Pengaruh model pembelajaran Project based Learning terhadap peningkatan kemampuan self-regulated learning Mahasiswa Universitas Advent Indonesia
Main Author: | Susilowaty, Nora |
---|---|
Format: | Article info application/pdf Journal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
LPPM Universitas Advent Indonesia
, 2020
|
Online Access: |
https://jurnal.unai.edu/index.php/jpd/article/view/2235 https://jurnal.unai.edu/index.php/jpd/article/view/2235/1619 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas model pembelajaran project based learning terhadap peningkatan kemampuan self regulated learning mahasiswa UNAI. Penelitian ini merupakan pre eksperimental dengan menggunakan one group pretest-postest design sebagai desain penelitian. Sampel penelitian ini adalah satu kelas mahasiswa fakultas ekonomi yang mengambil mata kuliah statistik bisnis I di Universitas Advent Indonesia dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes angket skala self regulated learning mahasiswa yang sudah diuji validitasnya dan melalui wawancara. Skala likert ini diubah menjadi skor baku z yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji statistik non parametrik Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menyatakan bahwa kemampuan self-regulated learning mahasiswa sesudah diterapkan Project Based Learning lebih baik dibandingkan sebelum diterapkan Project Based Learning. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, disarankan bahwa model pembelajaran project based learning dapat dijadikan salah satu pilihan pembelajaran dikelas untuk mengembangkan kemampuan self regulated learning mahasiswa ataupun kemampuan kognitif, afektif, juga kemampuan lainnya. Selain itu dapat juga diterapkan pada mata kuliah lainnya. Hasil wawancara menunjukkan mahasiswa yang diwawancarai menyatakan bahwa mereka menjadi lebih mandiri dan lebih siap dalam belajar statistik di kelas.