Implementasi model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi kelas X IIS SMA Negeri 1 Turen / Yoga Danu Pradana

Main Author: Pradana, Yoga Danu
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repository.um.ac.id/55814/
Daftar Isi:
  • iABSTRAKPradanaYogaDanu.2018.ImplementasiModelPembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)untukMeningkatkanMotivasiBelajarSiswaPadaMataPelajaranSosiologiKelasXIISSMANegeri1Turen.SkripsiJurusanSosiologiProgramStudiPendidikanSosiologiFakultasIlmuSosialUniversitasNegeriMalang.Pembimbing(1)Drs.NurHadiM.Pd.M.Si.KataKunciPembelajaranSosiologiMotivasiBelajarImplementasiModelPembelajaranSTADKaraktersiswadalamprosesbelajarbersifatheterogen.Modelpembelajaranyanginovatifdapatdiimplementasikankedalamkelasyangheterogenkarenadapatmendorongsiswabelajarsecaraoptimalmenyenangkandanlebihaktifdalamprosesbelajarmengajar.SalahsatumodelpembelajaraniniadalahmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)yaitusiswadibagimenjadibeberapakelompokyangterdiriatas4-5oranganggotauntukmengetahuikemampuansiswayangheterogen.Denganmodelpembelajaraninidiharapkandapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah1)BagaimanapelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)BagaimanaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswapadamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Dengantujuanpenelitianadalah1)MendeskripsikanpelaksanaankegiatanpembelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1TurendenganmenggunakanmodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dan2)MengetahuipeningkatanmotivasibelajarsiswadenganimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)padamatapelajaransosiologikelasXIISSMANegeri1Turen.Penelitianinimenggunakanjenispenelitiantindakankelasyangdilaksanakansebanyakduasiklus.Pendekatanpenelitianyangdigunakanadalahpendekatankuantitatifdankualitatif.DarihasilpenelitianmenunjukkanbahwaimplementasimodelpembelajaranStudentTeamsAchievementDivision(STAD)dapatmeningkatkanmotivasibelajarsiswa.Peningkatanmotivasibelajarsiswadapatdiketahuidarirata-ratapresentasepratindakansebesar6912%kemudianrata-ratapresentasepadasiklusIsebesar7510%danpadasiklusIIrata-ratapresentasenyasebesar8162%.SehinggaterdapatpeningkatanmotivasibelajarsiswadarisiklusIkesiklusIIsebanyak625%.Berdasarkanpenelitianinimakadisarankankepadagurumatapelajaransosiologidapatdijadikansebagaibahanmasukandalammerencanakanprosespembelajaransosiologi.Bagipenelitiselanjutnyahasiltemuaninidapatdijadikansebagaibahanpertimbangandanrefleksiuntukdigunakanpengembanganhasilpenelitian.HalinibertujuansebagailangkahpenyempurnaanimplementasimodelpembelajaranSTADdalamberbagaimaterimatapelajaransosiologiataubidangilmuyanglain.