Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri
Main Author: | Eri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6413/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKEri.2016.PenerapanPendekatanKeterampilanProsesuntukMeningkatkanKemampuanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVdiSDNSawojajarVIKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS-1PendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I).Dr.IMadeSuardanaS.PdM.Pd(II).Drs.SyaifulImamM.Pd.KataKuncipendekatanketerampilanproseskemampuanmenuliskarangannarasi.Menulismerupakansalahsatuaspekyangpentinguntukdikuasaiolehsiswakarenasebagaiaspekberpikirdanpendidikan.Sehinggamenutupkemungkinanpenggalakanpembelajaranmenulistelahdilakukansedinimungkin.Terdapatlimatahapandalammenulisyaitupramenulismenulisrevisieditingdanpublishing.Dalamtahapantersebutterdapatserangkaianprosesberupakegiatanyangharusdilakukansiswauntukmemperolehhasilyangoptimal.Prosestersebutmeliputikegiatanmengamatimengklasifikasi/menggolongkanmenafsirkan/menginterpretasimeramalkan/memprediksimenerapkanmerencanakanpenelitiandanmengkomunikasikan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanmenulissiswasebelummenggunakanpendekatanketerampilanproses(2)mendeskripsikankemampuanmenulissiswadenganmenggunakanpendekatanketerampilanproses(3)mendeskripsikanbagaimanapenerapanpendekatanketerampilanprosesterhadapkemampuanmenulissiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganrancangantindakankelas.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVSDNSawojajarVIKotaMalangyangberjumlah25siswa14siswaperempuan11siswalaki-lakidansemuanyaditelitisehinggadisebutsampeltotal.Datadikumpulkanmenggunakantestulisuntukmengungkaphasilkemampuanmenuliskarangan.Berdasarkantemuanhasilpenelitiandikemukakansaransebagaiberikutyaitu(1)hasilkemampuanmenulissebelumdilakukantindakandikelasVmencapainilairata-rata5863.LaludilakukantindakanpadasiklusIkemampuanmenulisdengannilairata-rata6752.KemudiandisiklusIIpeningkatanprosesdanhasilkemampuanmenuliskarangannarasisiswameningkatdengannilairata-rata7990.AdakemajuandaritindakansiklusIIyangsignifikan(2)Guruperlumerencanakan/merancangpembelajaransebaikmungkindanmatang.Intipembelajaraninimenuntutsiswamengerjakantugassecaratersruktursehinggaakannampakdenganjelasaktivitassiswayangmenunjukkanadanyaproses.