Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho

Main Author: Nugroho, Fajar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Online Access: http://repository.um.ac.id/60219/
ctrlnum 60219
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/60219/</relation><title>Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho</title><creator>Nugroho, Fajar</creator><description>iABSTRAKNugrohoFajar.2017.PengaruhLearnigCycle5E-ProblemPosingterhadapHasilbelajardanKemampuanBerfikirTingkatTinggiSiswadenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IWayanDasnaM.Ed.Ph.D.(II)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.Katakuncilearningcycle5Eproblemposinghasilbelajarkemampuanberfikirtingkattinggikemampuanawal.Kelarutandanhasilkalikelarutansebagaibagiandariilmukimiatermasukmateriyangsulit.Adaduaalasanmempelajariilmukimiasulityaitukontenmateridanprosespembelajaran.Kontenmaterikimiaterdiridarirepresentasimakroskopiksubmikroskopikdansimbolik.Prosespembelajaransiswayangjarangdibelajarkandenganmengkaitkanketigarepresentasikimiadanmengkontruksipemahamanmerekasendiri.Kemampuanawaljugaberkontribusidalammeningkatkanpemahamansiswadankemampuanberfikirtingkattinggibaikpemahamankonseptualmaupunalgoritmik.Salahsatualternatifmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanlearningcycle5E-problemposingmodelpembelajarankontruktivismehasilperpaduanlearningcycle5Edanproblemposing(padafaseexplanationdanelaboration).OlehkarenaitutujuanpenelitianiniadalahmengkajiperbedaanhasilbelajardankemampuanberfikirtingkattinggisiswaKelasXISMANegeri1Glagahyangdibelajarkanmodellearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutandengankemampuanawalsiswaberbeda.Penelitianmenggunakanrancanganposttestonlycontroldesign.Populasipenelitianadalah170siswakelasXISMANegeri1GlagahBanyuwangi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposingsiswakelasXIMIA2(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5EdansiswakelasXIMIA6(30siswa)denganmodelpembelajaranverifikasi.Instrumenpenelitianberupainstrumenperlakuan(RPPbahanajardanLKS)daninstrumenpengukuran(tessebanyak23soalpilihangandadan7soalessay).Nilaireliabilitasinstrumentesmaterikelarutandanhasilkalikelarutanadalah0970.Sesuaitujuanpenelitiananalisisdatamenggunakananakovadengantarafsignifikansi945sebesar005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(2)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(3)adaperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswadengankemampuanawalberbedatermasukkemampuanalgoritmiknamunkemampuankonseptualtidakjauhberbedapencapainnyadenganlearningcycle5E(4)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaiiSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggidengankemampuanawalberbedatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik(5)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalsiswaSMAkelasXIterhadaphasilbelajardanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik.</description><date>2018-10-30</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Nugroho, Fajar (2018) Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>60219</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Nugroho, Fajar
title Pengaruh learning cycle 5 fase-problem posing terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dengan kemampuan awal berbeda pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Fajar Nugroho
publishDate 2018
url http://repository.um.ac.id/60219/
contents iABSTRAKNugrohoFajar.2017.PengaruhLearnigCycle5E-ProblemPosingterhadapHasilbelajardanKemampuanBerfikirTingkatTinggiSiswadenganKemampuanAwalBerbedapadaMateriKelarutandanHasilKaliKelarutan.TesisProgramStudiPendidikanKimiaPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)IWayanDasnaM.Ed.Ph.D.(II)Prof.SriRahayuM.Ed.Ph.D.Katakuncilearningcycle5Eproblemposinghasilbelajarkemampuanberfikirtingkattinggikemampuanawal.Kelarutandanhasilkalikelarutansebagaibagiandariilmukimiatermasukmateriyangsulit.Adaduaalasanmempelajariilmukimiasulityaitukontenmateridanprosespembelajaran.Kontenmaterikimiaterdiridarirepresentasimakroskopiksubmikroskopikdansimbolik.Prosespembelajaransiswayangjarangdibelajarkandenganmengkaitkanketigarepresentasikimiadanmengkontruksipemahamanmerekasendiri.Kemampuanawaljugaberkontribusidalammeningkatkanpemahamansiswadankemampuanberfikirtingkattinggibaikpemahamankonseptualmaupunalgoritmik.Salahsatualternatifmengatasimasalahtersebutadalahdenganmenerapkanlearningcycle5E-problemposingmodelpembelajarankontruktivismehasilperpaduanlearningcycle5Edanproblemposing(padafaseexplanationdanelaboration).OlehkarenaitutujuanpenelitianiniadalahmengkajiperbedaanhasilbelajardankemampuanberfikirtingkattinggisiswaKelasXISMANegeri1Glagahyangdibelajarkanmodellearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutandengankemampuanawalsiswaberbeda.Penelitianmenggunakanrancanganposttestonlycontroldesign.Populasipenelitianadalah170siswakelasXISMANegeri1GlagahBanyuwangi.SampelpenelitianadalahsiswakelasXIMIA1(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposingsiswakelasXIMIA2(30siswa)denganmodelpembelajaranlearningcycle5EdansiswakelasXIMIA6(30siswa)denganmodelpembelajaranverifikasi.Instrumenpenelitianberupainstrumenperlakuan(RPPbahanajardanLKS)daninstrumenpengukuran(tessebanyak23soalpilihangandadan7soalessay).Nilaireliabilitasinstrumentesmaterikelarutandanhasilkalikelarutanadalah0970.Sesuaitujuanpenelitiananalisisdatamenggunakananakovadengantarafsignifikansi945sebesar005.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa(1)terdapatperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(2)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaSMAkelasXIyangdibelajarkandenganmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasipadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmiksiswa(3)adaperbedaanhasilbelajarsiswaSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkanhasilbelajarsiswadengankemampuanawalberbedatermasukkemampuanalgoritmiknamunkemampuankonseptualtidakjauhberbedapencapainnyadenganlearningcycle5E(4)terdapatperbedaankemampuanberfikirtingkattinggisiswaiiSMAkelasXIyangdibelajarkanmodelpembelajaranlearningcycle5E-problemposinglearningcycle5Edanverifikasidengankemampuanawalberbedapadamaterikelarutandanhasilkalikelarutan.Learningcycle5E-problemposinglebihefektifmeningkatkankemampuanberfikirtingkattinggidengankemampuanawalberbedatermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik(5)tidakadainteraksiantaramodelpembelajarandankemampuanawalsiswaSMAkelasXIterhadaphasilbelajardanberfikirtingkattinggitermasukkemampuankonseptualdanalgoritmik.
id IOS13003.60219
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:14:44Z
last_indexed 2021-11-04T07:14:44Z
recordtype dc
_version_ 1752721904576233472
score 17.13294