Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri

Main Author: Eri
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Online Access: http://repository.um.ac.id/6413/
ctrlnum 6413
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/6413/</relation><title>Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri</title><creator>Eri</creator><description>ABSTRAKEri.2016.PenerapanPendekatanKeterampilanProsesuntukMeningkatkanKemampuanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVdiSDNSawojajarVIKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS-1PendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I).Dr.IMadeSuardanaS.PdM.Pd(II).Drs.SyaifulImamM.Pd.KataKuncipendekatanketerampilanproseskemampuanmenuliskarangannarasi.Menulismerupakansalahsatuaspekyangpentinguntukdikuasaiolehsiswakarenasebagaiaspekberpikirdanpendidikan.Sehinggamenutupkemungkinanpenggalakanpembelajaranmenulistelahdilakukansedinimungkin.Terdapatlimatahapandalammenulisyaitupramenulismenulisrevisieditingdanpublishing.Dalamtahapantersebutterdapatserangkaianprosesberupakegiatanyangharusdilakukansiswauntukmemperolehhasilyangoptimal.Prosestersebutmeliputikegiatanmengamatimengklasifikasi/menggolongkanmenafsirkan/menginterpretasimeramalkan/memprediksimenerapkanmerencanakanpenelitiandanmengkomunikasikan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanmenulissiswasebelummenggunakanpendekatanketerampilanproses(2)mendeskripsikankemampuanmenulissiswadenganmenggunakanpendekatanketerampilanproses(3)mendeskripsikanbagaimanapenerapanpendekatanketerampilanprosesterhadapkemampuanmenulissiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganrancangantindakankelas.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVSDNSawojajarVIKotaMalangyangberjumlah25siswa14siswaperempuan11siswalaki-lakidansemuanyaditelitisehinggadisebutsampeltotal.Datadikumpulkanmenggunakantestulisuntukmengungkaphasilkemampuanmenuliskarangan.Berdasarkantemuanhasilpenelitiandikemukakansaransebagaiberikutyaitu(1)hasilkemampuanmenulissebelumdilakukantindakandikelasVmencapainilairata-rata5863.LaludilakukantindakanpadasiklusIkemampuanmenulisdengannilairata-rata6752.KemudiandisiklusIIpeningkatanprosesdanhasilkemampuanmenuliskarangannarasisiswameningkatdengannilairata-rata7990.AdakemajuandaritindakansiklusIIyangsignifikan(2)Guruperlumerencanakan/merancangpembelajaransebaikmungkindanmatang.Intipembelajaraninimenuntutsiswamengerjakantugassecaratersruktursehinggaakannampakdenganjelasaktivitassiswayangmenunjukkanadanyaproses.</description><date>2016-09-02</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Eri (2016) Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>6413</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Eri
title Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Sawojajar VI Kota Malang / Eri
publishDate 2016
url http://repository.um.ac.id/6413/
contents ABSTRAKEri.2016.PenerapanPendekatanKeterampilanProsesuntukMeningkatkanKemampuanMenulisKaranganNarasiSiswaKelasVdiSDNSawojajarVIKotaMalang.SkripsiJurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolahProgramStudiS-1PendidikanGuruSekolahDasarFakultasIlmuPendidikanUniversitasNegeriMalangPembimbing(I).Dr.IMadeSuardanaS.PdM.Pd(II).Drs.SyaifulImamM.Pd.KataKuncipendekatanketerampilanproseskemampuanmenuliskarangannarasi.Menulismerupakansalahsatuaspekyangpentinguntukdikuasaiolehsiswakarenasebagaiaspekberpikirdanpendidikan.Sehinggamenutupkemungkinanpenggalakanpembelajaranmenulistelahdilakukansedinimungkin.Terdapatlimatahapandalammenulisyaitupramenulismenulisrevisieditingdanpublishing.Dalamtahapantersebutterdapatserangkaianprosesberupakegiatanyangharusdilakukansiswauntukmemperolehhasilyangoptimal.Prosestersebutmeliputikegiatanmengamatimengklasifikasi/menggolongkanmenafsirkan/menginterpretasimeramalkan/memprediksimenerapkanmerencanakanpenelitiandanmengkomunikasikan.Penelitianinibertujuanuntuk(1)mendeskripsikankemampuanmenulissiswasebelummenggunakanpendekatanketerampilanproses(2)mendeskripsikankemampuanmenulissiswadenganmenggunakanpendekatanketerampilanproses(3)mendeskripsikanbagaimanapenerapanpendekatanketerampilanprosesterhadapkemampuanmenulissiswa.Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatifdeskriptifdenganrancangantindakankelas.PopulasipenelitianadalahsiswakelasVSDNSawojajarVIKotaMalangyangberjumlah25siswa14siswaperempuan11siswalaki-lakidansemuanyaditelitisehinggadisebutsampeltotal.Datadikumpulkanmenggunakantestulisuntukmengungkaphasilkemampuanmenuliskarangan.Berdasarkantemuanhasilpenelitiandikemukakansaransebagaiberikutyaitu(1)hasilkemampuanmenulissebelumdilakukantindakandikelasVmencapainilairata-rata5863.LaludilakukantindakanpadasiklusIkemampuanmenulisdengannilairata-rata6752.KemudiandisiklusIIpeningkatanprosesdanhasilkemampuanmenuliskarangannarasisiswameningkatdengannilairata-rata7990.AdakemajuandaritindakansiklusIIyangsignifikan(2)Guruperlumerencanakan/merancangpembelajaransebaikmungkindanmatang.Intipembelajaraninimenuntutsiswamengerjakantugassecaratersruktursehinggaakannampakdenganjelasaktivitassiswayangmenunjukkanadanyaproses.
id IOS13003.6413
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T03:10:24Z
last_indexed 2021-11-04T07:07:10Z
recordtype dc
_version_ 1752723125756231680
score 17.538404