Perbedaan kemampuan menyusun program karya ilmiah dan hasil belajar dengan stategi pembelajaran inkuiri melalui observasi lapangan dan diskusi kelompok mahasiswa geografi FKIP Universitas Tadulako / Nurvita
Main Author: | Nurvita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2012
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/62236/ |
Daftar Isi:
- TesisJurusanPendidikanGeografiProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Prof.Dr.SumarmiM.Pd.(2)Prof.Dr.Ach.FatchanM.Pd.KataKunciKemampuanMenyusunLaporanKaryaIlmiahHasilBelajarStrategiPembelajaranInkuiri.ProsespembelajaranmatakuliahGeografiPariwisatadiProgramStudiPendidikanGeografiUniversitasTadulakoyangdilakukanselamainicenderungterpusatpadadosen(teacheroriented)kurangnyakesempatanbagimahasiswauntukmenemukansendiriidekonsepmaupungeneralisasiyangberkaitandenganmateripembelajaranmembuatmahasiswamerasabosanjenuhdanmenganggapmatakuliahGeografipariwistatidakmenarik.Strategipembelajaraninkuirimemberikankesempatankepadamahasiswauntukmengkonstruksisendiripengetahuanyangtelahdimilikinyadenganpengetahuanbarudenganmenggunakanseluruhinderabaikfisikmaupunmentalsecaralangsungdenganlingkunganatauobjekbelajarnyakegiatanpembelajaraninimendukungpembelajaranyangberpusatpadamahasiswa.Salahsatuinovasipembelajarandenganpendekatantersebutadalahstrategipembelajaraninkuiriyangmemberikankesempatanmahasiswauntukmenemukansendiriidekonsepmaupungenerelisasiyangberkaitandenganmateripembelajarandenganmengkaitkanmateridengankehidupannyatadilakukandengankegiatanobservasipadaobjekbelajarlangsungdilapangan.Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiperbedaan(1)kemampuanmenyusunlaporankaryailmiahdan(2)hasilbelajarmahasiswageografiFKIPUniversitasTadulakopadamatakuliahGeografiPariwisataantarayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuiridanyangdibelajarkandenganpembelajarandiskusikelompok.Penelitianinimerupakanpenelitianeksperimensemu(kuasi)modelcontrol-groupdesignkarenaadafaktoreksternalyangberpengaruhpadakemampuanmenyusunlaporandanhasilbelajarmahasiswayangtidakdapatdikontrololehpeneliti.Subjekpenelitianadalahmahasiswaangkatan2008yangmemprogrammatakuliahGeogarfiPariwisatapadasemesterVtahunajaran2010/2011yangberjumlah62mahasiswadandibagimenjadiduakelompokdengankemampuanyangsamaberdasarkannilaisemestersebelumnya.KelompokpertamaGeoA(31mahasiswa)sebagaikelaseksperimenyangmenggunakanstrategipembelajaraninkuirimelaluiobservasilapangandankelompokkeduaGeoBsebagaikelompokkontroldenganmenggunakanpembelajarandiskusikelompok.Datayangdikumpulkandiolahdenganmeggunakanstatistikinferensialdenganmenggunakanujit(t-test).Hasilpenelitianmenunjukkan(1)adaperbedaankemampuanmenyusunlaporankaryailmiahantaramahasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuirimelaluimetodeobservasilapangandanmahasiswayangdibelajarkandenganpembelajarandiskusikelompok.Kemampuanmenyusunlaporankaryailmiahmahasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuirimelaluiobservasilapangansedikitlebihbaikdibandingkandenganmahasiswayangdibelajarkandenganpembelajarandiskusikelompokdenganperolehanrata-ratakelaseksperimen(63746)lebihtinggidibandingkelaskontrol(47742)dan(2)adaperbedaanhasilbelajarkognitifantaramahasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuirimelaluimetodeobservasilapangandanmahasiswayangdibelajarkandengandiskusikelompok.Hasilbelajarkognitifmahasiswayangdibelajarkandenganstrategipembelajaraninkuirimelaluiobservasilapanganlebihbaikdibandingkandenganmahasiswayangdibelajarkandenganpembelajarandiskusikelompokdenganperolehannilairata-ratakelaseksperimenlebihtinggi(856129)daripadakelaskontrol(746371).Sejalandengantemuanhasilpenelitianyangtelahdikemukakanmakadalamupayameningkatkankemampuanmenyusunlaporankaryailmiahdanhasilbelajardisarankanmempertimbangkanpenerapanstartegipembelajaraninkuirimelaluiobservasilapanganpadakompetensitertentuyangdisesuaikandenganmateridantujuanpembelajaran.Inibertujuanmemberikanbanyakkesempatandanpengalamanbelajarbagimahasiswauntukmeningkatkankemampuanmenyusunlaporankaryailmiahdanhasilbelajarnya.