PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI
Main Authors: | Hidayati, Anisatul, Widodo, Suryo |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/1/85101_0002026403.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1133/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1133/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1133/ |
ctrlnum |
1133 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/</relation><title>PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA
DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK
DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI</title><creator>Hidayati, Anisatul</creator><creator>Widodo, Suryo</creator><subject>772 Mathematics education</subject><description>Penalaran peserta didik sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Kemampuan
bernalar tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun mata pelajaran
lainnya, namun sangat dibutuhkan juga ketika memecahkan masalah ataupun saat
menentukan keputusan dalam kehidupan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah
bagaimana proses penalaran matematis siswa berkemampuan matematika rendah, sedang,
dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa berkemampuan
rendah, sedang, dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok
dimensi tiga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan ada
aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali pada tahap
membuat rencana pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan
masalah, subjek dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan ada aktivitas proses
penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali tahap melaksanakan rencana
pemecahan masalah, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan
ada aktivitas proses penalaran matematisnya pada setiap tahap memecahkan masalah.
Kata Kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah, materi dimensi tiga.</description><publisher>Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri</publisher><date>2015-11</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/1/85101_0002026403.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.unpkediri.ac.id/1133/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf</identifier><identifier> Hidayati, Anisatul and Widodo, Suryo (2015) PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI. Jurnal Math Educator Nusantara, 1 (2). pp. 131-143. ISSN 2459-97345 </identifier><recordID>1133</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Hidayati, Anisatul Widodo, Suryo |
title |
PROSES PENALARAN MATEMATIS SISWA
DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POKOK
DIMENSI TIGA BERDASARKAN KEMAMPUAN SISWA DI SMA NEGERI 5 KEDIRI |
publisher |
Prodi Pend. Matematika FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri |
publishDate |
2015 |
isbn |
9780002026406 |
topic |
772 Mathematics education |
url |
http://repository.unpkediri.ac.id/1133/1/85101_0002026403.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1133/2/85101_0002026403_PEER_REVIEW.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1133/3/85101_0002026403_SIMILARITY.pdf http://repository.unpkediri.ac.id/1133/ |
contents |
Penalaran peserta didik sangat penting untuk dipelajari dan dikembangkan. Kemampuan
bernalar tidak hanya dibutuhkan ketika mempelajari matematika maupun mata pelajaran
lainnya, namun sangat dibutuhkan juga ketika memecahkan masalah ataupun saat
menentukan keputusan dalam kehidupan. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah
bagaimana proses penalaran matematis siswa berkemampuan matematika rendah, sedang,
dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok dimensi tiga. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penalaran matematis siswa berkemampuan
rendah, sedang, dan tinggi dalam memecahkan masalah matematika pada materi pokok
dimensi tiga. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa subjek dengan kemampuan matematika rendah menunjukkan ada
aktivitas proses penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali pada tahap
membuat rencana pemecahan masalah dan tahap melaksanakan rencana pemecahan
masalah, subjek dengan kemampuan matematika sedang menunjukkan ada aktivitas proses
penalaran matematisnya dalam memecahkan masalah kecuali tahap melaksanakan rencana
pemecahan masalah, sedangkan subjek dengan kemampuan matematika tinggi menunjukkan
ada aktivitas proses penalaran matematisnya pada setiap tahap memecahkan masalah.
Kata Kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah, materi dimensi tiga. |
id |
IOS13635.1133 |
institution |
Universitas Nusantara PGRI Kediri |
institution_id |
184 |
institution_type |
library:university library |
library |
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat |
library_id |
571 |
collection |
Repository Universitas Nusantara PGRI Kediri |
repository_id |
13635 |
city |
KOTA KEDIRI |
province |
JAWA TIMUR |
repoId |
IOS13635 |
first_indexed |
2020-09-30T10:05:30Z |
last_indexed |
2020-09-30T10:05:30Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1703513860227465216 |
score |
17.538404 |