Daftar Isi:
  • Dalam proses belajar peserta didik harus aktif agar proses belajar menjadi lancar, guru hanya sebagai fasilitator pemberi bimbingan dan arahan, maka yang sangat berperan dalam proses belajar adalah aktivitas peserta didik. setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyerap informasi, tingkat emosi dan cara berkomunikasi antara peserta didik dengan guru juga berbeda. Pembelajaran matematika mengunakan metode Pair Check ini dilakukan dengan membentuk tim yang terdiri dari empat peserta didik, dalam satu tim terdapat dua pasangan peserta didik dengan peran yang berbeda yaitu pelatih dan partner. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D MTs Nurl Islam Pongangan yang berjumlah 32 peserta didik. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan lembar pengamatan aktifitas peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil analisis data yang diperoleh, aktifitas peserta didik selama pembelajaran menggunakan metode Pair Check termasuk kategori baik. Hasil belajar peserta didik secara klasikal setelah diterapkan pembelajaran menggunakan metode Pair Check adalah tuntas