Perbedaan kreativitas dan minat belajar PDE akibat pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dibandingkan model pembelajaran (LAPS)-Heuristic berbantuan media autoplay pada siswa kelas X TPTL SMK PGRI 3 Malang / Achmad Fahmi Hidayat
Main Author: | Hidayat, Achmad Fahmi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2020
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/85433/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFahmiHidayatAchmad.2019.PerbedaanKreativitasDanMinatBelajarPDEAkibatPengaruhPenerapanModelPembelajaranProbingPromptingDibandingkanModelPembelajaran(Laps)-HeuristicBerbantuanMediaAutoplayPadaSiswaKelasXTPTLSMKPGRI3Malang.Skripsi.S1PendidikanTeknikElektro.JurusanTeknikElektro.FakultasTeknik.UniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.YuniRahmawatiS.T.M.T.(2)Drs.HariPutrantoM.Pd.KataKunciKreativitasBelajarMinatBelajarModelpembelajaranProbingPromtingLoganAvenueProblemSolving(LAPS)-HeuristicMediaAutoPlayPekerjaanDasarElektromekanikSMKPGRI3Malang.Modelpembelajaranmerupakanprosedursistematisyangdigunakanolehseorangguruuntukmelakukankegiatanpembelajarandikelas.Strategimodelpembelajaranyangtepatdalamkegiatanpembelajaranakanmenunjangkeberhasilansiswadalambelajar.MelaluimodelpembelajaranProbingPromtingdanLAPS-HeuristicberbantuanMediaAutoPlayinidiharapkandapatmeningkatkankreativitasdanminatbelajarsiswaterutamapadaMataPelajaranPekerjaanDasarElektromekaniksiswaTPTLdiSMKPGRI3Malang.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganrancanganquasieksperimentaldesign(eksperimensemu)denganpolaNonequivalentControlGroupDesign.SubjekpenelitianiniadalahsiswakelasPBAberjumlah34siswadiberiperlakukanmodelProbingPromtingberbantuanMediaAutoPlaydankelasXPBCberjumlah34siswadiberiperlakukanLAPS-HeuristicberbantuanMediaAutoPlay.HasilUji-tpadapenelitianinimenunjukkanbahwapadaujihipotesismengenaiperbedaankreativitasbelajarmemilikinilaisignifikansi0015danpadaujihipotesismengenaiperbedaanminatbelajarmemilikinilaisignifikansi0121.Ujihipotesisyangpertamamemilikinilaisignifikansilebihkecildari005yangartinyabahwaterdapatperbedaankreativitasbelajarsiswapadakelaseksperimen1daneksperimen2sedangkanujihipotesiskeduamemilikinilaisignifikansilebihbesardari005yangartinyabahwatidakterdapatperbedaanminatbelajarsiswapadakelaseksperimen1daneksperimen2.Hasilpenelitianjugadapatdilihatpadabeberapaaspekberikut(1)nlairata-ratakelaseksperimen1memilikinilaiyanglebihtinggidibandingkankelaseksperimen2dan(2)pembelajarankelaseksperimen1memilikiketuntasanpembelajaranlebihtinggidibandingkankelaseksperimen2.KesimpulandaripenelitianadalahpembelajaranmenggunakanmodelProbingPromtingberbantuanMediaAutoPlayberpengaruhlebihdalammeningkatkankreativitasdanminatbelajarsiswadaripadadenganmodelLAPS-HeuristicberbantuanMediaAutoPlay.