Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo
Main Author: | Utomo, Degdiyo Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9942/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKUtomoDegdiyoWahyu.2015.PenerapanPrinsipKerjasamaGriceAntaraGurudanSiswadiTamanKanak-kanakDharmaWanitaKotaMadiun.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciprinsipkerjasamatuturanguruPrinsipkerjasamamerupakansaranauntukmenunjukkanpenghargaankepadamitratutur.Kemampuanberbahasaperludimilikiolehgurukarenaberkaitandenganpembentukankaraktersejakusiadini.Pemahamanpenerapandanpembiasaanpenggunaantuturanyangsopanpatutditanamkansemenjakkanak-kanak.UsiaTamanKanak-Kanakyangdimaksudkanadalahanakusia46tahunyangbersekolahdiTamanKanak-Kanak.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentukpemenuhandanpelanggarankesantunanberbahasaguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdenganorientasiteoretispragmatik.DataberupainteraksiantaragurudansiswayangdiperolehdiTamanKanak-kanakDharmaWanitasehinggapenelitianinitermasukpenelitianlapangansebabpenelitiperlumelakukanobservasipartisipanuntukmemperolehdata.Analisisdatadilakukandenganmengidentifikasimengklasifikasimembuatpengkodeandanmengevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwakeempatprinsipkerjasamayaituprinsipkualitasprinsipkuantitasprinsiprelevansidanprinsipcaradipenuhidandilanggarolehguru.Padapelanggaranprinsipkesantunanberbahasaditemukanempatfaktoryangmembuatgurumelanggarprinsipkesantunanyaitupelanggaransecaradiam-diampelanggaranakibatpenuturtidakmaumelaksanakanprinsippelanggaranakibatbenturandanpelanggaransecaraterang-terangan.Dalamberinteraksidengansiswaguruharusmenyesuaikanpadakondisimitratutur.PenggunaanbahasaDaerahkhususnyabahasaJawajugaditemuidalaminteraksisehinggamenimbulkanadanyacampurkodedalampenggunaanbahasa.Gurujugaselaluberusahamenanggapisetiaptuturansiswasehinggapemenuhanprinsiprelevansibanyakditemuidalaminteraksi.Dalaminteraksiantaragurudansiswajugabanyakditemuikekaburanmaknadantopiktuturan.Halinidikarenakanpenuturbanyakmenggunakankatainidanitudalammendeskripsikantopikyangdimaksud.Situasituturjugamempengaruhitopikpembicaraan.Banyaktopikyangbergeserkarenasituasituturyangtidakkondusif.