Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri
Main Author: | Eri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/6413/ |
ctrlnum |
6413 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/6413/</relation><title>Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri</title><creator>Eri</creator><description>ABSTRAKEri.2016.PenerapanPendekatanKeterampilanProsesuntukMeningkatkanKemampuanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVdiSDNSawojajarVIKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS-1PendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I).Dr.IMadeSuardanaS.PdM.Pd(II).Drs.SyaifulImamM.Pd.KataKuncipendekatanketerampilanproseskemampuanmenuliskarangannarasi.Menulismerupakansalahsatuaspekyangpentinguntukdikuasaiolehsiswakarenasebagaiaspekberpikirdanpendidikan.Sehinggamenutupkemungkinanpenggalakanpembelajaranmenulistelahdilakukansedinimungkin.Terdapatlimatahapandalammenulisyaitupramenulismenulisrevisieditingdanpublishing.Dalamtahapantersebutterdapatserangkaianprosesberupakegiatanyangharusdilakukansiswauntukmemperolehhasilyangoptimal.Prosestersebutmeliputikegiatanmengamatimengklasifikasi/menggolongkanmenafsirkan/menginterpretasimeramalkan/memprediksimenerapkanmerencanakanpenelitiandanmengkomunikasikan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanmenulissiswasebelummenggunakanpendekatanketerampilanproses(2)mendeskripsikankemampuanmenulissiswadenganmenggunakanpendekatanketerampilanproses(3)mendeskripsikanbagaimanapenerapanpendekatanketerampilanprosesterhadapkemampuanmenulissiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganrancangantindakankelas.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVSDNSawojajarVIKotaMalangyangberjumlah25siswa14siswaperempuan11siswalaki-lakidansemuanyaditelitisehinggadisebutsampeltotal.Datadikumpulkanmenggunakantestulisuntukmengungkaphasilkemampuanmenuliskarangan.Berdasarkantemuanhasilpenelitiandikemukakansaransebagaiberikutyaitu(1)hasilkemampuanmenulissebelumdilakukantindakandikelasVmencapainilairata-rata5863.LaludilakukantindakanpadasiklusIkemampuanmenulisdengannilairata-rata6752.KemudiandisiklusIIpeningkatanprosesdanhasilkemampuanmenuliskarangannarasisiswameningkatdengannilairata-rata7990.AdakemajuandaritindakansiklusIIyangsignifikan(2)Guruperlumerencanakan/merancangpembelajaransebaikmungkindanmatang.Intipembelajaraninimenuntutsiswamengerjakantugassecaratersruktursehinggaakannampakdenganjelasaktivitassiswayangmenunjukkanadanyaproses.</description><date>2016-09-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Eri (2016) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>6413</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Eri |
title |
Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri |
publishDate |
2016 |
url |
http://repository.um.ac.id/6413/ |
contents |
ABSTRAKEri.2016.PenerapanPendekatanKeterampilanProsesuntukMeningkatkanKemampuanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVdiSDNSawojajarVIKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS-1PendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I).Dr.IMadeSuardanaS.PdM.Pd(II).Drs.SyaifulImamM.Pd.KataKuncipendekatanketerampilanproseskemampuanmenuliskarangannarasi.Menulismerupakansalahsatuaspekyangpentinguntukdikuasaiolehsiswakarenasebagaiaspekberpikirdanpendidikan.Sehinggamenutupkemungkinanpenggalakanpembelajaranmenulistelahdilakukansedinimungkin.Terdapatlimatahapandalammenulisyaitupramenulismenulisrevisieditingdanpublishing.Dalamtahapantersebutterdapatserangkaianprosesberupakegiatanyangharusdilakukansiswauntukmemperolehhasilyangoptimal.Prosestersebutmeliputikegiatanmengamatimengklasifikasi/menggolongkanmenafsirkan/menginterpretasimeramalkan/memprediksimenerapkanmerencanakanpenelitiandanmengkomunikasikan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanmenulissiswasebelummenggunakanpendekatanketerampilanproses(2)mendeskripsikankemampuanmenulissiswadenganmenggunakanpendekatanketerampilanproses(3)mendeskripsikanbagaimanapenerapanpendekatanketerampilanprosesterhadapkemampuanmenulissiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganrancangantindakankelas.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVSDNSawojajarVIKotaMalangyangberjumlah25siswa14siswaperempuan11siswalaki-lakidansemuanyaditelitisehinggadisebutsampeltotal.Datadikumpulkanmenggunakantestulisuntukmengungkaphasilkemampuanmenuliskarangan.Berdasarkantemuanhasilpenelitiandikemukakansaransebagaiberikutyaitu(1)hasilkemampuanmenulissebelumdilakukantindakandikelasVmencapainilairata-rata5863.LaludilakukantindakanpadasiklusIkemampuanmenulisdengannilairata-rata6752.KemudiandisiklusIIpeningkatanprosesdanhasilkemampuanmenuliskarangannarasisiswameningkatdengannilairata-rata7990.AdakemajuandaritindakansiklusIIyangsignifikan(2)Guruperlumerencanakan/merancangpembelajaransebaikmungkindanmatang.Intipembelajaraninimenuntutsiswamengerjakantugassecaratersruktursehinggaakannampakdenganjelasaktivitassiswayangmenunjukkanadanyaproses. |
id |
IOS13003.6413 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T03:10:24Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:07:10Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752723125756231680 |
score |
17.538404 |