PENERAPANMODEL PEMBELAJARAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) BERBASIS EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS GERAK BENDA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Main Author: M. Ismail Sriyanto, Novia Ekasari, Peduk Rintayati,; Universitas Sebelas Maret
Format: Article info eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO) , 2017
Online Access: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgsdsolo/article/view/10499
Daftar Isi:
  • Abstract: The purpose of this research was: to improve the analysis ability of object movementusing model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) based experiment.The research was a classroom action research conducted of two cycles. The data collecting techniques were test, observation, interview, and documentation. The data validity used content validity and triangulation. The subject of this research were the third of SDN Setono 95 Surakarta as many 33 students. The average score of class before action (pre-cycle) is 61, in cycle 1 the average score increase become improves 71,45, and in cycle 2 increase 79,22. Based on the results of the analysis, it could be concluded that: using model Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) based experiment can improve the analysis ability of object movement in 3th grade students of SDN Setono 95 Surakarta in the academic year of 2016/2017. Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menganalisis gerak benda melalui penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen.Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan validitas isi dan triangulasi. Subjek penelitian adalah peserta didik SDN Setono 95 Surakarta yang berjumlah 33 peserta didik. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas pratindakan sebesar61 meningkat menjadi 71,45 pada siklus I dan naik menjadi 79,22 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa: melalui penerapan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) berbasis eksperimen dapat kemampuan menganalisis gerak benda siswa kelas III SDN Setono 95 Surakarta tahun pelajaran 2016/2017.