Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i
Main Author: | Rifa'i, Muhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63798/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRifaiMuhamad.2009.HubunganantaraGayaKepemimpinanBudayaOrganisasiMotivasiBerprestasidanKomitmenpadaOrganisasidenganKinerjaDosenpadaUniversitasdalamPesantrendiJawaTimur.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.Sonhadji.K.H.MA.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.Katakuncigayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasikinerjadosen.Keberhasilansuatuorganisasitermasukorganisasibidangpendidikandalammencapaitujuanyadiantaranyasangatditentukanolehmutukepemimpinanyangterdapatpadaorganisasiyangbersangkutan.Salahsatuaspekkepemimpinanyangdianggappentingadalahgayakepemimpinan.Gayakepemimpinanberkaitandengancarayangdigunakanolehpimpinanuntukmengaturmempengaruhibawahandalamrangkamencapaitujuanorganisasi.Gayakepemimpinanyangdigunakanolehmanajerjugaberhubungandenganvariabelorganisasionallainyayaitubudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasiyangsangatdibutuhkandalammengarahkankinerjaparaanggotaorganisasikarenakinerjayangditunjukkanolehparaanggotaorganisasiakanberdampakpadapencapaiantujuanorganisasisecarakeseluruhan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaragayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosenpadauniversitasdalampesantrendiJawaTimur.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Pengambilansampeluntukrespondenpenelitianinisebanyak146dosenyangditentukansecaraproporsionalrandomsamplingteknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioner.UntukmengujipolahubunganmodelyangdibentukdigunakanalatanalisisyangmampumenjelaskansecarasimultanhubungantersebutyaitumenggunakanStructuralEquationModelling(SEM)denganmenggunakanprogramAnalysisofMomentStructures(AMOS)versi400.Deskripsihasilpenelitianinimenunjukkanbahwauntukdatatentanggayakepemimpinanberkategorisangattingi1781%tinggi1849%sedang2397%rendah2123%dansangatrendah1849%.Deskripsidatatentangbudayaorganisasiberkatagorisangattinggi2192%tinggi2534%sedang2397%rendah1507%dansangatrendah1370%.Deskripsidatatentangmotivasiberprestasiberkatagorisangattingi1712%tinggi2945%sedang2877%rendah1438%dansangatrendah1027%.Deskripsidatatentangkomitmenpadaorganisasiberkatagorisangattingi1096%tinggi2260%sedang3151%rendah1712%dansangatrendah1781%.Deskripsidatatentangkinerjadosenberkatagorisangattingi3014%tinggi4110%sedang1164%rendah822%dansangatrendah890%.HasilanalisisSEMmenunjukkanbahwagayakepemimpinanmemilikihubunganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungyangpositifdansignifikandenganbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasidankinerjadosen.Sehinggaseluruhhipotesisdalampenelitianinidapatditerimadandibuktikankebenaranya.Hasilpenelitianiniberhasilmengkonfirmatoriteori-teoridantemuan-temuanpenelitiansebelumnyatentanghubungangayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosen.Analisisstrukturaljugamengungkapkanmodelyangcocokantaradatadenganmodelstrukturalyangdiuji.Lebihlanjuttemuanpenelitianinimendukungteori-teoridanpenelitiansebelumnya.Daritemuanpenelitiandapatdisarankanhal-halsebagaiberikut(1)kepadapimpinanperguruantinggidalampembuatanprogrampeningkatankinerjadosenperlujugamengembangkanketrampilanmanajerialdanperlunyastrategiinovatifdalammenciptakanbudayaorganisasiyangsehatdandinamismotivasiberprestasidikalanganparadosendankomitmenpadaorganisasiyangtinggiuntukmenciptakanorganisasiyangdinamis(2)kepadaparadosenuntukterusberupayameningkatkankemampuanyadengancaramemutakhirkanpengetahuandanketrampilanyangdimiliki(3)kepadapengelolapesantrendalammengambilkebijkandalampengelolaanunitpendidikandidalampesantrenperlumemperhatikanunsurgayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasigunamencapaikinerjaanggotaorganisasikhususnyakinerjaparastafpengajar(4)kepadaKopertisdanKopertaishendaknyadalammengeluarkankebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikantinggiyangmenjadibinaanyaperludengancaramelakukanpembinaanberbasiskinerjadanpeningkatanprestasibaiksecaraorganisasionalatauinstitusionalmaupunsecaraindividualdosen(5)kepadaDepag(DepartemenAgama)disarankandalammengambilkebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikanpesantrenkhususnyapesantrenyangmengelolapendidikantinggiperlumemperhatikanaspekorganisasionaldanaspekindividualorang-orangyangterlibatdidalamorganisasidan(6)kepadapenelitimanajemenpendidikandisarankanuntukmelakukanpenelitianyangserupadenganmenggunakanvariabellainyaataumenelitidenganpendekatanyangberbedayaitupendekatankualitatif.ABSTRACTRifaiMuhamad.2009.TheRelationshipAmongLeadershipStyleOrganizationalCultureAchievementMotivationOrganizationalCommitmentwithLecturersPerformanceatUniversityintheIslamicBoardingSchoolsinEastJava.DissertationStudyProgramofEducationalManagementPostgraduateProgramStateUniversityofMalangSupervisor(I)Prof.Dr.HendayatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaMpd.Keywordsleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentlecturerperformance.Theorganizationssuccessesincludingeducationalorganizationsinreachingtheirgoalsarereallydeterminedpartiallybyleadershipqualityintheorganization.Oneofimportantleadershipaspectsisleadershipstyle.Leadershipstylerelatedwiththeusedwayofleadertoregulateinfluencethesubordinatesinreachingtheorganizationsgoals.Leadershipstylesthatareusedbymanagersalsorelatedwithotherorganizationalvariablesthatisorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentthatarereallyneededindirectingtheorganizationsmemberperformancebecausethememberperformancethatisshownbyorganizationalmemberwillimpacttheorganizationsgoalentirely.ThisresearchaimedatknowingtherelationshipofleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformanceatuniversityintheIslamicboardingschoolineastjava.Theusedapproachintheresearchwasqualitativeresearch.Thesamplecollectionforresearchrespondentsare146lecturerbyproportionalrandomsamplingthedatacollectiontechniquebyusingquestionnaire.TotesttheformedmodelrelationshiptheresearchuseanalysisdevicethatabletoexplainsimultaneouslytherelationthatisStructuralEquationModeling(SEM)byusingAnalysisofMomentStructure(AMOS)ofversion4.00Researchdescriptionshowedthatforleadershipstyledataforcategoryofveryhigh17.81%high17.49%middle23.97%andlow21.23%andverylow18.49%.Datadescriptionaboutorganizationalcultureforcategoryofveryhigh21.92%high25.34%middle23.97%low15.07%andverylow13.70%.Datadescriptionaboutorganizationalcommitmentforcategoryofveryhigh10.96%high22.60%middle31.51%low17.12%andverylow17.81%.Datadescriptionaboutlecturerperformanceforcategoryofveryhigh30.14%high41.10%middle11.64%low8.22%andverylow8.90%.TheSEManalysisresultsshowedthatleadershipstyleshavegoodpositivesignificantrelationdirectlyorindirectlywithorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentandlecturerperformance.SoallhypothesisintheresearchcanbeacceptedandprovenitstruthTheresultsabletoconfirmtheprevioustheoriesorfindingsaboutrelationbetweenleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformance.Structuralanalysisalsorevealedthatthemodelisappropriatewiththestructuralmodelundertest.Furthermoretheresultssupportprevioustheoriesandresearches.Fromtheresultsitissuggested(1)fortheleaderofinstituteofhighereducationinmakinglecturerperformanceimprovementprogramshouldconsiderthemanagerialskillandneedsinnovativestrategyincreatinghealthyanddynamicorganizationalcultureachievementmotivationinthelecturerealmhighcommitmenttoorganizationtocreatedynamicorganization(2)forlecturerstoimprovecontinuouslytheircapabilitybyupdatingtheirownedknowledgeandskill(3)fortheboardingschoolmanagementinmakingpolicyfortheeducationalunitmanagementintheboardingschoolshouldconsidertheleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmenttoreachorganizationalmemberperformanceespeciallyfortheinstructorsstaff(4)fortheKopertisandKopertaistheyshouldmakepolicyforimprovinginstituteofhighereducationqualityundertheirmanagementbyconductingperformancebaseddevelopmentandachievementimprovementorganizationallyandinstitutionallyorindividuallyforthelecturer(5)toDepag(DepartmentofReligiousAffairs)itissuggestedtomakedecisionforimprovingthequalityofboardingschoolshouldconsidertheorganizationalandindividualaspectsoftheinvolvedpersonsintheorganizationand(6)fortheeducationalmanagementresearcheritissuggestedtoconductsimilarresearchbyusingothervariableorresearchwithdifferentapproachthatisqualitative