Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dan ekspositori terhadap hasil belajar pemahaman konsep IPA pada pebelajar SMO yang memiliki tingkat motivasi berprestasi berbeda / Totok Gunarto
Main Author: | Gunarto, Totok |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/63723/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKGunartoTotok.2016.PengaruhStrategiPembelajaran(InkuiriTerbimbingdanEkspositori)TerhadapHasilBelajarPemahamanKonsepIPAPebelajarSMPyangMemilikiTingkatMotivasiBerprestasiBerbeda.Disertasi.JurusanTeknologiPembelajaranPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.IWayanArdhanaM.A.(2)Prof.Dr.H.PunadjiSetyosariM.Pd.(3)Dr.SultonM.Pd.KataKunciInkuiriterbimbingdanekspositorihasilbelajarmotivasiberprestasi.Pemilihanstrategipembelajaranyangtepatakanmembuatpebelajarmelakukanaktivitassecarabebasmenarikmenyenangkandanbermaknadalammeraihhasilbelajarnya.Agarpemilihandanpenerapanstrategipembelajarandapatmemperolehhasilbelajaryangoptimalmakadiperlukankecakapangurudalammerancangdanmenciptakansebuahpembelajaranyangmampumengembangkankemampuanpebelajardalammemahamikonsepdasardankemampuanmemecahkanmasalahsecarakontekstual.Selainstrategipembelajaransalahsatufaktoryangmempengaruhihasilbelajaradalahmotivasiberprestasi.Motivasiberprestasimemberikanandilyangcukupbesaruntukmeraihhasilbelajaryangoptimal.TujuanpenelitianiniadalahmenemukanpengaruhutamadaninteraksiantarastrategipembelajaraninkuiriterbimbingdanekspositoriyangmemilikimotivasiberprestasiberbedaterhadaphasilbelajarpemahamankonsepIPApebelajarSMP.MetodePenelitianyangdigunakanadalaheksperimensemudengandesainfaktorialversipretest-postestnonequivalentcontrolgroupdesign.SubjekpenelitianadalahpebelajarkelasVIISMPNegeri7BangkalankabupatenBangkalanpropinsiJawaTimursemestergasaltahunpelajaran2015/2016.Pemilihansampeldilakukandenganclusterrandomsampling.Datadiperolehmelaluiangketmotivasiberprestasipretest(dataawal)danpostest(tesakhir).Jumlahpebelajaryangterlibatdalampenelitiansejumlah80pebelajar.Sebanyak40pebelajardibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbingsebagaikelaseksperimendan40pebelajarlainnyadibelajarkandenganstrategipembelajaranekspositorisebagaikelaskontrol.UjinormalitassebarandatamenggunakanstatistikKolmogorov-SmirnovdanShapiro-Wilk.UjihomogenitasvariansdanvariansantarkelompokmenggunakanLevenesTestofEqualityofErrorVariancesdanUjihipotesismenggunakanAnavaduajalur.Hasilpenelitianpenelitianmenunjukkanbahwa1)HasilbelajarpemahamankonsepIPAantarakelaspebelajaryangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiriterbimbingdanstrategipembelajaranekspositoriberbedasecarasignifikan.StrategipembelajaraninkuiriterbimbingterbuktimempunyaipengaruhlebihbaikterhadaphasilbelajarpemahamankonsepIPAyangdicapaipebelajardibandingkandenganstrategipembelajaranekspositori2)hasilbelajarIPAantarakelaspebelajaryangmemilkimotivasiberprestasitinggidanrendahberbedasecarasignifikan.Kelaspebelajaryangmemilikimotivasiberprestasitinggimemperolehhasilyanglebihbaikdaripadakelaspebelajaryangmemilikimotivasiberprestasirendahdan3)strategipembelajarandanmotivasiberprestasimenunjukkantidakadapengaruhinteraksiterhadaphasilbelajarpemahamankonsepIPA.