Factors contributing to teachers' resistance in integrating ICT in EFL classroom in Situbondo / Nur Kamilah
Main Author: | Kamilah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/58821/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKamilahNur.2016.FactorsContributingtoTeachersResistanceinIntegratingICTinEFLClassroominSitubondo.Tesis.JurusanPendidikanBahasaInggrisProgramPascasarjanaUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(I)Dr.MirjamAnugerahwatiM.A.(II)Dr.SinthaTresnadewiM.Pd.KeyWordspenggunaanTIKkelasBahasaInggrisSMAdiSitubondogururesistanTIKtelahmulaidipergunakandikelasBahasaInggrissejakCALLditemukanpadatahun1980.PenggunaanTIKdikelasBahasaInggrismembawasertamanfaatdantantanganbagipengajardanpebelajarbahasaInggristerutamadalammencapaitujuanpembelajaranyakniotonomibelajar.BagaimanapungurumerupakantonggakutamayangmengontroljalannyapengguunaanTIKtersebutdikelas.BanyakpenelitianpuntelahmembuktikanperankrusialgurudalampenggunaanTIK.NamunterlepasdaripentingnyaperantersebutditemukanadanyafenomenaguruyangresistanterhadappenggunaanTIKdikelas.Haltersebutmenjaditujuanpenelitianiniyaknimengeksplorfaktor-faktorpenyebabresistansiguruterhadappenggunaanTIK.Temuannyadiharapkanmampumenyajikanpolaresistansiyangkomprehensif.Penelitianinidilakukanberdasarkanpendekatankualitatifdanmenggunakanstudikasusmulti-situs.Ada7respondendari6SMAnegeridiSitubondoyangberpartisipasidalampenelitianini.Sekolah-sekolahtersebutdipilihkarenamemenuhikarakteristikyangditentukanpeneliti.Masing-masingsekolahtelahmemenuhistandarSaranaPrasaranadantelahberkomitmendalammenunjangprosespembelajarandenganmenyediakanperlengkapanTIKyangmemadaisepertiLCDproyektordansambunganWi-fi.Datadiperolehpenelitidenganmenggunakanwawancaraobservasidandokumentasihinggasemuadatamencapaijenuh.Ketigainstrumentsekundertersebutdipilihagarmemenuhisyaratinformasiyangreliabelsehinggamenambahpoinketerpercayaantemuanpenelitian.Penelitianmenghasilkanbeberapafaktorpenyebabresistanyangmenyebabkanbedanyatingkatresistansi.Olehsebabituadatigakategorigururesistandiantaranyasangatsedangdannolresistan.KategoripertamadisebabkanolehkurangnyakemampuanmenggunakanTIKtingginyakeenggananuntukbelajarsertamenggunakanteknologiTIK.SedangkankategoriresistanyangsedangdisebabkanolehadanyarasaragudalammenggunakanTIKfasilitassekolahyangkurangsuportifkurangnyapengetahuanpedagogiyangberkaitandenganpenggunaanTIKdikelassertakurangnyakemampuanpenggunaanTIK.KategoriyangterakhirnolresistanmunculkarenafasilitassekolahyangmendukungtingginyaketertarikandanpenggunaanTIKsertakepercayaandiridalammengaplikasikanragamteknologiTIKdikelas.Temuaninisebagianberlawanandengantemuanpenelitianterdahuludansebagianlagisejalan.HasilpenelitianditujukanuntukparagurubahasaInggrisagarpekaterhadapadanyafaktor-faktoryangdapatmenyebabkansikapresistandanmampumengambilsikapuntukmengatasinya.