Pengaruh Model Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Madapangga Tahun Pelajaran 2016/2017

Main Authors: Asriyadin, Yus’iran, Hafidah Nurul Fikri
Format: Article info application/pdf Journal
Bahasa: eng
Terbitan: LPPM STKIP Taman Siswa Bima , 2016
Online Access: http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/34
http://www.ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpm/article/view/34/25
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Madapangga. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi Eksperimen. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas X.c sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa yang kelas X.d yang berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X pada SMAN 1 Madapangga.