PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI

Main Authors: Hidayati, Anisatul, Widodo, Suryo
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2015
Subjects:
Online Access: http://repository.unpkediri.ac.id/1133/1/85101_0002026403.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/
ctrlnum 1133
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/</relation><title>PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA&#xD; DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK&#xD; DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI</title><creator>Hidayati, Anisatul</creator><creator>Widodo, Suryo</creator><subject>772 Mathematics education</subject><description>Penalaran peserta didik sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Kemampuan&#xD; bernalar tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun mata pelajaran&#xD; lainnya, namun sangat dibutuhkan juga ketika memecahkan masalah ataupun saat&#xD; menentukan keputusan dalam kehidupan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah&#xD; bagaimana proses penalaran matematis siswa berkemampuan matematika rendah, sedang,&#xD; dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga. Tujuan&#xD; penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa berkemampuan&#xD; rendah, sedang, dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok&#xD; dimensi tiga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian&#xD; menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan ada&#xD; aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali pada tahap&#xD; membuat rencana pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan&#xD; masalah, subjek dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan ada aktivitas proses&#xD; penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali tahap melaksanakan rencana&#xD; pemecahan masalah, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan&#xD; ada aktivitas proses penalaran matematisnya pada setiap tahap memecahkan masalah.&#xD; Kata Kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah, materi dimensi tiga.</description><publisher>Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri</publisher><date>2015-11</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/1/85101_0002026403.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf</identifier><identifier> Hidayati, Anisatul and Widodo, Suryo (2015) PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI. Jurnal Math Educator Nusantara, 1 (2). pp. 131-143. ISSN 2459-97345 </identifier><recordID>1133</recordID></dc>
language eng
format Journal:Article
Journal
PeerReview:PeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Hidayati, Anisatul
Widodo, Suryo
title PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI
publisher Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
publishDate 2015
isbn 9780002026406
topic 772 Mathematics education
url http://repository.unpkediri.ac.id/1133/1/85101_0002026403.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/
contents Penalaran peserta didik sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Kemampuan bernalar tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun mata pelajaran lainnya, namun sangat dibutuhkan juga ketika memecahkan masalah ataupun saat menentukan keputusan dalam kehidupan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penalaran matematis siswa berkemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa berkemampuan rendah, sedang, dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan ada aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali pada tahap membuat rencana pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, subjek dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan ada aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali tahap melaksanakan rencana pemecahan masalah, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan ada aktivitas proses penalaran matematisnya pada setiap tahap memecahkan masalah. Kata Kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah, materi dimensi tiga.
id IOS13635.1133
institution Universitas Nusantara PGRI Kediri
institution_id 184
institution_type library:university
library
library Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat
library_id 571
collection Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri
repository_id 13635
city KOTA KEDIRI
province JAWA TIMUR
repoId IOS13635
first_indexed 2020-09-30T10:05:30Z
last_indexed 2020-09-30T10:05:30Z
recordtype dc
_version_ 1703513860227465216
score 17.538404