Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah
Main Author: | Afiyah, Annisa'ul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.um.ac.id/55855/ |
ctrlnum |
55855 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.um.ac.id/55855/</relation><title>Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah</title><creator>Afiyah, Annisa'ul</creator><subject>H Social Sciences</subject><description>ABSTRAKAfiyahAnnisaul.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeaMacthTerhadapMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaSMPNegeri9MalangpadaMataPelajaranIPS.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.(2)Drs.SoetjiptoS.H.S.E.M.Pd.KatakuncimotivasibelajarhasilbelajarpembelajarankooperatifmakeamacthKualitaskehidupanbangsasangatdipengaruhiolehkualitaspendidikannya.Kurikulum2013yangmenekankanpadaprosespembelajaransiswaaktifgurufasilitator.Modelpembelajaranmakeamacthtermasukpadametodepembelajarankooperatifyangmengutamakankekompakandankerjasamaantaranggotakelompokuntukkesuksesanbersama.Modelpembelajaranmakeamacthdapatdigunakandalamsemuamatapelajarandanmenyenangkan.Perbedaaanmetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelajaranceramahialahjikamodelkooperatifmenggunakaninteraksisatuarahsedangkanpadametodekooperatifmenggunakaninteraksiyangmendorongkesusksesanantarindividu.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah2)hasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganjeniseksperimensemu(quasiexperimentdesign)yangtermasukpendekatanpenelitiankuantitatifdanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswakelaseksperimendankelaskontroldiberiperlakuanyangberbeda.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendiskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaranmakeamacthdanmotivasibelajarsiswa.PopulasidaripenelitianinisiswaVIIISMPN9Malangtahunajaran2015/2016.SampelyangdigunakankelasVIIIGsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Hasilpenelitianmenenjukkanbahwaadaperbedaaanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Perbedaantersebutditunjukkanpadanilairata-ratamotivasibelajarpadakelaseksperimen(609kelaskontrol(544).Danhasildariujihipotesispadahasilbelajarmenunjukkanperolehannilai0032005artinyaditolak.Artinyaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipemakeamacthdenganmotivasisiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeceramah.saranuntukpenelitiselanjutnyaSebaiknyamencobakanmakeamacthdipadukandenganmediayanglainsepertimindmapping.Jadihasildiskusikelompoksiswasetelahpresentasidibuatmindmapping.Tetapiharusjugamempertimbangkanwaktuyangdibutuhkanpadapenelitian.</description><date>2016-08-25</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><identifier> Afiyah, Annisa'ul (2016) Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang. </identifier><recordID>55855</recordID></dc>
|
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview |
author |
Afiyah, Annisa'ul |
title |
Penerapan model pembelajaran make a match terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa SMP Negeri 9 Malang pada mata pelajaran IPS / Annisa'ul Afiyah |
publishDate |
2016 |
topic |
H Social Sciences |
url |
http://repository.um.ac.id/55855/ |
contents |
ABSTRAKAfiyahAnnisaul.2016.PenerapanModelPembelajaranMakeaMacthTerhadapMotivasiBelajardanHasilBelajarSiswaSMPNegeri9MalangpadaMataPelajaranIPS.SkripsiProdiPendidikanIPSFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Dr.SitiMalikhahTowafM.A.Ph.D.(2)Drs.SoetjiptoS.H.S.E.M.Pd.KatakuncimotivasibelajarhasilbelajarpembelajarankooperatifmakeamacthKualitaskehidupanbangsasangatdipengaruhiolehkualitaspendidikannya.Kurikulum2013yangmenekankanpadaprosespembelajaransiswaaktifgurufasilitator.Modelpembelajaranmakeamacthtermasukpadametodepembelajarankooperatifyangmengutamakankekompakandankerjasamaantaranggotakelompokuntukkesuksesanbersama.Modelpembelajaranmakeamacthdapatdigunakandalamsemuamatapelajarandanmenyenangkan.Perbedaaanmetodepembelajarankooperatifdanmetodepembelajaranceramahialahjikamodelkooperatifmenggunakaninteraksisatuarahsedangkanpadametodekooperatifmenggunakaninteraksiyangmendorongkesusksesanantarindividu.Tujuanpenelitianiniadalah1)mengetahuiperbedaanmotivasibelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah2)hasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiankuantitatifdenganjeniseksperimensemu(quasiexperimentdesign)yangtermasukpendekatanpenelitiankuantitatifdanrancangandeskriptif.Rancanganeksperimensemudigunakanuntukmengetahuiperbedaanhasilbelajarantarasiswakelaseksperimendankelaskontroldiberiperlakuanyangberbeda.Rancanganpenelitiandeskriptifdigunakanuntukmendiskripsikanketerlaksanaanmodelpembelajaranmakeamacthdanmotivasibelajarsiswa.PopulasidaripenelitianinisiswaVIIISMPN9Malangtahunajaran2015/2016.SampelyangdigunakankelasVIIIGsebagaikelaseksperimendankelasVIIIHsebagaikelaskontrol.Hasilpenelitianmenenjukkanbahwaadaperbedaaanmotivasibelajardanhasilbelajarsiswayangdibelajarkanmenggunakanmodelmakeamacthdengansiswayangdibelajarkandenganmodelceramah.Perbedaantersebutditunjukkanpadanilairata-ratamotivasibelajarpadakelaseksperimen(609kelaskontrol(544).Danhasildariujihipotesispadahasilbelajarmenunjukkanperolehannilai0032005artinyaditolak.Artinyaadaperbedaanhasilbelajarantarasiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodepembelajarankooperatiftipemakeamacthdenganmotivasisiswayangdibelajarkanmenggunakanmetodeceramah.saranuntukpenelitiselanjutnyaSebaiknyamencobakanmakeamacthdipadukandenganmediayanglainsepertimindmapping.Jadihasildiskusikelompoksiswasetelahpresentasidibuatmindmapping.Tetapiharusjugamempertimbangkanwaktuyangdibutuhkanpadapenelitian. |
id |
IOS13003.55855 |
institution |
Universitas Negeri Malang |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id mill.onesearch.id fkp2tn.onesearch.id |
institution_id |
59 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Malang |
library_id |
309 |
collection |
Repository Universitas Negeri Malang |
repository_id |
13003 |
city |
MALANG |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS13003 |
first_indexed |
2021-11-04T07:14:06Z |
last_indexed |
2021-11-04T07:14:06Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1752721928054898688 |
score |
17.13294 |