Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo

Main Author: Utomo, Degdiyo Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9942/
ctrlnum 9942
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/9942/</relation><title>Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo</title><creator>Utomo, Degdiyo Wahyu</creator><subject>PIN Indonesian Literature</subject><description>ABSTRAKUtomoDegdiyoWahyu.2015.PenerapanPrinsipKerjasamaGriceAntaraGurudanSiswadiTamanKanak-kanakDharmaWanitaKotaMadiun.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciprinsipkerjasamatuturanguruPrinsipkerjasamamerupakansaranauntukmenunjukkanpenghargaankepadamitratutur.Kemampuanberbahasaperludimilikiolehgurukarenaberkaitandenganpembentukankaraktersejakusiadini.Pemahamanpenerapandanpembiasaanpenggunaantuturanyangsopanpatutditanamkansemenjakkanak-kanak.UsiaTamanKanak-Kanakyangdimaksudkanadalahanakusia46tahunyangbersekolahdiTamanKanak-Kanak.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentukpemenuhandanpelanggarankesantunanberbahasaguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdenganorientasiteoretispragmatik.DataberupainteraksiantaragurudansiswayangdiperolehdiTamanKanak-kanakDharmaWanitasehinggapenelitianinitermasukpenelitianlapangansebabpenelitiperlumelakukanobservasipartisipanuntukmemperolehdata.Analisisdatadilakukandenganmengidentifikasimengklasifikasimembuatpengkodeandanmengevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwakeempatprinsipkerjasamayaituprinsipkualitasprinsipkuantitasprinsiprelevansidanprinsipcaradipenuhidandilanggarolehguru.Padapelanggaranprinsipkesantunanberbahasaditemukanempatfaktoryangmembuatgurumelanggarprinsipkesantunanyaitupelanggaransecaradiam-diampelanggaranakibatpenuturtidakmaumelaksanakanprinsippelanggaranakibatbenturandanpelanggaransecaraterang-terangan.Dalamberinteraksidengansiswaguruharusmenyesuaikanpadakondisimitratutur.PenggunaanbahasaDaerahkhususnyabahasaJawajugaditemuidalaminteraksisehinggamenimbulkanadanyacampurkodedalampenggunaanbahasa.Gurujugaselaluberusahamenanggapisetiaptuturansiswasehinggapemenuhanprinsiprelevansibanyakditemuidalaminteraksi.Dalaminteraksiantaragurudansiswajugabanyakditemuikekaburanmaknadantopiktuturan.Halinidikarenakanpenuturbanyakmenggunakankatainidanitudalammendeskripsikantopikyangdimaksud.Situasituturjugamempengaruhitopikpembicaraan.Banyaktopikyangbergeserkarenasituasituturyangtidakkondusif.</description><date>2018-01-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Utomo, Degdiyo Wahyu (2018) Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>9942</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Utomo, Degdiyo Wahyu
title Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo
publishDate 2018
topic PIN Indonesian Literature
url http://repository.um.ac.id/9942/
contents ABSTRAKUtomoDegdiyoWahyu.2015.PenerapanPrinsipKerjasamaGriceAntaraGurudanSiswadiTamanKanak-kanakDharmaWanitaKotaMadiun.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciprinsipkerjasamatuturanguruPrinsipkerjasamamerupakansaranauntukmenunjukkanpenghargaankepadamitratutur.Kemampuanberbahasaperludimilikiolehgurukarenaberkaitandenganpembentukankaraktersejakusiadini.Pemahamanpenerapandanpembiasaanpenggunaantuturanyangsopanpatutditanamkansemenjakkanak-kanak.UsiaTamanKanak-Kanakyangdimaksudkanadalahanakusia46tahunyangbersekolahdiTamanKanak-Kanak.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentukpemenuhandanpelanggarankesantunanberbahasaguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdenganorientasiteoretispragmatik.DataberupainteraksiantaragurudansiswayangdiperolehdiTamanKanak-kanakDharmaWanitasehinggapenelitianinitermasukpenelitianlapangansebabpenelitiperlumelakukanobservasipartisipanuntukmemperolehdata.Analisisdatadilakukandenganmengidentifikasimengklasifikasimembuatpengkodeandanmengevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwakeempatprinsipkerjasamayaituprinsipkualitasprinsipkuantitasprinsiprelevansidanprinsipcaradipenuhidandilanggarolehguru.Padapelanggaranprinsipkesantunanberbahasaditemukanempatfaktoryangmembuatgurumelanggarprinsipkesantunanyaitupelanggaransecaradiam-diampelanggaranakibatpenuturtidakmaumelaksanakanprinsippelanggaranakibatbenturandanpelanggaransecaraterang-terangan.Dalamberinteraksidengansiswaguruharusmenyesuaikanpadakondisimitratutur.PenggunaanbahasaDaerahkhususnyabahasaJawajugaditemuidalaminteraksisehinggamenimbulkanadanyacampurkodedalampenggunaanbahasa.Gurujugaselaluberusahamenanggapisetiaptuturansiswasehinggapemenuhanprinsiprelevansibanyakditemuidalaminteraksi.Dalaminteraksiantaragurudansiswajugabanyakditemuikekaburanmaknadantopiktuturan.Halinidikarenakanpenuturbanyakmenggunakankatainidanitudalammendeskripsikantopikyangdimaksud.Situasituturjugamempengaruhitopikpembicaraan.Banyaktopikyangbergeserkarenasituasituturyangtidakkondusif.
id IOS13003.9942
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T03:11:07Z
last_indexed 2021-11-04T07:07:33Z
recordtype dc
_version_ 1752723116161761280
score 17.538404