ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK, ORIENTASI PASAR, KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KINERJA PEMASARAN DI SENTRA INDUSTRI MEBEL DESA SEMBUNGAN

Main Authors: Amin, Miftakhul, Sudarwati, Sudarwati, Maryam, Siti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: STIE AAS Surakarta , 2019
Online Access: https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/664
https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jie/article/view/664/508
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing terhadap kinerja di sentra industri mebel kayu desa Sembungan. Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitaif. Populasi dari penelitian ini adalah keseluruhanpengrajin kayu di desa Sembungan dengan menggunakan random sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah kinerja pemasaran. Variabel independen (X) meliputi: inovasi produk (X1) orientasi pasar (X2) dan keunggulan bersaing (X3). Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda. Sedangkan untuk program jika data menggunakan IBM SPSS 21.0 statistik. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh secara simultan dan signifikan variabel inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaingterhadap kinerja pemasaran. Variabel inovasi produk berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran.Orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.Keunggulan bersaing berpengaruh secara parsial terhadap kinerja pemasaran. Model regresi dalam penelitian ini adalah Y = 29,664 + (-0,680) + (-0,225) + 0,506 + e. Hasil koefisien determinasi menunjukkan inovasi produk, orientasi pasar, keunggulan bersaing memiliki pengaruh sebesar 61.2% terhadap kinerja pemasaran di sentra industri mebel kayu desa Sembungan. Keyword: Kinerja Pemasaran, Inovasi Produk, Orientasi Pasar, Keunggulan Bersaing