Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i

Main Author: Rifa'i, Muhamad
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2009
Online Access: http://repository.um.ac.id/63798/
ctrlnum 63798
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/63798/</relation><title>Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i</title><creator>Rifa'i, Muhamad</creator><description>ABSTRAKRifaiMuhamad.2009.HubunganantaraGayaKepemimpinanBudayaOrganisasiMotivasiBerprestasidanKomitmenpadaOrganisasidenganKinerjaDosenpadaUniversitasdalamPesantrendiJawaTimur.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.Sonhadji.K.H.MA.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.Katakuncigayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasikinerjadosen.Keberhasilansuatuorganisasitermasukorganisasibidangpendidikandalammencapaitujuanyadiantaranyasangatditentukanolehmutukepemimpinanyangterdapatpadaorganisasiyangbersangkutan.Salahsatuaspekkepemimpinanyangdianggappentingadalahgayakepemimpinan.Gayakepemimpinanberkaitandengancarayangdigunakanolehpimpinanuntukmengaturmempengaruhibawahandalamrangkamencapaitujuanorganisasi.Gayakepemimpinanyangdigunakanolehmanajerjugaberhubungandenganvariabelorganisasionallainyayaitubudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasiyangsangatdibutuhkandalammengarahkankinerjaparaanggotaorganisasikarenakinerjayangditunjukkanolehparaanggotaorganisasiakanberdampakpadapencapaiantujuanorganisasisecarakeseluruhan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaragayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosenpadauniversitasdalampesantrendiJawaTimur.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Pengambilansampeluntukrespondenpenelitianinisebanyak146dosenyangditentukansecaraproporsionalrandomsamplingteknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioner.UntukmengujipolahubunganmodelyangdibentukdigunakanalatanalisisyangmampumenjelaskansecarasimultanhubungantersebutyaitumenggunakanStructuralEquationModelling(SEM)denganmenggunakanprogramAnalysisofMomentStructures(AMOS)versi400.Deskripsihasilpenelitianinimenunjukkanbahwauntukdatatentanggayakepemimpinanberkategorisangattingi1781%tinggi1849%sedang2397%rendah2123%dansangatrendah1849%.Deskripsidatatentangbudayaorganisasiberkatagorisangattinggi2192%tinggi2534%sedang2397%rendah1507%dansangatrendah1370%.Deskripsidatatentangmotivasiberprestasiberkatagorisangattingi1712%tinggi2945%sedang2877%rendah1438%dansangatrendah1027%.Deskripsidatatentangkomitmenpadaorganisasiberkatagorisangattingi1096%tinggi2260%sedang3151%rendah1712%dansangatrendah1781%.Deskripsidatatentangkinerjadosenberkatagorisangattingi3014%tinggi4110%sedang1164%rendah822%dansangatrendah890%.HasilanalisisSEMmenunjukkanbahwagayakepemimpinanmemilikihubunganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungyangpositifdansignifikandenganbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasidankinerjadosen.Sehinggaseluruhhipotesisdalampenelitianinidapatditerimadandibuktikankebenaranya.Hasilpenelitianiniberhasilmengkonfirmatoriteori-teoridantemuan-temuanpenelitiansebelumnyatentanghubungangayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosen.Analisisstrukturaljugamengungkapkanmodelyangcocokantaradatadenganmodelstrukturalyangdiuji.Lebihlanjuttemuanpenelitianinimendukungteori-teoridanpenelitiansebelumnya.Daritemuanpenelitiandapatdisarankanhal-halsebagaiberikut(1)kepadapimpinanperguruantinggidalampembuatanprogrampeningkatankinerjadosenperlujugamengembangkanketrampilanmanajerialdanperlunyastrategiinovatifdalammenciptakanbudayaorganisasiyangsehatdandinamismotivasiberprestasidikalanganparadosendankomitmenpadaorganisasiyangtinggiuntukmenciptakanorganisasiyangdinamis(2)kepadaparadosenuntukterusberupayameningkatkankemampuanyadengancaramemutakhirkanpengetahuandanketrampilanyangdimiliki(3)kepadapengelolapesantrendalammengambilkebijkandalampengelolaanunitpendidikandidalampesantrenperlumemperhatikanunsurgayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasigunamencapaikinerjaanggotaorganisasikhususnyakinerjaparastafpengajar(4)kepadaKopertisdanKopertaishendaknyadalammengeluarkankebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikantinggiyangmenjadibinaanyaperludengancaramelakukanpembinaanberbasiskinerjadanpeningkatanprestasibaiksecaraorganisasionalatauinstitusionalmaupunsecaraindividualdosen(5)kepadaDepag(DepartemenAgama)disarankandalammengambilkebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikanpesantrenkhususnyapesantrenyangmengelolapendidikantinggiperlumemperhatikanaspekorganisasionaldanaspekindividualorang-orangyangterlibatdidalamorganisasidan(6)kepadapenelitimanajemenpendidikandisarankanuntukmelakukanpenelitianyangserupadenganmenggunakanvariabellainyaataumenelitidenganpendekatanyangberbedayaitupendekatankualitatif.ABSTRACTRifaiMuhamad.2009.TheRelationshipAmongLeadershipStyleOrganizationalCultureAchievementMotivationOrganizationalCommitmentwithLecturersPerformanceatUniversityintheIslamicBoardingSchoolsinEastJava.DissertationStudyProgramofEducationalManagementPostgraduateProgramStateUniversityofMalangSupervisor(I)Prof.Dr.HendayatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaMpd.Keywordsleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentlecturerperformance.Theorganizationssuccessesincludingeducationalorganizationsinreachingtheirgoalsarereallydeterminedpartiallybyleadershipqualityintheorganization.Oneofimportantleadershipaspectsisleadershipstyle.Leadershipstylerelatedwiththeusedwayofleadertoregulateinfluencethesubordinatesinreachingtheorganizationsgoals.Leadershipstylesthatareusedbymanagersalsorelatedwithotherorganizationalvariablesthatisorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentthatarereallyneededindirectingtheorganizationsmemberperformancebecausethememberperformancethatisshownbyorganizationalmemberwillimpacttheorganizationsgoalentirely.ThisresearchaimedatknowingtherelationshipofleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformanceatuniversityintheIslamicboardingschoolineastjava.Theusedapproachintheresearchwasqualitativeresearch.Thesamplecollectionforresearchrespondentsare146lecturerbyproportionalrandomsamplingthedatacollectiontechniquebyusingquestionnaire.TotesttheformedmodelrelationshiptheresearchuseanalysisdevicethatabletoexplainsimultaneouslytherelationthatisStructuralEquationModeling(SEM)byusingAnalysisofMomentStructure(AMOS)ofversion4.00Researchdescriptionshowedthatforleadershipstyledataforcategoryofveryhigh17.81%high17.49%middle23.97%andlow21.23%andverylow18.49%.Datadescriptionaboutorganizationalcultureforcategoryofveryhigh21.92%high25.34%middle23.97%low15.07%andverylow13.70%.Datadescriptionaboutorganizationalcommitmentforcategoryofveryhigh10.96%high22.60%middle31.51%low17.12%andverylow17.81%.Datadescriptionaboutlecturerperformanceforcategoryofveryhigh30.14%high41.10%middle11.64%low8.22%andverylow8.90%.TheSEManalysisresultsshowedthatleadershipstyleshavegoodpositivesignificantrelationdirectlyorindirectlywithorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentandlecturerperformance.SoallhypothesisintheresearchcanbeacceptedandprovenitstruthTheresultsabletoconfirmtheprevioustheoriesorfindingsaboutrelationbetweenleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformance.Structuralanalysisalsorevealedthatthemodelisappropriatewiththestructuralmodelundertest.Furthermoretheresultssupportprevioustheoriesandresearches.Fromtheresultsitissuggested(1)fortheleaderofinstituteofhighereducationinmakinglecturerperformanceimprovementprogramshouldconsiderthemanagerialskillandneedsinnovativestrategyincreatinghealthyanddynamicorganizationalcultureachievementmotivationinthelecturerealmhighcommitmenttoorganizationtocreatedynamicorganization(2)forlecturerstoimprovecontinuouslytheircapabilitybyupdatingtheirownedknowledgeandskill(3)fortheboardingschoolmanagementinmakingpolicyfortheeducationalunitmanagementintheboardingschoolshouldconsidertheleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmenttoreachorganizationalmemberperformanceespeciallyfortheinstructorsstaff(4)fortheKopertisandKopertaistheyshouldmakepolicyforimprovinginstituteofhighereducationqualityundertheirmanagementbyconductingperformancebaseddevelopmentandachievementimprovementorganizationallyandinstitutionallyorindividuallyforthelecturer(5)toDepag(DepartmentofReligiousAffairs)itissuggestedtomakedecisionforimprovingthequalityofboardingschoolshouldconsidertheorganizationalandindividualaspectsoftheinvolvedpersonsintheorganizationand(6)fortheeducationalmanagementresearcheritissuggestedtoconductsimilarresearchbyusingothervariableorresearchwithdifferentapproachthatisqualitative</description><date>2009-07-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Rifa'i, Muhamad (2009) Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>63798</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Rifa'i, Muhamad
title Hubungan antara gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi berprestasi, dan komitmen pada organisasi, dengan kinerja dosen pada universitas dalam pengelolaan pesantren di Jawa Timur / Muhamad Rifa'i
publishDate 2009
url http://repository.um.ac.id/63798/
contents ABSTRAKRifaiMuhamad.2009.HubunganantaraGayaKepemimpinanBudayaOrganisasiMotivasiBerprestasidanKomitmenpadaOrganisasidenganKinerjaDosenpadaUniversitasdalamPesantrendiJawaTimur.DisertasiProgramStudiManajemenPendidikanProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalangPembimbing(I)Prof.Dr.HendyatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.Sonhadji.K.H.MA.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaM.Pd.Katakuncigayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasikinerjadosen.Keberhasilansuatuorganisasitermasukorganisasibidangpendidikandalammencapaitujuanyadiantaranyasangatditentukanolehmutukepemimpinanyangterdapatpadaorganisasiyangbersangkutan.Salahsatuaspekkepemimpinanyangdianggappentingadalahgayakepemimpinan.Gayakepemimpinanberkaitandengancarayangdigunakanolehpimpinanuntukmengaturmempengaruhibawahandalamrangkamencapaitujuanorganisasi.Gayakepemimpinanyangdigunakanolehmanajerjugaberhubungandenganvariabelorganisasionallainyayaitubudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasiyangsangatdibutuhkandalammengarahkankinerjaparaanggotaorganisasikarenakinerjayangditunjukkanolehparaanggotaorganisasiakanberdampakpadapencapaiantujuanorganisasisecarakeseluruhan.PenelitianinibertujuanuntukmengetahuihubunganantaragayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosenpadauniversitasdalampesantrendiJawaTimur.Pendekatanyangdigunakandalampenelitianiniadalahpendekatankuantitatif.Pengambilansampeluntukrespondenpenelitianinisebanyak146dosenyangditentukansecaraproporsionalrandomsamplingteknikpengumpulandatadilakukandenganmenggunakankuesioner.UntukmengujipolahubunganmodelyangdibentukdigunakanalatanalisisyangmampumenjelaskansecarasimultanhubungantersebutyaitumenggunakanStructuralEquationModelling(SEM)denganmenggunakanprogramAnalysisofMomentStructures(AMOS)versi400.Deskripsihasilpenelitianinimenunjukkanbahwauntukdatatentanggayakepemimpinanberkategorisangattingi1781%tinggi1849%sedang2397%rendah2123%dansangatrendah1849%.Deskripsidatatentangbudayaorganisasiberkatagorisangattinggi2192%tinggi2534%sedang2397%rendah1507%dansangatrendah1370%.Deskripsidatatentangmotivasiberprestasiberkatagorisangattingi1712%tinggi2945%sedang2877%rendah1438%dansangatrendah1027%.Deskripsidatatentangkomitmenpadaorganisasiberkatagorisangattingi1096%tinggi2260%sedang3151%rendah1712%dansangatrendah1781%.Deskripsidatatentangkinerjadosenberkatagorisangattingi3014%tinggi4110%sedang1164%rendah822%dansangatrendah890%.HasilanalisisSEMmenunjukkanbahwagayakepemimpinanmemilikihubunganbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsungyangpositifdansignifikandenganbudayaorganisasimotivasiberprestasikomitmenpadaorganisasidankinerjadosen.Sehinggaseluruhhipotesisdalampenelitianinidapatditerimadandibuktikankebenaranya.Hasilpenelitianiniberhasilmengkonfirmatoriteori-teoridantemuan-temuanpenelitiansebelumnyatentanghubungangayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasidengankinerjadosen.Analisisstrukturaljugamengungkapkanmodelyangcocokantaradatadenganmodelstrukturalyangdiuji.Lebihlanjuttemuanpenelitianinimendukungteori-teoridanpenelitiansebelumnya.Daritemuanpenelitiandapatdisarankanhal-halsebagaiberikut(1)kepadapimpinanperguruantinggidalampembuatanprogrampeningkatankinerjadosenperlujugamengembangkanketrampilanmanajerialdanperlunyastrategiinovatifdalammenciptakanbudayaorganisasiyangsehatdandinamismotivasiberprestasidikalanganparadosendankomitmenpadaorganisasiyangtinggiuntukmenciptakanorganisasiyangdinamis(2)kepadaparadosenuntukterusberupayameningkatkankemampuanyadengancaramemutakhirkanpengetahuandanketrampilanyangdimiliki(3)kepadapengelolapesantrendalammengambilkebijkandalampengelolaanunitpendidikandidalampesantrenperlumemperhatikanunsurgayakepemimpinanbudayaorganisasimotivasiberprestasidankomitmenpadaorganisasigunamencapaikinerjaanggotaorganisasikhususnyakinerjaparastafpengajar(4)kepadaKopertisdanKopertaishendaknyadalammengeluarkankebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikantinggiyangmenjadibinaanyaperludengancaramelakukanpembinaanberbasiskinerjadanpeningkatanprestasibaiksecaraorganisasionalatauinstitusionalmaupunsecaraindividualdosen(5)kepadaDepag(DepartemenAgama)disarankandalammengambilkebijakanpeningkatankualitaslembagapendidikanpesantrenkhususnyapesantrenyangmengelolapendidikantinggiperlumemperhatikanaspekorganisasionaldanaspekindividualorang-orangyangterlibatdidalamorganisasidan(6)kepadapenelitimanajemenpendidikandisarankanuntukmelakukanpenelitianyangserupadenganmenggunakanvariabellainyaataumenelitidenganpendekatanyangberbedayaitupendekatankualitatif.ABSTRACTRifaiMuhamad.2009.TheRelationshipAmongLeadershipStyleOrganizationalCultureAchievementMotivationOrganizationalCommitmentwithLecturersPerformanceatUniversityintheIslamicBoardingSchoolsinEastJava.DissertationStudyProgramofEducationalManagementPostgraduateProgramStateUniversityofMalangSupervisor(I)Prof.Dr.HendayatSoetopoM.Pd(II)Prof.H.A.SonhadjiK.H.M.A.Ph.D(III)Prof.Dr.WillemMantjaMpd.Keywordsleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentlecturerperformance.Theorganizationssuccessesincludingeducationalorganizationsinreachingtheirgoalsarereallydeterminedpartiallybyleadershipqualityintheorganization.Oneofimportantleadershipaspectsisleadershipstyle.Leadershipstylerelatedwiththeusedwayofleadertoregulateinfluencethesubordinatesinreachingtheorganizationsgoals.Leadershipstylesthatareusedbymanagersalsorelatedwithotherorganizationalvariablesthatisorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentthatarereallyneededindirectingtheorganizationsmemberperformancebecausethememberperformancethatisshownbyorganizationalmemberwillimpacttheorganizationsgoalentirely.ThisresearchaimedatknowingtherelationshipofleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformanceatuniversityintheIslamicboardingschoolineastjava.Theusedapproachintheresearchwasqualitativeresearch.Thesamplecollectionforresearchrespondentsare146lecturerbyproportionalrandomsamplingthedatacollectiontechniquebyusingquestionnaire.TotesttheformedmodelrelationshiptheresearchuseanalysisdevicethatabletoexplainsimultaneouslytherelationthatisStructuralEquationModeling(SEM)byusingAnalysisofMomentStructure(AMOS)ofversion4.00Researchdescriptionshowedthatforleadershipstyledataforcategoryofveryhigh17.81%high17.49%middle23.97%andlow21.23%andverylow18.49%.Datadescriptionaboutorganizationalcultureforcategoryofveryhigh21.92%high25.34%middle23.97%low15.07%andverylow13.70%.Datadescriptionaboutorganizationalcommitmentforcategoryofveryhigh10.96%high22.60%middle31.51%low17.12%andverylow17.81%.Datadescriptionaboutlecturerperformanceforcategoryofveryhigh30.14%high41.10%middle11.64%low8.22%andverylow8.90%.TheSEManalysisresultsshowedthatleadershipstyleshavegoodpositivesignificantrelationdirectlyorindirectlywithorganizationalcultureachievementmotivationorganizationalcommitmentandlecturerperformance.SoallhypothesisintheresearchcanbeacceptedandprovenitstruthTheresultsabletoconfirmtheprevioustheoriesorfindingsaboutrelationbetweenleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmentwiththelecturersperformance.Structuralanalysisalsorevealedthatthemodelisappropriatewiththestructuralmodelundertest.Furthermoretheresultssupportprevioustheoriesandresearches.Fromtheresultsitissuggested(1)fortheleaderofinstituteofhighereducationinmakinglecturerperformanceimprovementprogramshouldconsiderthemanagerialskillandneedsinnovativestrategyincreatinghealthyanddynamicorganizationalcultureachievementmotivationinthelecturerealmhighcommitmenttoorganizationtocreatedynamicorganization(2)forlecturerstoimprovecontinuouslytheircapabilitybyupdatingtheirownedknowledgeandskill(3)fortheboardingschoolmanagementinmakingpolicyfortheeducationalunitmanagementintheboardingschoolshouldconsidertheleadershipstyleorganizationalcultureachievementmotivationandorganizationalcommitmenttoreachorganizationalmemberperformanceespeciallyfortheinstructorsstaff(4)fortheKopertisandKopertaistheyshouldmakepolicyforimprovinginstituteofhighereducationqualityundertheirmanagementbyconductingperformancebaseddevelopmentandachievementimprovementorganizationallyandinstitutionallyorindividuallyforthelecturer(5)toDepag(DepartmentofReligiousAffairs)itissuggestedtomakedecisionforimprovingthequalityofboardingschoolshouldconsidertheorganizationalandindividualaspectsoftheinvolvedpersonsintheorganizationand(6)fortheeducationalmanagementresearcheritissuggestedtoconductsimilarresearchbyusingothervariableorresearchwithdifferentapproachthatisqualitative
id IOS13003.63798
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:15:20Z
last_indexed 2021-11-04T07:15:20Z
recordtype dc
_version_ 1753004000636043264
score 17.538404