Pengaruh discount price terhadap minat beli melalui consumer's perceived risk pada program flash sale di Shopee / Eko Bayu Prasetyo
Main Author: | Prasetyo, Eko Bayu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/97103/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPrasetyoE.B.2019.PengaruhDiscountPriceTerhadapMinatBeliPadaProgramFlashSaleDiShopee.SkripsiJurusanManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeriMalangPembimbingDr.SopiahM.pdM.M.KataKunciDiscountPriceConsumersPerceivedRiskMinatBeliMinatpembelianmerupakankecenderungankonsumenuntukmembelisuatumerekataumengambiltindakanyangberhubungandenganpembelianyangdiukurdengantingkatkemungkinankonsumenmelakukanpembelian.Banyakfaktoryangmempengaruhikonsumenuntukmelakukanpembelian.Discountpricedanconsumersperceivedriskmenjadisalahsatufaktoryangdapatmempengaruhiminatatautidaknyakonsumenuntukmelakukanpembelian.Dengandemikianmakadiperlukanpembahasanmengenaifaktordiscountpricedanconsumersperceivedriskyangdapatmempengaruhiminatbelipadakonsumentersebut.HaltersebutjugadilakukanolehShopeeyangberusahamenarikminatbelikonsumendengandiskonyangditawarkannamuntidakmemunculkanrisikoyangdipersepsikandibenakkonsumen.Tujuanpenelitianiniuntukmenjelaskan(1)KondisideskriptifdiscountpriceconsumersperceivedrisksertaminatbelipadaprogramflashsalediShopee(2)Pengaruhlangsungdiscountpriceterhadapconsumersperceivedrisk(3)Pengaruhlangsungdantidaklangsungdiscountpriceterhadapminatbelidan(4)pengaruhlangsungconsumersperceivedriskterhadapminatbeli.Penelitianinimenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancanganpenelitiandeskriptifdaneksplanatoryresearch.PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhpenggunasitusbelanjaonlineShopeeyangmengetahuiprogramflashsalediShopeedanmemilikiniatuntukmelakukanpembelian.Jumlahsampelyangdigunakansebesar250respondenberdasarkanrumusDanielTerrel.Penentuansampelyangdigunakanadalahincidentalsampling.Analisisdatayangdigunakanyaituanalisisstatistikdeskriptifdananalisisjalur(path).Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa(1)KondisidiscountpricesangatmenarikConsumersperceivedrisktidakbaikdanminatbelidalamkategoriberminatpadaprogramflashsalediShopee(2)Discountpriceberpengaruhpositifterhadapconsumersperceivedrisk(3)Discountpriceberpengaruhpositifsecaralangsungsertaberpengaruhnegatifsecaratidaklangsungterhadapminatbelidan(4)Consumersperceivedriskberpengaruhnegatifterhadapminatbeli.Pihakshopeesebaiknyaberusahamembenahikualitasprogramflashsaleyangselamainitelahdilakukan.Programtersebutharusmampudijauhkandariproduk-produkyangpalsuyangmanadisiniShopeeharuscermatdalammenyeleksisetipapenjualyangakabbergabungpadaprogramflashsale.Halinidilakukanuntukmenjaminapayangdiharapkanolehkonsumen.Sehinggatidakterulangkembalikejadiandimanakonsumenmenerimaprodukyangtidaksesuaidengandeskripsiprodukyangdipesan.DengandemikiankonsumenakanpercayadantidaktakutuntukberbelanjaonlinepadaprogramflashsalediShopee.