ctrlnum 2495
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.umg.ac.id/2495/</relation><title>PENGARUH KEMAMPUAN PENGGUNAAN&#xD; GEOMETER&#x2019;S SKETCHPAD TERHADAP HASIL&#xD; BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK&#xD; BAHASAN SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII&#xD; SMP NEGERI 1 CERME</title><creator>ARISANDI, YOGA BAGUS</creator><subject>Mathematic Education</subject><description>Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat saat ini menjadikan pendidikan di indonesia juga harus berkembang. Kemajuan teknologi tidak akan bermanfaat jika tidak diiringi oleh majunya tingkat pendidikan. Proses belajar di sekolah dilakukan saat pembelajaran di kelas oleh guru. Saat ini pembelajaran sudah didukung dengan fasilitas yang modern seperti komputer. Sehingga fasilitas tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal, terutama dalam bidang matematika. Salah satu program komputer sebagai media pembelajaran matematika adalah Geometer&#x2019;s sketchpad. Program ini memberikan visualisasi geometris untuk memperjelas konsep-konsep tertentu kepada peserta didik. Sehingga program ini memberikan kemudahan bagi peserta didik.&#xD; Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan peserta didik dalam menggunakan program Geometer&#x2019;s sketchpad terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen tidak murni dengan model studi kasus bentuk tunggal yang merupakan sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa tes awal. sampel penelitian adalah kelas VII &#x2013; H tahun ajaran 2015-2016. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan penggunaan Geometer&#x2019;s sketchpad dan tes hasil belajar.&#xD; Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, uji regresi linier, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Sehingga menghasilkan persamaan regresi Y = 39,009 + 0,482X artinya berpengaruh secara positif dengan kenaikan 0,482 setiap satuan nilai X. koefisien determinasi (R2) sebesar 0,192 artinya sekitar 19 % kemampuan menggunakan program Geometer&#x2019;s sketchpad mempengaruhi perubahan hasil belajar peserta didik. Maka ada pengaruh kemampuan penggunaan geometer&#x2019;s sketchpad terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan segi empat dan segitiga kelas VII SMP Negeri 1 Cerme</description><date>2016-11-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/1/abstrak%20indo.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/2/BAB%201.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/3/BAB%20II.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/4/BAB%20III.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/5/BAB%20IV.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/6/BAB%20V.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.umg.ac.id/2495/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> ARISANDI, YOGA BAGUS (2016) PENGARUH KEMAMPUAN PENGGUNAAN GEOMETER&#x2019;S SKETCHPAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 1 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik. </identifier><relation>http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&amp;op=read&amp;id=jipptumg--yogabagusa-2148&amp;q=YOGA%20BAGUS%20ARISANDI</relation><recordID>2495</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author ARISANDI, YOGA BAGUS
title PENGARUH KEMAMPUAN PENGGUNAAN GEOMETER’S SKETCHPAD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT DAN SEGITIGA KELAS VII SMP NEGERI 1 CERME
publishDate 2016
topic Mathematic Education
url http://eprints.umg.ac.id/2495/1/abstrak%20indo.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/2/BAB%201.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/4/BAB%20III.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/5/BAB%20IV.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/6/BAB%20V.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/7/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://eprints.umg.ac.id/2495/
http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--yogabagusa-2148&q=YOGA%20BAGUS%20ARISANDI
contents Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pesat saat ini menjadikan pendidikan di indonesia juga harus berkembang. Kemajuan teknologi tidak akan bermanfaat jika tidak diiringi oleh majunya tingkat pendidikan. Proses belajar di sekolah dilakukan saat pembelajaran di kelas oleh guru. Saat ini pembelajaran sudah didukung dengan fasilitas yang modern seperti komputer. Sehingga fasilitas tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan secara maksimal, terutama dalam bidang matematika. Salah satu program komputer sebagai media pembelajaran matematika adalah Geometer’s sketchpad. Program ini memberikan visualisasi geometris untuk memperjelas konsep-konsep tertentu kepada peserta didik. Sehingga program ini memberikan kemudahan bagi peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan peserta didik dalam menggunakan program Geometer’s sketchpad terhadap prestasi belajar peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen tidak murni dengan model studi kasus bentuk tunggal yang merupakan sebuah eksperimen yang dilaksanakan tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tanpa tes awal. sampel penelitian adalah kelas VII – H tahun ajaran 2015-2016. Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes kemampuan penggunaan Geometer’s sketchpad dan tes hasil belajar. Dari data yang terkumpul dan diadakan analisis menggunakan uji normalitas, linieritas, uji regresi linier, uji F, uji t dan koefisien determinasi. Sehingga menghasilkan persamaan regresi Y = 39,009 + 0,482X artinya berpengaruh secara positif dengan kenaikan 0,482 setiap satuan nilai X. koefisien determinasi (R2) sebesar 0,192 artinya sekitar 19 % kemampuan menggunakan program Geometer’s sketchpad mempengaruhi perubahan hasil belajar peserta didik. Maka ada pengaruh kemampuan penggunaan geometer’s sketchpad terhadap hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan segi empat dan segitiga kelas VII SMP Negeri 1 Cerme
id IOS13350.2495
institution Universitas Muhammadiyah Gresik
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptma.onesearch.id
dpr.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
ptki.onesearch.id
institution_id 737
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Gresik
library_id 758
collection Muhammadiyah University of Gresik
repository_id 13350
city GRESIK
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13350
first_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
last_indexed 2020-03-24T07:53:09Z
recordtype dc
merged_child_boolean 1
_version_ 1686664571015659520
score 17.538404