Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo
Main Author: | Utomo, Degdiyo Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/9942/ |
ctrlnum |
9942 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/9942/</relation><title>Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo</title><creator>Utomo, Degdiyo Wahyu</creator><subject>PIN Indonesian Literature</subject><description>ABSTRAKUtomoDegdiyoWahyu.2015.PenerapanPrinsipKerjasamaGriceAntaraGurudanSiswadiTamanKanak-kanakDharmaWanitaKotaMadiun.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciprinsipkerjasamatuturanguruPrinsipkerjasamamerupakansaranauntukmenunjukkanpenghargaankepadamitratutur.Kemampuanberbahasaperludimilikiolehgurukarenaberkaitandenganpembentukankaraktersejakusiadini.Pemahamanpenerapandanpembiasaanpenggunaantuturanyangsopanpatutditanamkansemenjakkanak-kanak.UsiaTamanKanak-Kanakyangdimaksudkanadalahanakusia46tahunyangbersekolahdiTamanKanak-Kanak.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentukpemenuhandanpelanggarankesantunanberbahasaguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdenganorientasiteoretispragmatik.DataberupainteraksiantaragurudansiswayangdiperolehdiTamanKanak-kanakDharmaWanitasehinggapenelitianinitermasukpenelitianlapangansebabpenelitiperlumelakukanobservasipartisipanuntukmemperolehdata.Analisisdatadilakukandenganmengidentifikasimengklasifikasimembuatpengkodeandanmengevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwakeempatprinsipkerjasamayaituprinsipkualitasprinsipkuantitasprinsiprelevansidanprinsipcaradipenuhidandilanggarolehguru.Padapelanggaranprinsipkesantunanberbahasaditemukanempatfaktoryangmembuatgurumelanggarprinsipkesantunanyaitupelanggaransecaradiam-diampelanggaranakibatpenuturtidakmaumelaksanakanprinsippelanggaranakibatbenturandanpelanggaransecaraterang-terangan.Dalamberinteraksidengansiswaguruharusmenyesuaikanpadakondisimitratutur.PenggunaanbahasaDaerahkhususnyabahasaJawajugaditemuidalaminteraksisehinggamenimbulkanadanyacampurkodedalampenggunaanbahasa.Gurujugaselaluberusahamenanggapisetiaptuturansiswasehinggapemenuhanprinsiprelevansibanyakditemuidalaminteraksi.Dalaminteraksiantaragurudansiswajugabanyakditemuikekaburanmaknadantopiktuturan.Halinidikarenakanpenuturbanyakmenggunakankatainidanitudalammendeskripsikantopikyangdimaksud.Situasituturjugamempengaruhitopikpembicaraan.Banyaktopikyangbergeserkarenasituasituturyangtidakkondusif.</description><date>2018-01-10</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Utomo, Degdiyo Wahyu (2018) Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>9942</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Utomo, Degdiyo Wahyu |
title |
Penerapan prinsip kerja sama grice dalam interaksi antara guru dan siswa di taman Kanak-kanak Dharma Wanita Madiun / Degdiyo Wahyu Utomo |
publishDate |
2018 |
topic |
PIN Indonesian Literature |
url |
http://repository.um.ac.id/9942/ |
contents |
ABSTRAKUtomoDegdiyoWahyu.2015.PenerapanPrinsipKerjasamaGriceAntaraGurudanSiswadiTamanKanak-kanakDharmaWanitaKotaMadiun.SkripsiJurusanPendidikanBahasaSastraIndonesiadanDaerahFakultasSastraUniversitasNegeriMalang.PembimbingDr.RoekhanM.Pd.KataKunciprinsipkerjasamatuturanguruPrinsipkerjasamamerupakansaranauntukmenunjukkanpenghargaankepadamitratutur.Kemampuanberbahasaperludimilikiolehgurukarenaberkaitandenganpembentukankaraktersejakusiadini.Pemahamanpenerapandanpembiasaanpenggunaantuturanyangsopanpatutditanamkansemenjakkanak-kanak.UsiaTamanKanak-Kanakyangdimaksudkanadalahanakusia46tahunyangbersekolahdiTamanKanak-Kanak.Olehsebabitupenelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanbentukpemenuhandanpelanggarankesantunanberbahasaguru.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatifdenganorientasiteoretispragmatik.DataberupainteraksiantaragurudansiswayangdiperolehdiTamanKanak-kanakDharmaWanitasehinggapenelitianinitermasukpenelitianlapangansebabpenelitiperlumelakukanobservasipartisipanuntukmemperolehdata.Analisisdatadilakukandenganmengidentifikasimengklasifikasimembuatpengkodeandanmengevaluasidata.Berdasarkananalisisdatadiperolehhasilpenelitianbahwakeempatprinsipkerjasamayaituprinsipkualitasprinsipkuantitasprinsiprelevansidanprinsipcaradipenuhidandilanggarolehguru.Padapelanggaranprinsipkesantunanberbahasaditemukanempatfaktoryangmembuatgurumelanggarprinsipkesantunanyaitupelanggaransecaradiam-diampelanggaranakibatpenuturtidakmaumelaksanakanprinsippelanggaranakibatbenturandanpelanggaransecaraterang-terangan.Dalamberinteraksidengansiswaguruharusmenyesuaikanpadakondisimitratutur.PenggunaanbahasaDaerahkhususnyabahasaJawajugaditemuidalaminteraksisehinggamenimbulkanadanyacampurkodedalampenggunaanbahasa.Gurujugaselaluberusahamenanggapisetiaptuturansiswasehinggapemenuhanprinsiprelevansibanyakditemuidalaminteraksi.Dalaminteraksiantaragurudansiswajugabanyakditemuikekaburanmaknadantopiktuturan.Halinidikarenakanpenuturbanyakmenggunakankatainidanitudalammendeskripsikantopikyangdimaksud.Situasituturjugamempengaruhitopikpembicaraan.Banyaktopikyangbergeserkarenasituasituturyangtidakkondusif. |
id |
IOS13003.9942 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T03:11:07Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:07:33Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752723116161761280 |
score |
17.538404 |