Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i
Main Author: | Rifa'i, Muhamad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2009
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63798/ |
ctrlnum |
63798 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/63798/</relation><title>Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i</title><creator>Rifa'i, Muhamad</creator><description>ABSTRAKRifaiMuhamad.2009.HubunganantaraGayaKepemimpinanBudayaOrganisasiMotivasiBerprestasidanKomitmenpadaOrganisasidenganKinerjaDosenpadaUniversitasdalamPesantrendiJawaTimur.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.Sonhadji.K.H.MA.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.Katakuncigayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasikinerjadosen.Keberhasilansuatuorganisasitermasukorganisasibidangpendidikandalammencapaitujuanyadiantaranyasangatditentukanolehmutukepemimpinanyangterdapatpadaorganisasiyangbersangkutan.Salahsatuaspekkepemimpinanyangdianggappentingadalahgayakepemimpinan.Gayakepemimpinanberkaitandengancarayangdigunakanolehpimpinanuntukmengaturmempengaruhibawahandalamrangkamencapaitujuanorganisasi.Gayakepemimpinanyangdigunakanolehmanajerjugaberhubungandenganvariabelorganisasionallainyayaitubudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasiyangsangatdibutuhkandalammengarahkankinerjaparaanggotaorganisasikarenakinerjayangditunjukkanolehparaanggotaorganisasiakanberdampakpadapencapaiantujuanorganisasisecarakeseluruhan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaragayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosenpadauniversitasdalampesantrendiJawaTimur.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Pengambilansampeluntukrespondenpenelitianinisebanyak146dosenyangditentukansecaraproporsionalrandomsamplingteknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioner.UntukmengujipolahubunganmodelyangdibentukdigunakanalatanalisisyangmampumenjelaskansecarasimultanhubungantersebutyaitumenggunakanStructuralEquationModelling(SEM)denganmenggunakanprogramAnalysisofMomentStructures(AMOS)versi400.Deskripsihasilpenelitianinimenunjukkanbahwauntukdatatentanggayakepemimpinanberkategorisangattingi1781%tinggi1849%sedang2397%rendah2123%dansangatrendah1849%.Deskripsidatatentangbudayaorganisasiberkatagorisangattinggi2192%tinggi2534%sedang2397%rendah1507%dansangatrendah1370%.Deskripsidatatentangmotivasiberprestasiberkatagorisangattingi1712%tinggi2945%sedang2877%rendah1438%dansangatrendah1027%.Deskripsidatatentangkomitmenpadaorganisasiberkatagorisangattingi1096%tinggi2260%sedang3151%rendah1712%dansangatrendah1781%.Deskripsidatatentangkinerjadosenberkatagorisangattingi3014%tinggi4110%sedang1164%rendah822%dansangatrendah890%.HasilanalisisSEMmenunjukkanbahwagayakepemimpinanmemilikihubunganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungyangpositifdansignifikandenganbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasidankinerjadosen.Sehinggaseluruhhipotesisdalampenelitianinidapatditerimadandibuktikankebenaranya.Hasilpenelitianiniberhasilmengkonfirmatoriteori-teoridantemuan-temuanpenelitiansebelumnyatentanghubungangayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosen.Analisisstrukturaljugamengungkapkanmodelyangcocokantaradatadenganmodelstrukturalyangdiuji.Lebihlanjuttemuanpenelitianinimendukungteori-teoridanpenelitiansebelumnya.Daritemuanpenelitiandapatdisarankanhal-halsebagaiberikut(1)kepadapimpinanperguruantinggidalampembuatanprogrampeningkatankinerjadosenperlujugamengembangkanketrampilanmanajerialdanperlunyastrategiinovatifdalammenciptakanbudayaorganisasiyangsehatdandinamismotivasiberprestasidikalanganparadosendankomitmenpadaorganisasiyangtinggiuntukmenciptakanorganisasiyangdinamis(2)kepadaparadosenuntukterusberupayameningkatkankemampuanyadengancaramemutakhirkanpengetahuandanketrampilanyangdimiliki(3)kepadapengelolapesantrendalammengambilkebijkandalampengelolaanunitpendidikandidalampesantrenperlumemperhatikanunsurgayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasigunamencapaikinerjaanggotaorganisasikhususnyakinerjaparastafpengajar(4)kepadaKopertisdanKopertaishendaknyadalammengeluarkankebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikantinggiyangmenjadibinaanyaperludengancaramelakukanpembinaanberbasiskinerjadanpeningkatanprestasibaiksecaraorganisasionalatauinstitusionalmaupunsecaraindividualdosen(5)kepadaDepag(DepartemenAgama)disarankandalammengambilkebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikanpesantrenkhususnyapesantrenyangmengelolapendidikantinggiperlumemperhatikanaspekorganisasionaldanaspekindividualorang-orangyangterlibatdidalamorganisasidan(6)kepadapenelitimanajemenpendidikandisarankanuntukmelakukanpenelitianyangserupadenganmenggunakanvariabellainyaataumenelitidenganpendekatanyangberbedayaitupendekatankualitatif.ABSTRACTRifaiMuhamad.2009.TheRelationshipAmongLeadershipStyleOrganizationalCultureAchievementMotivationOrganizationalCommitmentwithLecturersPerformanceatUniversityintheIslamicBoardingSchoolsinEastJava.DissertationStudyProgramofEducationalManagementPostgraduateProgramStateUniversityofMalangSupervisor(I)Prof.Dr.HendayatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaMpd.Keywordsleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentlecturerperformance.Theorganizationssuccessesincludingeducationalorganizationsinreachingtheirgoalsarereallydeterminedpartiallybyleadershipqualityintheorganization.Oneofimportantleadershipaspectsisleadershipstyle.Leadershipstylerelatedwiththeusedwayofleadertoregulateinfluencethesubordinatesinreachingtheorganizationsgoals.Leadershipstylesthatareusedbymanagersalsorelatedwithotherorganizationalvariablesthatisorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentthatarereallyneededindirectingtheorganizationsmemberperformancebecausethememberperformancethatisshownbyorganizationalmemberwillimpacttheorganizationsgoalentirely.ThisresearchaimedatknowingtherelationshipofleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformanceatuniversityintheIslamicboardingschoolineastjava.Theusedapproachintheresearchwasqualitativeresearch.Thesamplecollectionforresearchrespondentsare146lecturerbyproportionalrandomsamplingthedatacollectiontechniquebyusingquestionnaire.TotesttheformedmodelrelationshiptheresearchuseanalysisdevicethatabletoexplainsimultaneouslytherelationthatisStructuralEquationModeling(SEM)byusingAnalysisofMomentStructure(AMOS)ofversion4.00Researchdescriptionshowedthatforleadershipstyledataforcategoryofveryhigh17.81%high17.49%middle23.97%andlow21.23%andverylow18.49%.Datadescriptionaboutorganizationalcultureforcategoryofveryhigh21.92%high25.34%middle23.97%low15.07%andverylow13.70%.Datadescriptionaboutorganizationalcommitmentforcategoryofveryhigh10.96%high22.60%middle31.51%low17.12%andverylow17.81%.Datadescriptionaboutlecturerperformanceforcategoryofveryhigh30.14%high41.10%middle11.64%low8.22%andverylow8.90%.TheSEManalysisresultsshowedthatleadershipstyleshavegoodpositivesignificantrelationdirectlyorindirectlywithorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentandlecturerperformance.SoallhypothesisintheresearchcanbeacceptedandprovenitstruthTheresultsabletoconfirmtheprevioustheoriesorfindingsaboutrelationbetweenleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformance.Structuralanalysisalsorevealedthatthemodelisappropriatewiththestructuralmodelundertest.Furthermoretheresultssupportprevioustheoriesandresearches.Fromtheresultsitissuggested(1)fortheleaderofinstituteofhighereducationinmakinglecturerperformanceimprovementprogramshouldconsiderthemanagerialskillandneedsinnovativestrategyincreatinghealthyanddynamicorganizationalcultureachievementmotivationinthelecturerealmhighcommitmenttoorganizationtocreatedynamicorganization(2)forlecturerstoimprovecontinuouslytheircapabilitybyupdatingtheirownedknowledgeandskill(3)fortheboardingschoolmanagementinmakingpolicyfortheeducationalunitmanagementintheboardingschoolshouldconsidertheleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmenttoreachorganizationalmemberperformanceespeciallyfortheinstructorsstaff(4)fortheKopertisandKopertaistheyshouldmakepolicyforimprovinginstituteofhighereducationqualityundertheirmanagementbyconductingperformancebaseddevelopmentandachievementimprovementorganizationallyandinstitutionallyorindividuallyforthelecturer(5)toDepag(DepartmentofReligiousAffairs)itissuggestedtomakedecisionforimprovingthequalityofboardingschoolshouldconsidertheorganizationalandindividualaspectsoftheinvolvedpersonsintheorganizationand(6)fortheeducationalmanagementresearcheritissuggestedtoconductsimilarresearchbyusingothervariableorresearchwithdifferentapproachthatisqualitative</description><date>2009-07-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Rifa'i, Muhamad (2009) Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>63798</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Rifa'i, Muhamad |
title |
Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i |
publishDate |
2009 |
url |
http://repository.um.ac.id/63798/ |
contents |
ABSTRAKRifaiMuhamad.2009.HubunganantaraGayaKepemimpinanBudayaOrganisasiMotivasiBerprestasidanKomitmenpadaOrganisasidenganKinerjaDosenpadaUniversitasdalamPesantrendiJawaTimur.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.Sonhadji.K.H.MA.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.Katakuncigayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasikinerjadosen.Keberhasilansuatuorganisasitermasukorganisasibidangpendidikandalammencapaitujuanyadiantaranyasangatditentukanolehmutukepemimpinanyangterdapatpadaorganisasiyangbersangkutan.Salahsatuaspekkepemimpinanyangdianggappentingadalahgayakepemimpinan.Gayakepemimpinanberkaitandengancarayangdigunakanolehpimpinanuntukmengaturmempengaruhibawahandalamrangkamencapaitujuanorganisasi.Gayakepemimpinanyangdigunakanolehmanajerjugaberhubungandenganvariabelorganisasionallainyayaitubudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasiyangsangatdibutuhkandalammengarahkankinerjaparaanggotaorganisasikarenakinerjayangditunjukkanolehparaanggotaorganisasiakanberdampakpadapencapaiantujuanorganisasisecarakeseluruhan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaragayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosenpadauniversitasdalampesantrendiJawaTimur.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Pengambilansampeluntukrespondenpenelitianinisebanyak146dosenyangditentukansecaraproporsionalrandomsamplingteknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioner.UntukmengujipolahubunganmodelyangdibentukdigunakanalatanalisisyangmampumenjelaskansecarasimultanhubungantersebutyaitumenggunakanStructuralEquationModelling(SEM)denganmenggunakanprogramAnalysisofMomentStructures(AMOS)versi400.Deskripsihasilpenelitianinimenunjukkanbahwauntukdatatentanggayakepemimpinanberkategorisangattingi1781%tinggi1849%sedang2397%rendah2123%dansangatrendah1849%.Deskripsidatatentangbudayaorganisasiberkatagorisangattinggi2192%tinggi2534%sedang2397%rendah1507%dansangatrendah1370%.Deskripsidatatentangmotivasiberprestasiberkatagorisangattingi1712%tinggi2945%sedang2877%rendah1438%dansangatrendah1027%.Deskripsidatatentangkomitmenpadaorganisasiberkatagorisangattingi1096%tinggi2260%sedang3151%rendah1712%dansangatrendah1781%.Deskripsidatatentangkinerjadosenberkatagorisangattingi3014%tinggi4110%sedang1164%rendah822%dansangatrendah890%.HasilanalisisSEMmenunjukkanbahwagayakepemimpinanmemilikihubunganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungyangpositifdansignifikandenganbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasidankinerjadosen.Sehinggaseluruhhipotesisdalampenelitianinidapatditerimadandibuktikankebenaranya.Hasilpenelitianiniberhasilmengkonfirmatoriteori-teoridantemuan-temuanpenelitiansebelumnyatentanghubungangayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosen.Analisisstrukturaljugamengungkapkanmodelyangcocokantaradatadenganmodelstrukturalyangdiuji.Lebihlanjuttemuanpenelitianinimendukungteori-teoridanpenelitiansebelumnya.Daritemuanpenelitiandapatdisarankanhal-halsebagaiberikut(1)kepadapimpinanperguruantinggidalampembuatanprogrampeningkatankinerjadosenperlujugamengembangkanketrampilanmanajerialdanperlunyastrategiinovatifdalammenciptakanbudayaorganisasiyangsehatdandinamismotivasiberprestasidikalanganparadosendankomitmenpadaorganisasiyangtinggiuntukmenciptakanorganisasiyangdinamis(2)kepadaparadosenuntukterusberupayameningkatkankemampuanyadengancaramemutakhirkanpengetahuandanketrampilanyangdimiliki(3)kepadapengelolapesantrendalammengambilkebijkandalampengelolaanunitpendidikandidalampesantrenperlumemperhatikanunsurgayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasigunamencapaikinerjaanggotaorganisasikhususnyakinerjaparastafpengajar(4)kepadaKopertisdanKopertaishendaknyadalammengeluarkankebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikantinggiyangmenjadibinaanyaperludengancaramelakukanpembinaanberbasiskinerjadanpeningkatanprestasibaiksecaraorganisasionalatauinstitusionalmaupunsecaraindividualdosen(5)kepadaDepag(DepartemenAgama)disarankandalammengambilkebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikanpesantrenkhususnyapesantrenyangmengelolapendidikantinggiperlumemperhatikanaspekorganisasionaldanaspekindividualorang-orangyangterlibatdidalamorganisasidan(6)kepadapenelitimanajemenpendidikandisarankanuntukmelakukanpenelitianyangserupadenganmenggunakanvariabellainyaataumenelitidenganpendekatanyangberbedayaitupendekatankualitatif.ABSTRACTRifaiMuhamad.2009.TheRelationshipAmongLeadershipStyleOrganizationalCultureAchievementMotivationOrganizationalCommitmentwithLecturersPerformanceatUniversityintheIslamicBoardingSchoolsinEastJava.DissertationStudyProgramofEducationalManagementPostgraduateProgramStateUniversityofMalangSupervisor(I)Prof.Dr.HendayatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaMpd.Keywordsleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentlecturerperformance.Theorganizationssuccessesincludingeducationalorganizationsinreachingtheirgoalsarereallydeterminedpartiallybyleadershipqualityintheorganization.Oneofimportantleadershipaspectsisleadershipstyle.Leadershipstylerelatedwiththeusedwayofleadertoregulateinfluencethesubordinatesinreachingtheorganizationsgoals.Leadershipstylesthatareusedbymanagersalsorelatedwithotherorganizationalvariablesthatisorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentthatarereallyneededindirectingtheorganizationsmemberperformancebecausethememberperformancethatisshownbyorganizationalmemberwillimpacttheorganizationsgoalentirely.ThisresearchaimedatknowingtherelationshipofleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformanceatuniversityintheIslamicboardingschoolineastjava.Theusedapproachintheresearchwasqualitativeresearch.Thesamplecollectionforresearchrespondentsare146lecturerbyproportionalrandomsamplingthedatacollectiontechniquebyusingquestionnaire.TotesttheformedmodelrelationshiptheresearchuseanalysisdevicethatabletoexplainsimultaneouslytherelationthatisStructuralEquationModeling(SEM)byusingAnalysisofMomentStructure(AMOS)ofversion4.00Researchdescriptionshowedthatforleadershipstyledataforcategoryofveryhigh17.81%high17.49%middle23.97%andlow21.23%andverylow18.49%.Datadescriptionaboutorganizationalcultureforcategoryofveryhigh21.92%high25.34%middle23.97%low15.07%andverylow13.70%.Datadescriptionaboutorganizationalcommitmentforcategoryofveryhigh10.96%high22.60%middle31.51%low17.12%andverylow17.81%.Datadescriptionaboutlecturerperformanceforcategoryofveryhigh30.14%high41.10%middle11.64%low8.22%andverylow8.90%.TheSEManalysisresultsshowedthatleadershipstyleshavegoodpositivesignificantrelationdirectlyorindirectlywithorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentandlecturerperformance.SoallhypothesisintheresearchcanbeacceptedandprovenitstruthTheresultsabletoconfirmtheprevioustheoriesorfindingsaboutrelationbetweenleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformance.Structuralanalysisalsorevealedthatthemodelisappropriatewiththestructuralmodelundertest.Furthermoretheresultssupportprevioustheoriesandresearches.Fromtheresultsitissuggested(1)fortheleaderofinstituteofhighereducationinmakinglecturerperformanceimprovementprogramshouldconsiderthemanagerialskillandneedsinnovativestrategyincreatinghealthyanddynamicorganizationalcultureachievementmotivationinthelecturerealmhighcommitmenttoorganizationtocreatedynamicorganization(2)forlecturerstoimprovecontinuouslytheircapabilitybyupdatingtheirownedknowledgeandskill(3)fortheboardingschoolmanagementinmakingpolicyfortheeducationalunitmanagementintheboardingschoolshouldconsidertheleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmenttoreachorganizationalmemberperformanceespeciallyfortheinstructorsstaff(4)fortheKopertisandKopertaistheyshouldmakepolicyforimprovinginstituteofhighereducationqualityundertheirmanagementbyconductingperformancebaseddevelopmentandachievementimprovementorganizationallyandinstitutionallyorindividuallyforthelecturer(5)toDepag(DepartmentofReligiousAffairs)itissuggestedtomakedecisionforimprovingthequalityofboardingschoolshouldconsidertheorganizationalandindividualaspectsoftheinvolvedpersonsintheorganizationand(6)fortheeducationalmanagementresearcheritissuggestedtoconductsimilarresearchbyusingothervariableorresearchwithdifferentapproachthatisqualitative |
id |
IOS13003.63798 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:15:20Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:15:20Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1753004000636043264 |
score |
17.538404 |