Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah

Main Author: Afiyah, Annisa'ul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55855/
Daftar Isi:
  • ABSTRAKAfiyahAnnisaul.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeaMacthTerhadapMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaSMPNegeri9MalangpadaMataPelajaranIPS.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.(2)Drs.SoetjiptoS.H.S.E.M.Pd.KatakuncimotivasibelajarhasilbelajarpembelajarankooperatifmakeamacthKualitaskehidupanbangsasangatdipengaruhiolehkualitaspendidikannya.Kurikulum2013yangmenekankanpadaprosespembelajaransiswaaktifgurufasilitator.Modelpembelajaranmakeamacthtermasukpadametodepembelajarankooperatifyangmengutamakankekompakandankerjasamaantaranggotakelompokuntukkesuksesanbersama.Modelpembelajaranmakeamacthdapatdigunakandalamsemuamatapelajarandanmenyenangkan.Perbedaaanmetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelajaranceramahialahjikamodelkooperatifmenggunakaninteraksisatuarahsedangkanpadametodekooperatifmenggunakaninteraksiyangmendorongkesusksesanantarindividu.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah2)hasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganjeniseksperimensemu(quasiexperimentdesign)yangtermasukpendekatanpenelitiankuantitatifdanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswakelaseksperimendankelaskontroldiberiperlakuanyangberbeda.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendiskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaranmakeamacthdanmotivasibelajarsiswa.PopulasidaripenelitianinisiswaVIIISMPN9Malangtahunajaran2015/2016.SampelyangdigunakankelasVIIIGsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Hasilpenelitianmenenjukkanbahwaadaperbedaaanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Perbedaantersebutditunjukkanpadanilairata-ratamotivasibelajarpadakelaseksperimen(609kelaskontrol(544).Danhasildariujihipotesispadahasilbelajarmenunjukkanperolehannilai0032005artinyaditolak.Artinyaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipemakeamacthdenganmotivasisiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeceramah.saranuntukpenelitiselanjutnyaSebaiknyamencobakanmakeamacthdipadukandenganmediayanglainsepertimindmapping.Jadihasildiskusikelompoksiswasetelahpresentasidibuatmindmapping.Tetapiharusjugamempertimbangkanwaktuyangdibutuhkanpadapenelitian.