Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah

Main Author: Afiyah, Annisa'ul
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55855/
ctrlnum 55855
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/55855/</relation><title>Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah</title><creator>Afiyah, Annisa'ul</creator><subject>H Social Sciences</subject><description>ABSTRAKAfiyahAnnisaul.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeaMacthTerhadapMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaSMPNegeri9MalangpadaMataPelajaranIPS.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.(2)Drs.SoetjiptoS.H.S.E.M.Pd.KatakuncimotivasibelajarhasilbelajarpembelajarankooperatifmakeamacthKualitaskehidupanbangsasangatdipengaruhiolehkualitaspendidikannya.Kurikulum2013yangmenekankanpadaprosespembelajaransiswaaktifgurufasilitator.Modelpembelajaranmakeamacthtermasukpadametodepembelajarankooperatifyangmengutamakankekompakandankerjasamaantaranggotakelompokuntukkesuksesanbersama.Modelpembelajaranmakeamacthdapatdigunakandalamsemuamatapelajarandanmenyenangkan.Perbedaaanmetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelajaranceramahialahjikamodelkooperatifmenggunakaninteraksisatuarahsedangkanpadametodekooperatifmenggunakaninteraksiyangmendorongkesusksesanantarindividu.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah2)hasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganjeniseksperimensemu(quasiexperimentdesign)yangtermasukpendekatanpenelitiankuantitatifdanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswakelaseksperimendankelaskontroldiberiperlakuanyangberbeda.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendiskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaranmakeamacthdanmotivasibelajarsiswa.PopulasidaripenelitianinisiswaVIIISMPN9Malangtahunajaran2015/2016.SampelyangdigunakankelasVIIIGsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Hasilpenelitianmenenjukkanbahwaadaperbedaaanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Perbedaantersebutditunjukkanpadanilairata-ratamotivasibelajarpadakelaseksperimen(609kelaskontrol(544).Danhasildariujihipotesispadahasilbelajarmenunjukkanperolehannilai0032005artinyaditolak.Artinyaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipemakeamacthdenganmotivasisiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeceramah.saranuntukpenelitiselanjutnyaSebaiknyamencobakanmakeamacthdipadukandenganmediayanglainsepertimindmapping.Jadihasildiskusikelompoksiswasetelahpresentasidibuatmindmapping.Tetapiharusjugamempertimbangkanwaktuyangdibutuhkanpadapenelitian.</description><date>2016-08-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Afiyah, Annisa'ul (2016) Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>55855</recordID></dc>
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
author Afiyah, Annisa'ul
title Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah
publishDate 2016
topic H Social Sciences
url http://repository.um.ac.id/55855/
contents ABSTRAKAfiyahAnnisaul.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeaMacthTerhadapMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaSMPNegeri9MalangpadaMataPelajaranIPS.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.(2)Drs.SoetjiptoS.H.S.E.M.Pd.KatakuncimotivasibelajarhasilbelajarpembelajarankooperatifmakeamacthKualitaskehidupanbangsasangatdipengaruhiolehkualitaspendidikannya.Kurikulum2013yangmenekankanpadaprosespembelajaransiswaaktifgurufasilitator.Modelpembelajaranmakeamacthtermasukpadametodepembelajarankooperatifyangmengutamakankekompakandankerjasamaantaranggotakelompokuntukkesuksesanbersama.Modelpembelajaranmakeamacthdapatdigunakandalamsemuamatapelajarandanmenyenangkan.Perbedaaanmetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelajaranceramahialahjikamodelkooperatifmenggunakaninteraksisatuarahsedangkanpadametodekooperatifmenggunakaninteraksiyangmendorongkesusksesanantarindividu.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah2)hasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganjeniseksperimensemu(quasiexperimentdesign)yangtermasukpendekatanpenelitiankuantitatifdanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswakelaseksperimendankelaskontroldiberiperlakuanyangberbeda.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendiskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaranmakeamacthdanmotivasibelajarsiswa.PopulasidaripenelitianinisiswaVIIISMPN9Malangtahunajaran2015/2016.SampelyangdigunakankelasVIIIGsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Hasilpenelitianmenenjukkanbahwaadaperbedaaanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Perbedaantersebutditunjukkanpadanilairata-ratamotivasibelajarpadakelaseksperimen(609kelaskontrol(544).Danhasildariujihipotesispadahasilbelajarmenunjukkanperolehannilai0032005artinyaditolak.Artinyaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipemakeamacthdenganmotivasisiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeceramah.saranuntukpenelitiselanjutnyaSebaiknyamencobakanmakeamacthdipadukandenganmediayanglainsepertimindmapping.Jadihasildiskusikelompoksiswasetelahpresentasidibuatmindmapping.Tetapiharusjugamempertimbangkanwaktuyangdibutuhkanpadapenelitian.
id IOS13003.55855
institution Universitas Negeri Malang
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 59
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Malang
library_id 309
collection Repository Universitas Negeri Malang
repository_id 13003
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS13003
first_indexed 2021-11-04T07:14:06Z
last_indexed 2021-11-04T07:14:06Z
recordtype dc
_version_ 1752721928054898688
score 17.13294