Peningkatan pembelajaran berpidato dengan metode pemodelan di kelas IX-A Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Kanigoro Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang / Sugiono

Main Author: Sugiono
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/9263/
Daftar Isi:
  • KataKunciPTKPembelajaranBerpidatoMetodePemodelanMTs.Penelitianinibertujuanmeningkatkan(1)prosespembelajaranberpidatodenganmetodepemodelandikelasIX-AMTsMiftahulUlumKanigoroPagelarandan(2)hasilpembelajaranberpidatodenganmetodepemodelandikelasIX-AMTsMiftahulUlumKanigoroPagelaran.Datapenelitianiniberupadatakuantitatifdandatakualitatif.DatakuantitatifdiperolehdarihasilpembelajaranpratindakandanhasiltindakansiklusIdansiklusIIyaituskorperformansipidatodenganpola3in1sedangkandatakualitatifdiperolehdariprosespembelajaranpratindakansiklusIdansiklusII.SumberDatadiperolehdariprosesdanhasilpembelajaranberpidatodenganmetodepemodelandikelasIX-AMTsMiftahulUlumKanigoroPagelaranTahunPelajaran2011/2012.BentukpenelitianiniadalahPenelitianTindakanKelas(PTK).Adaempattahapandalampenelitianiniyaitu(1)perencanaan(2)tindakan(3)observasidan(4)refleksisedangkanpenerapanmetodepemodelandilaksanakandalamsiklusIdansiklusIIdikelasIX-AMTsMiftahulUlumKanigoroPagelaranmelaluitigatahapyaitu(1)tahapmendengarkanmodelberpidato(2)tahapmenganalisismodelberpidatodan(3)tahaplatihanberpidato.HasilpembelajaranberpidatodenganmetodepemodelandikelasIX-AMTsMiftahulUlumKanigoroPagelarandikemukakanmulaidaripratindakansiklusIdansiklusIIberbentuk(a)prosespembelajaranberpidatodenganmetodepemodelanmulaipratindakansiklusIdansiklusIIdan(b)hasilpembelajaranberpidatodenganmetodepemodelanmulaipratindakansiklusIdansiklusII.Prosespembelajaranberpidatopadaindikatorkeaktifankeantusiasandankeberaniantampil100%padasiklusI.Halinidimungkinkanadanyaberpidatodenganpola3in1yangditerapkantetapiaspekkeaktifankeantusiasandankeberaniantampilsiklusIImenjadi871%.Halinidimungkinkanpolaberpidatosecaraindividualyangditerapkanolehpeneliti.Jadisiswamemilikikeberaniantampilberpidatodidepankelasapabiladilakukansecaraberkelompokdansiswakurangmemilikikeberaniantampilberpidatodidepankelasapabilaberpidatosecaraindividual.KeberhasilanprosespembelajaranberpidatomulaidaripratindakankesiklusIsampaidengansiklusIIpadaindikatorkeantusiasankeaktifandankeberaniantampildiperolehrata-rata975%pratindakan100%siklusIdan871%siklusII.ProsespembelajaranberpidatomulaidaripratindakankesiklusImengalamipeningkatansedangkanprosespembelajaransiklusIkesiklusIImengalamipenurunan.HalinidimungkinkanadanyapenerapanperformansiberpidatoyangberbedayaitusiklusImenggunakanpola3in1dansiklusIImenggunakanpolaindividual.SecarakualitatifprosespembelajaranberpidatosiklusImeningkatdibandingkanpratindakantetapisiklusIImengalamipenurunan.SecarakualitatifpulaprosespembelajaranberpidatosiklusImasihditemukankelemahanyaitu(a)siswakurangmemilikikreativitasdalammembukadanmenutuppidato(b)siswamasihmencontohmodelpidatodan(c)penyampaianintipidatobelumruntut.PolakesalahanpadasiklusIdijadikandasarmengubahtindakanpadasiklusIIyaitudenganmemberikantugaspadasiswauntukmemvariasikancaramembukadanmenutuppidatodanmenyampaikanintipidatosecararuntut.PolakesalahanpadasiklusItentangcaramembukadanmenutuppidatokurangbervariasisertapenyampaianintibelumsistematisternyatadapatdiatasipadasiklusII.JadisecarakualitatifpembelajaranberpidatodenganmetodepemodelansiklusIImengalamipeningkatanyaitu(a)adanyavariasicaramembukadanmenutuppidato(b)intipidatodisampaikansecararuntut(c)keberaniantampilberpidatosecaraindividudidepankelasmencapai871%.HasilberupaskorpembelajaranberpidatomulaidaripratindakansampaidengansiklusIImengalamipeningkatan.Peningkatanhasilpembelajaranberpidatodenganmetodepemodelan.Hasilpembelajaranberpidatopada(a)indikatorketepatanintonasi25%pratindakanmenjadi743%siklusIdanmenjadi794%siklusII(b)indikatorketepatanartikulasi333%pratindakanmenjadi615%siklusIdanmenjadi717%siklusII(c)indikatorkejelasanvolumesuara589%pratindakanmenjadi589%siklusIdanmenjadi692%siklusII.BesarnyaprosenstasepeningkatanpembelajaranberpidatodaripratindakankesiklusIyaitu(a)indikatorketepatanintonasimeningkatsebesar718%(b)indikatorketepatanartikulasimeningkatsebesar282%dan(c)indikatorkejelasanvolumesuarameningkatsebesar0%.DanbesarnyaprosentasepeningkatanpembelajaranberpidatodarisiklusIkesiklusIIyaitu(a)indikatorketepatanintonasimeningkatsebesar51%(b)indikatorketepatanartikulasimeningkatsebesar99%dan(c)indikatorkejelasanvolumesuarameningkatsebesar103%.HalyangbelumberhasildiatasipadapenelitianiniadalahefisiensiwaktusampaisiklusIIkekuranganwaktusekitar30menit.Dengankatalainpenggunaanmetodepemodelandalampembelajaranberpidatoternyatamembutuhkanwaktuyanglebihpanjangdaripadaalokasiyangdisediakan.