang bekas pada siswa kelas V SDN Ngadirejo III Kota Kediri, membuktikan adanya perbedaan kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang dengan menggunakan model Realistic Matematics Education dengan Metode Guided Note Taking didukung media barang bekas pada siswa kelas V SDN Ngadirejo III Kota Kediri, membuktikan adanya perbedaan pengaruh model Realistic Matematics Education dengan metode Guided Note Taking didukung media barang bekas terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Ngadirejo III Kota Kediri. Berdasarkan hasil analisis dan uji hipotesis dapat disimpulkan sebagai berikut: siswa kelas V SDN Ngadirejo III tahun pelajaran 2016/2017 kurang mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tanpa menggunakan model Realistic Matematics Education dengan metode Guided Note Taking didukung media barang bekas. Hal ini terbukti dengan rata-rata nilai yang diperoleh lebih dari KKM ≤ 75 yaitu 73,65. Siswa kelas V SDN Ngadirejo III Tahun Ajaran 2016/2017 mampu mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang tanpa menggunakan model Realistic Matematics Education dengan metode Guided Note Taking didukung media barang bekas. Hal tersebut terbukti dengan rata-rata nilai yang diperoleh lebih dari KKM ≥75 yaitu 83,80, artinya ada pengaruh model Realistic Matematics Education dengan metode Guided Note Taking didukung media barang bekas terhadap kemampuan mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN Ngadirejo III Kota Kediri tahun ajaran 2016/2017.