Pengaruh pembelajaran terpadu versus pembelajaran parsial dan gaya berpikir siswa terhadap hasil belajar IPS SMP / Manna

Main Author: Manna
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2014
Online Access: http://repository.um.ac.id/63620/
Daftar Isi:
  • Manna2014.PengaruhPembelajaranTerpaduVersusPembelajaranParsialdanGayaBerpikirSiswaTerhadapHasilBelajarIPSSMP.DisertasiProgramStudiTeknologiPembelajaranProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.H.PunajiSetyosariM.Pd.M.Ed.(2)Prof.Dr.Wahjoedi.M.E.M.Pd.(3)Dr.Muh.NurAliM.Si.KatakunciPembelajaranterpadupembelajaranparsialgayaberpikirhasilbelajarIPS.Pembelajaranterpadumerupakansalahsatuaspekyangmenjadiperhatiandikalanganguru.Harapantersebutternyatabelumterwujudkarena(1)kurangnyaguruIPSberlatarbelakangdisiplinIPS(2)pemahamanguruIPSmengenaipembelajaranterpadumasihterbatas(3)kemampuanguruIPSmasihterbatasdalammembuatperangkatpembelajaranterpadu(4)keterbatasanguruIPSdalampenguasaansubstansimateri(5)GuruIPSsulitmengembangakanbahanajarIPSterpadudan(6)faktorpsikologismerasanyamandancocokmenggunakanpendekatanparsial.Tujuanpenelitianiniadalah(1)menganalisisperbedaanhasilbelajarpadamatapelajaranIPSSMPantarasiswayangdiajardenganpembelajaranterpadudansiswayangdiajardenganpembelajaranparsial(2)menganalisisperbedaanhasilbelajarpadamatapelajaranIPSSMPantarasiswayangmemilikigayaberpikirkonvergendansiswayangmemilikigayaberpikirdivergendan(3)menganalisispengaruhinteraksiantarapembelajaranterpadudangayaberpikirsiswadalampengaruhnyaterhadaphasilbelajarmatapelajaranIPSSMP.Penelitiankuasieksperimeninimenggunakanrancanganfactorial2x2.Subjekpenelitianadalahsiswasekolahmenengahpertama(SMP)NegeridikotaPalu.Secarapurposiveditetapkan4SMPnegerisebagaitempatpelaksanaanpenelitianyakni(1)SMPNegeri4Palu(PaluTimur)(2)SMPNegeri8(PaluBarat)(3)SMPNegeri11(PaluSelatan)dan(4)SMPNegeri17Palu(PaluUtara).DalamkuasieksperimenditetapkansiswakelasVIIIsebagaisubjekpenelitian.Instrumenpenelitianterdiriatasinstrumentgayaberpikirdaninstrumentteshasilbelajar.Instrumendivalidasimelaluitimahlidanujicobavalidasiempiris.UjipersyaratannormalitasmenggunakanteknikKolmogrov-SmirnovsedangkanujihomogenitasmenggunakanLavenetest.UntukmengujihipotesispenelitianmenggunakanTwowayanova.Hasildankesimpulanpenelitianmenunjukkanbahwa(1)adaperbedaanyangsignifikanantarasiswayangdiajardenganpembelajaranterpadudansiswayangdiajardenganpembelajaranparsialterhadaphasilbelajarpadamatapelajaranIPSSMP(2)adaperbedaanyangsignifikanantarasiswayangmemilikigayaberpikirdivergendansiswayangmemilikigayaberpikirkonvergenterhadaphasilbelajarsiswapadamatapelajaranIPSSMPdan(3)adapengaruhinteraksiantarapembelajaranterpadudangayaberpikirsiswaterhadaphasilmatapelajaranIPSSMP.1228812288122881228812288BerdasarkantemuanpenelitiankepadaparaguruSMPkehususnyaguruIPSdisarankanmenggunakanstrategipembelajaranterpadu.Denganmenggunakanstrategipembelajaranterpadusiswadapatmemecahkanmasalahdalambelajar.Melaksanakanpembelajaranterpadupersiapanguruyangpalingutamaadalahmenyusunpetakompetensidasarmengembangkanperangkatpembelajaranmeyusunsilabusataurencanapembelajaran(RPP)danmenyusunbahanajar.