Daftar Isi:
  • Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat saat ini menjadikan pendidikan di indonesia juga harus berkembang. Kemajuan teknologi tidak akan bermanfaat jika tidak diiringi oleh majunya tingkat pendidikan. Proses belajar di sekolah dilakukan saat pembelajaran di kelas oleh guru. Saat ini pembelajaran sudah didukung dengan fasilitas yang modern seperti komputer. Sehingga fasilitas tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal, terutama dalam bidang matematika. Salah satu program komputer sebagai media pembelajaran matematika adalah Geometer’s sketchpad. Program ini memberikan visualisasi geometris untuk memperjelas konsep-konsep tertentu kepada peserta didik. Sehingga program ini memberikan kemudahan bagi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan peserta didik dalam menggunakan program Geometer’s sketchpad terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen tidak murni dengan model studi kasus bentuk tunggal yang merupakan sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa tes awal. sampel penelitian adalah kelas VII – H tahun ajaran 2015-2016. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan penggunaan Geometer’s sketchpad dan tes hasil belajar. Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, uji regresi linier, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Sehingga menghasilkan persamaan regresi Y = 39,009 + 0,482X artinya berpengaruh secara positif dengan kenaikan 0,482 setiap satuan nilai X. koefisien determinasi (R2) sebesar 0,192 artinya sekitar 19 % kemampuan menggunakan program Geometer’s sketchpad mempengaruhi perubahan hasil belajar peserta didik. Maka ada pengaruh kemampuan penggunaan geometer’s sketchpad terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan segi empat dan segitiga kelas VII SMP Negeri 1 Cerme