Pengaruh penggunaan strategi pemodelan terhadap kemampuan membacakan teks berita siswa kelas VIII SMPN 4 Malang / Allen Septya Jashinta

Main Author: Jashinta, Allen Septya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9418/
Daftar Isi:
  • JashintaAllenSeptya.2014.PengaruhStrategiPemodelanterhadapKemampuanMembacakanTeksBeritaSiswaKelasVIIISMPNegeri4Malang.SkripsiJurusanSastraIndonesiaFSUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.DawudM.Pd.(2)DewiPusposariS.Pd.M.Pd.KatakuncistrategipemodelankemampuanmembacateksberitaPadakurikulumtingkatSMPkelasVIIIterdapatkompetensidasarmembacakanteksberita.Adatigaaspekyangharusdikuasisiswadalammembacakanteksberitayaituintonasiartikulasidanvolume.Faktadilapanganmenunjukkanbahwasiswabelummampumencapaikompetensitersebutsecaraoptimalsehinggadiperlukansebuahstrategipembelajaranyangmampumengoptimalkankompetensisiswadalammembacakanteksberita.Olehkarenaitupadapenelitianinidiujicobakanstategipemodelanuntukmembantusiswamengoptimalkankemampuanmerekadenganmemperhatikandanmemahamiaspekmembacakanteksberitasehinggamerekamampumembacakanteksberitadenganbenar.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk(1)mengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapaspekintonasimembacakanteksberitasiswa(2)mengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapaspekartikulasimembacakanteksberitasiswa(3)mengetahuiadanyapengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapaspekvolumemembacakanteksberitasiswa.Penelitianinimenggunakanrancangankuasieksperimen.PopulasipenelitianiniadalahsiswakelasVIIISMPNegeri4MalangsedangkansampelpenelitianiniadalahsiswakelasVIII-DsebagaikelaskontroldankelasVIII-Bsebagaikelaseksperimen.Kelaseksperimendiberikanperlakuandenganmenggunakanstrategipemodelansedangkankelaskontrolmenggunakanstrategikonvensional.Instrumenuntukpengambilandataadalahperintahdanpetunjuktesperformansialatperekamdanrubrikpenilaian.Denganinstrumentersebutdiperolehdatapenelitiannilaikemampuanmembacakanteksberitasiswadariaspekintonasiartikulasidanvolumepadakelompokeksperimendankelompokkontrol.Hasilpenelitiantentangpengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapkemampuanmembacakanteksberitamenunjukkanbahwanilaikemampuanmembacakanteksberitakelaseksperimenlebihtinggidibandingkandengankelaskontrol.Berdasarkanhasilanalisisujibedapostesmembacakanteksberitaaspekintonasidiketahuip0008(p001).Hasiltersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanskorintonasikelompokkontroldaneksperimen.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapkemampuanmembacakanteksberitaberdasarkanaspekintonasi.Jadipenggunaanstrategipemodelandapatmeningkatkankemampuanmembacakanteksberitadariaspekintonasi.Hasilanalisisujibedapostespostesmembacakanteksberitaaspekartikulasidiketahuip0003(p001).Hasiltersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanskorintonasikelompokkontroldaneksperimen.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapkemampuanmembacakanteksberitaberdasarkanaspekartikulasi.Jadipenggunaanstrategipemodelandapatmeningkatkankemampuanmembacakanteksberitadariaspekartikulasi.Hasilanalisisujibedapostespostesmembacakanteksberitaaspekvolumediketahuip0001(p001).Hasiltersebutmenunjukkanbahwaterdapatperbedaanskorintonasikelompokkontroldaneksperimen.Dengandemikiandapatdisimpulkanbahwaadapengaruhpenggunaanstrategipemodelanterhadapkemampuanmembacakanteksberitaberdasarkanaspekvolume.Jadipenggunaanstrategipemodelandapatmeningkatkankemampuanmembacakanteksberitadariaspekvolume.Saranyangdiajukanpenelitiberdasarkanhasilpenelitianadalah(1)hendaknyagurumenerapkanstrategipemodelanpadapembelajaranmembacakanteksberitakarenastrategipemodelanmampumeningkatkankemampuansiswadanmendorongsiswauntukmemperhatikanaspek-aspekmembacakanteksberita(2)bagipenelitilaindisarankanuntukpengembangkanstrategilainuntukmeningkatkanaspeknadakalimatdanpenggunaanbunyipenyelamembacakanteksberitapadasiswa.