Kualitas Pelayanan Publik pada Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang

Penyediaan pelayanan publik yang berkualitas merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap penyelenggara negara. Bahkan dikatakan bahwa salah satu tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan negara dapat dilihat dari kualitas pelayanan publik yang disediakan. Prinsip market oriented organisasi pe...

Full description

Main Author: Resti Diana (-)
Format:
Terbitan: Pandeglang : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Banten , 2011
Edition: Cetakan Pertama
Subjects:
Online Access: http://katalogdpkprovbanten.perpusnas.go.id/detail-opac?id=33365
http://katalogdpkprovbanten.perpusnas.go.id/sampul_koleksi/original/Skripsi/33365.jpeg
Summary: Penyediaan pelayanan publik yang berkualitas merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap penyelenggara negara. Bahkan dikatakan bahwa salah satu tolok ukur keberhasilan penyelenggaraan negara dapat dilihat dari kualitas pelayanan publik yang disediakan. Prinsip market oriented organisasi pemerintahan harus diartikan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pemerintah (aparatur) harus mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat. Demikian juga prinsip catalitic government, mengandung pengertian bahwa aparatur pemerintah harus bertindak sebagai katalisator dan bukannya penghambat dari kegiatan pembangunan, termasuk didalamnya mempercepat pelayanan masyarakat. Dalam konteks ini, fungsi pemerintah lebih dititikberatkan sebagai regulator dibanding implementator atau aktor pelayanan. Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilakukan Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang sebagai tempat penulis melakukan penelitian adalah pelayanan pengujian kendaraan bermotor, yaitu serangkaian pemeriksaan kendaraan bermotor terhadap komponen utama dan penunjang guna terjamin keselamatan penggunaan kendaraan bermotor di jalan. Pelayanan yang berhubungan langsung dengan masyarakat ini sering terjadi permasalahan yang berkaitan dengan kualitas pelayanan yang diberikan aparat kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang, dimana faktor-faktor yang mempengaruhi penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor pada Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pandeglang ini antara lain masalah ketepatan waktu pelayanan, kemudahan dalam pengajuan permohonan, akurasi pelayanan dan kesesuaian biaya pelayanan. Biaya yang transparan dan ketepatan waktu penyelesaian merupakan jaminan kualitas pelayanan publik. Untuk itu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor tersebut sebagai unit kerja pelaksana harus meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan, karena pada hakekatnya kualitas ditentukan hanya oleh pelanggan.
Physical Description: x, 91 hlm. : ilus ; 21 x 30 cm