Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho
Main Author: | Nugroho, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60219/ |
Daftar Isi:
- iABSTRAKNugrohoFajar.2017.PengaruhLearnigCycle5E-ProblemPosingterhadapHasilbelajardanKemampuanBerfikirTingkatTinggiSiswadenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IWayanDasnaM.Ed.Ph.D.(II)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.Katakuncilearningcycle5Eproblemposinghasilbelajarkemampuanberfikirtingkattinggikemampuanawal.Kelarutandanhasilkalikelarutansebagaibagiandariilmukimiatermasukmateriyangsulit.Adaduaalasanmempelajariilmukimiasulityaitukontenmateridanprosespembelajaran.Kontenmaterikimiaterdiridarirepresentasimakroskopiksubmikroskopikdansimbolik.Prosespembelajaransiswayangjarangdibelajarkandenganmengkaitkanketigarepresentasikimiadanmengkontruksipemahamanmerekasendiri.Kemampuanawaljugaberkontribusidalammeningkatkanpemahamansiswadankemampuanberfikirtingkattinggibaikpemahamankonseptualmaupunalgoritmik.Salahsatualternatifmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanlearningcycle5E-problemposingmodelpembelajarankontruktivismehasilperpaduanlearningcycle5Edanproblemposing(padafaseexplanationdanelaboration).OlehkarenaitutujuanpenelitianiniadalahmengkajiperbedaanhasilbelajardankemampuanberfikirtingkattinggisiswaKelasXISMANegeri1Glagahyangdibelajarkanmodellearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutandengankemampuanawalsiswaberbeda.Penelitianmenggunakanrancanganposttestonlycontroldesign.Populasipenelitianadalah170siswakelasXISMANegeri1GlagahBanyuwangi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposingsiswakelasXIMIA2(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5EdansiswakelasXIMIA6(30siswa)denganmodelpembelajaranverifikasi.Instrumenpenelitianberupainstrumenperlakuan(RPPbahanajardanLKS)daninstrumenpengukuran(tessebanyak23soalpilihangandadan7soalessay).Nilaireliabilitasinstrumentesmaterikelarutandanhasilkalikelarutanadalah0970.Sesuaitujuanpenelitiananalisisdatamenggunakananakovadengantarafsignifikansi945sebesar005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(2)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(3)adaperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswadengankemampuanawalberbedatermasukkemampuanalgoritmiknamunkemampuankonseptualtidakjauhberbedapencapainnyadenganlearningcycle5E(4)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaiiSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggidengankemampuanawalberbedatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik(5)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalsiswaSMAkelasXIterhadaphasilbelajardanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik.