Pengaruh model pembelajaran biologi berbasis Reading-Concept Map-Think Pair Share (REMAP-TPS) dan kemampuan akademik berbeda terhadap keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, dan hasil belajar kognitif siswa kelas X SMA Kota Batu / Miswandi Tendrita
Main Author: | Tendrita, Miswandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2017
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60693/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKTendritaMiswandi.2017.PengaruhModelPembelajaranBiologiBerbasisReading-ConceptMap-ThinkPairShare(Remap-TPS)danKemampuanAkademikBerbedaterhadapKeterampilanBerpikirKritisKeterampilanBerpikirKreatifdanHasilBelajarKognitifSiswaKelasXSMAKotaBatu.TesisProgramStudiPendidikanBiologiPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.SusriyatiMahanalM.Pd.(II)Prof.Dr.Hj.SitiZubaidahM.PdKataKunciketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifhasilbelajarkognitifRemap-TPSKeterampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifsiswadiSMABatubelumberkembangdenganbaik.Siswayangmemilikiketerampilanberpikirkritisdanketerampilanberpikirkreatiftinggiakandapatmenganalisisdanmegembangkanbanyakidesehinggamampumenghadapisuatutantangandalammenyelesaikansuatumasalah.Keterampilanberpikirkritisdanketerampilanberpikirkreatifyangdimilikiolehsiswadapatdiberdayakandenganmenerapkansuatumodelpembelajaransehinggaakanberdampakpadapeningkatanhasilbelajarkognitifsiswa.BeberapapenelitianmenunjukkanbahwakegiatanpembelajaranbiologidiSMAKotaBatubelummemberdayakanketerampilanberpikirkritisdanketerampilanberpikirkreatifsiswa.Pemberdayaankeduaketerampilantersebutdapatdiupayakanmelaluimodelpembelajaranyangsesuai.ModelpembelajaranyangdigunakanpadapenelitianiniadalahpembelajaranbiologiberbasisReading-ConceptMap-ThinkPairShare(Remap-TPS).Tujuandaripenelitianiniadalah1)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifsiswayangdibelajarkandenganpembelajaranbiologiberbasisRemap-TPSdanpembelajaranRemap2)mengetahuiadanyaperbedaanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifantarasiswaberkemampuanakademiktinggidengansiswaberkemampuanakademikrendahdan3)mengetahuiadanyapengaruhinteraksiantaramodelpembelajaranbiologiberbasisRemap-TPSdengankemampuanakademikterhadapketerampilanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifsiswa.PenelitianinimerupakanpenelitianquasiexperimentdengandesainpenelitianNon-equivalentControlGroupDesign.SampelyangdigunakandalampenelitianinisebagaikelaskontroldengankemampuanakademikrendahialahkelasX1SMAIslamBatudankelaskontrolkemampuanakademiktinggiadalahkelasXMIA5SMANegeri1BatukelaseksperimendengankemampuanakademikrendahialahkelasX2SMAMuhammadiyahBatudankelaseksperimendengankemampuanakademiktinggiadalahkelasXMIA1SMANegeri1Batu.Instrumenpengukuranketerampilanberpikirkritisdanketerampilanberpikirkreatifyangdigunakanberupatesessayyangterintegrasidenganteshasilbelajarkognitif.HasiljawabansiswadianalisisdenganrubrikketerampilanberpikirkritisyangdikembangkanolehZubaidahdkk.(2015)rubrikketerampilanberpikirkreatifmenurutTreffinger(2002)danpenyekoranhasilbelajarkognitifberdasarkantingkatkognitifBloomyangtelahdirevisiolehAndersondanKrathwohl(2015).SelanjutnyahasilpenelitianyangdidapatkandiujistatistikdenganteknikAnacova.Hasilpenelitianiniadalah1)AdaperbedaanpadaketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXSMAKotaBatuyangdibelajarkanmenggunakanpembelajaranbiologiberbasispembelajaranbiologiberbasisRemap-TPSdanpembelajaranRemap.SiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaranRemap-TPSmendapatkanrata-rataterkoreksiketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitiflebihtinggidibandingkandengansiswayangdibelajarkanmenggunakanpembelajaranRemap2)AdaperbedaanpadaketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifantarasiswaberkemampuanakademiktinggidengansiswaberkemampuanakademikrendahkelasXSMAKotaBatu.Siswaberkemampuanakademiktinggimemilikirata-rataterkoreksiketerampilanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitiflebihtinggidaripadasiswaberkemampuanakademikrendah3)AdapengaruhinteraksistrategipembelajaranbiologiberbasisRemap-TPSdengankemampuanakademikterhadapketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifsiswakelasXSMAdiKotaBatu.BerdasarkantemuanpadapenelitianinidapatdiusulkanpenggunaanpembelajaranbiologiberbasisRemap-TPSuntukmemberdayakanketerampilanberpikirkritisketerampilanberpikirkreatifdanhasilbelajarkognitifbagisiswaberkemampuanakademiktinggidansiswaberkemampuanakademikrendah.