Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo

Main Author: Utomo, Degdiyo Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9942/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKUtomoDegdiyoWahyu.2015.PenerapanPrinsipKerjasamaGriceAntaraGurudanSiswadiTamanKanak-kanakDharmaWanitaKotaMadiun.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciprinsipkerjasamatuturanguruPrinsipkerjasamamerupakansaranauntukmenunjukkanpenghargaankepadamitratutur.Kemampuanberbahasaperludimilikiolehgurukarenaberkaitandenganpembentukankaraktersejakusiadini.Pemahamanpenerapandanpembiasaanpenggunaantuturanyangsopanpatutditanamkansemenjakkanak-kanak.UsiaTamanKanak-Kanakyangdimaksudkanadalahanakusia46tahunyangbersekolahdiTamanKanak-Kanak.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentukpemenuhandanpelanggarankesantunanberbahasaguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdenganorientasiteoretispragmatik.DataberupainteraksiantaragurudansiswayangdiperolehdiTamanKanak-kanakDharmaWanitasehinggapenelitianinitermasukpenelitianlapangansebabpenelitiperlumelakukanobservasipartisipanuntukmemperolehdata.Analisisdatadilakukandenganmengidentifikasimengklasifikasimembuatpengkodeandanmengevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwakeempatprinsipkerjasamayaituprinsipkualitasprinsipkuantitasprinsiprelevansidanprinsipcaradipenuhidandilanggarolehguru.Padapelanggaranprinsipkesantunanberbahasaditemukanempatfaktoryangmembuatgurumelanggarprinsipkesantunanyaitupelanggaransecaradiam-diampelanggaranakibatpenuturtidakmaumelaksanakanprinsippelanggaranakibatbenturandanpelanggaransecaraterang-terangan.Dalamberinteraksidengansiswaguruharusmenyesuaikanpadakondisimitratutur.PenggunaanbahasaDaerahkhususnyabahasaJawajugaditemuidalaminteraksisehinggamenimbulkanadanyacampurkodedalampenggunaanbahasa.Gurujugaselaluberusahamenanggapisetiaptuturansiswasehinggapemenuhanprinsiprelevansibanyakditemuidalaminteraksi.Dalaminteraksiantaragurudansiswajugabanyakditemuikekaburanmaknadantopiktuturan.Halinidikarenakanpenuturbanyakmenggunakankatainidanitudalammendeskripsikantopikyangdimaksud.Situasituturjugamempengaruhitopikpembicaraan.Banyaktopikyangbergeserkarenasituasituturyangtidakkondusif.