Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho
Main Author: | Nugroho, Fajar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2018
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/60219/ |
ctrlnum |
60219 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/60219/</relation><title>Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho</title><creator>Nugroho, Fajar</creator><description>iABSTRAKNugrohoFajar.2017.PengaruhLearnigCycle5E-ProblemPosingterhadapHasilbelajardanKemampuanBerfikirTingkatTinggiSiswadenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IWayanDasnaM.Ed.Ph.D.(II)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.Katakuncilearningcycle5Eproblemposinghasilbelajarkemampuanberfikirtingkattinggikemampuanawal.Kelarutandanhasilkalikelarutansebagaibagiandariilmukimiatermasukmateriyangsulit.Adaduaalasanmempelajariilmukimiasulityaitukontenmateridanprosespembelajaran.Kontenmaterikimiaterdiridarirepresentasimakroskopiksubmikroskopikdansimbolik.Prosespembelajaransiswayangjarangdibelajarkandenganmengkaitkanketigarepresentasikimiadanmengkontruksipemahamanmerekasendiri.Kemampuanawaljugaberkontribusidalammeningkatkanpemahamansiswadankemampuanberfikirtingkattinggibaikpemahamankonseptualmaupunalgoritmik.Salahsatualternatifmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanlearningcycle5E-problemposingmodelpembelajarankontruktivismehasilperpaduanlearningcycle5Edanproblemposing(padafaseexplanationdanelaboration).OlehkarenaitutujuanpenelitianiniadalahmengkajiperbedaanhasilbelajardankemampuanberfikirtingkattinggisiswaKelasXISMANegeri1Glagahyangdibelajarkanmodellearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutandengankemampuanawalsiswaberbeda.Penelitianmenggunakanrancanganposttestonlycontroldesign.Populasipenelitianadalah170siswakelasXISMANegeri1GlagahBanyuwangi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposingsiswakelasXIMIA2(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5EdansiswakelasXIMIA6(30siswa)denganmodelpembelajaranverifikasi.Instrumenpenelitianberupainstrumenperlakuan(RPPbahanajardanLKS)daninstrumenpengukuran(tessebanyak23soalpilihangandadan7soalessay).Nilaireliabilitasinstrumentesmaterikelarutandanhasilkalikelarutanadalah0970.Sesuaitujuanpenelitiananalisisdatamenggunakananakovadengantarafsignifikansi945sebesar005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(2)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(3)adaperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswadengankemampuanawalberbedatermasukkemampuanalgoritmiknamunkemampuankonseptualtidakjauhberbedapencapainnyadenganlearningcycle5E(4)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaiiSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggidengankemampuanawalberbedatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik(5)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalsiswaSMAkelasXIterhadaphasilbelajardanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik.</description><date>2018-10-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Nugroho, Fajar (2018) Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>60219</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Nugroho, Fajar |
title |
Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho |
publishDate |
2018 |
url |
http://repository.um.ac.id/60219/ |
contents |
iABSTRAKNugrohoFajar.2017.PengaruhLearnigCycle5E-ProblemPosingterhadapHasilbelajardanKemampuanBerfikirTingkatTinggiSiswadenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IWayanDasnaM.Ed.Ph.D.(II)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.Katakuncilearningcycle5Eproblemposinghasilbelajarkemampuanberfikirtingkattinggikemampuanawal.Kelarutandanhasilkalikelarutansebagaibagiandariilmukimiatermasukmateriyangsulit.Adaduaalasanmempelajariilmukimiasulityaitukontenmateridanprosespembelajaran.Kontenmaterikimiaterdiridarirepresentasimakroskopiksubmikroskopikdansimbolik.Prosespembelajaransiswayangjarangdibelajarkandenganmengkaitkanketigarepresentasikimiadanmengkontruksipemahamanmerekasendiri.Kemampuanawaljugaberkontribusidalammeningkatkanpemahamansiswadankemampuanberfikirtingkattinggibaikpemahamankonseptualmaupunalgoritmik.Salahsatualternatifmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanlearningcycle5E-problemposingmodelpembelajarankontruktivismehasilperpaduanlearningcycle5Edanproblemposing(padafaseexplanationdanelaboration).OlehkarenaitutujuanpenelitianiniadalahmengkajiperbedaanhasilbelajardankemampuanberfikirtingkattinggisiswaKelasXISMANegeri1Glagahyangdibelajarkanmodellearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutandengankemampuanawalsiswaberbeda.Penelitianmenggunakanrancanganposttestonlycontroldesign.Populasipenelitianadalah170siswakelasXISMANegeri1GlagahBanyuwangi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposingsiswakelasXIMIA2(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5EdansiswakelasXIMIA6(30siswa)denganmodelpembelajaranverifikasi.Instrumenpenelitianberupainstrumenperlakuan(RPPbahanajardanLKS)daninstrumenpengukuran(tessebanyak23soalpilihangandadan7soalessay).Nilaireliabilitasinstrumentesmaterikelarutandanhasilkalikelarutanadalah0970.Sesuaitujuanpenelitiananalisisdatamenggunakananakovadengantarafsignifikansi945sebesar005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(2)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(3)adaperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswadengankemampuanawalberbedatermasukkemampuanalgoritmiknamunkemampuankonseptualtidakjauhberbedapencapainnyadenganlearningcycle5E(4)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaiiSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggidengankemampuanawalberbedatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik(5)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalsiswaSMAkelasXIterhadaphasilbelajardanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik. |
id |
IOS13003.60219 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:14:44Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:14:44Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721904576233472 |
score |
17.13294 |